Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ MAN (Madrasah Aliyah Negeri) Terbaik di Indonesia

Daftar Nama MAN di Indonesia

MAN merupakan singkatan dari Madrasah Aliyah Negeri yang tingkatan sama dengan jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA). Perlu diketahui bahwa MAN adalah pendidikan formal yang melaksanakan pendidikan umum dengan kekhususan pada bidang agama Islam. 

MAN Terbaik di Indonesia

Negara Indonesia termasuk negara yang memiliki beberapa sekolah atau MAN terbaik diantaranya ialah sebagai berikut ini:

1. MAN Insan Cendekia Serpong

MAN Insan Cendekia Serpong termasuk salah satu contoh MAN terbaik yang ada di Indonesia dan alamatnya berada di Jl. Cendekia, BSD Sektor XI, Serpong.

MAN Insan Cendekia Serpong merupakan sekolah yang didirikan dengan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas dengan penguasaan IPTEK yang didasari nilai keimanan sekaligus ketaqwaan. 

2. MAN Insan Cendekia Gorontalo

Contoh kedua MAN terbaik yang ada di Indonesia adalah MAN Insan Cendekia Gorontalo yang beralamat di Jl. Kasmat Lahay, Ds. Moutong Kec. Tilongkabila Bone Bolango Gortontalo.

Sekolah ini tidak hanya memberikan program pembelajaran pengetahuan umum, akan tetapi juga memfasilitasi para siswa agar dapat melakukan konseling yang berkaitan dengan perkembangan aspek pribadi, sosial maupun karir.

Selain itu, MAN insan Cendekia Gorontali ini juga memiliki beberapa kegiatan ekstrakurikuler antara lain seperti kebahasaan, keilmuaan, olahraga, seni budaya, paskibra, dan lain-lain. 

3. MAN Insan Cendekia Pekalongan

MAN Insan Cendekia Pekalongan memiliki visi yaitu mewujudkan sumber daya berkualitas dalam keimanan dan kataqwaan, menguasai IPTEK, dan mampu mengaktualisasikan seluruh ilmu yang diperoleh dalam lingkungan masyarakat.

Kurikulum yang digunakan pada MAN Insan Cendekia Pekalongan yaitu kurikulum kementerian pendidikan nasional dan kurikulum kementerian agama.

4. MAN 2 Kota Malang

Visi MAN 2 Kota Malang yaitu Terwujudnya Madrasah Model Sebagai Pusat Keunggulan Dan Rujukan Dalam Kualitas Akademik Dan Nonakademik Serta Akhlaq Karimah. Selain itu, sekolah ini juga memiliki motto yaitu DUIT atau singkatan dari dedikasi, usaha, ikhlas, dan taqwa.

MAN 2 Kota Malang juga memiliki budaya madrasah yang harus diikuti oleh semua anggota sekolah yaitu meliputi aqidah yang kuat, ibadah dengan benar, akhlak karimah, disiplin dan mandiri.

5. MAN Insan Cendekia Padang Pariaman

Contoh MAN berikutnya yang ada di Indonesia adalah Jln Pendidikan, Kenagarian Sintuk Sintuk Toboh Gadang Padang Pariaman Sumatera Barat 25581.

Visi sekolah ini adalah terwujudnya masyarakat yang taat beragama, maju, sejahtera, cerdas, dan saling menghormati antar pemeluk agama dalam rangka mewujudkan manusia Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berdasarkan gotong royong.

6. MAN Insan Cendekia Oki Sumatra Selatan

Selanutnya ada MAN Insan Cendekia Oki Sumatera Selatan yang melakukan program kerja dengan orientasi peningkatan kualitas dan daya saing lulusan.

Sehingga madrasah ini menjadi salah satu madrasah unggulan nasional yang berusaha mewujudkan harapan pemerintah maupun masyarakat. Beberapa program sekolah ini yaitu matrikulasi peserta didik baru, responsi dan klinik pembelajaran, tutorial, dan program khusus persiapan olimpiade. 

7. MAN Insan Cendekia Jambi

Contoh berikutnya yaitu ada MAN Insan Cendekia Jambi yang beralamat di Jl. Lintas Jambi - Muara Bulian KM. 21 Pijoan. Madrasah ini mempunyai beberapa kegiatan ekstrakurikuler seperti paskibra, pramuka, olahraga, kesenian, wisata edukasi, UKS, PMR, drum band, karya ilmiah remaja dan lain – lain. 

8. MAN Zakaria Jawa Barat

Alamat MAN Zakaria Jawa Barat lengkapnya yaitu Lantai 1, Pasar Kembar Mas, Jl. Mochammad Toha Blok Los 15 No.231-233, Ciseureuh, Regol, Bandung, Jawa Barat 40243, Indonesia. Madrasah ini menyediakan berbagai fasilitas yang disediakan siswa dengan adanya guru – guru yang berkualitas pada bidang kompetennya masing-masing. 

9. MAN 1 Yogyakarta

Visi MAN 1 Yogyakarta yaitu mewuudkan lulusan Madrasah yang unggul dibidang iman-taqwa (imtaq) dan iptek , berfikir ilmiah, mampu mengamalkan ajaran agama, tekun beribadah, bertanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat dan pelestarian lingkungan.

Sedangkan beberapa misi yang dilakukan ialah menumbuhkan dan meningkatkan keimanan, menumbuhkembangkan nilai sosial dan budaya serta lain sebagainya.

10. MAN 2 Kudus, Jawa Tengah

Terakhir adalah MAN 2 Kudus, Jawa Tengah yang memiliki visi terwujudnya peserta didik dengan akhlak islami, unggul dalam prestasi dan terampil dalam teknologi. 

Nah, itulah saja daftar informasi tentang adanya nama-nama Madrasah Aliyah Negeri (MAN) yang menjadi terbaik di Indonesia dari berbagai wilayah yang ada. Semoga saja memberikan wawasan bagi semua kalangan.

Posting Komentar untuk "10+ MAN (Madrasah Aliyah Negeri) Terbaik di Indonesia"