Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Pesantren Terbaik di Singapura Yang Menjadi Pilihan

 

Pondok Pesantren di Singapura

Negara Singapura adalah negara yang memiliki pusat perekonomian sangat maju. Sistem perekonomian di negara Singapura ini bergantung pada sektor ekspor dan pengolahan impor khususnya pada bidang manufaktur. Negara yang bermata uang dolar singapura ini juga memiliki keanekaragaman budaya yang berasal dari campuran budaya Melayu, Tionghoa, Arab, India, Britania, dan lain-lain. 

Pondok Pesantren di Singapura

Pondok pesantren pada dasarnya termasuk lembaga pendidikan agama islam yang memiliki visi dan misi sangat baik untuk mencetak generasi-generasi penghafal quran dan berakhlak mulia. Keberadaan lembaga pendidikan Islam pada setiap negara tentunya sangat beragam jenis maupun jenjangnya. Hal ini disesuaikan dengan tradisi masyarakat Islam setempat dan kebijakan pemerintah di suatu negara. 

Contohnya saja di negara Indonesia, lembaga pendidikan Islam bisa ditemui dari jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Selain di negara Indonesia, Singapura juga termasuk salah satu negara yang memiliki lembaga pendidikan agama islam dan hanya terbatas pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Jenis lembaga pendidikan agama islam yang ada di negara singa ini ada macam yaitu madrasah sepenuh masa (full time) dan madrasah separuh masa.

Pengertian dari madrasah sepenuh masa adalah lembaga pendidikan Islam yang kegiatan pembelajarannya dilakukan setiap hari, dan hampir sama dengan sistem pembelajaran yang ada di negara Indonesia, sedangkan untuk kurikulumnya yaitu menggabungkan mata pelajaran agama dan umum.

Lain halnya dengan yang dimaksud madrasah separuh masa adalah lembaga pendidikan yang kegiatan pembelajarannya tidak berlangsung tiap hari, melainkan hanya dua atau tiga kali dalam seminggu. Selain itu pelaksanaan pembelajarannya di lakukan pada sore dan malam hari dengan memperoleh materi murni keagamaan dan biasanya dilakukan di masjid-masjid. Sehingga dengan ciri tersebut, madrasah separuh masa disebut pula sebagai pendidikan non-formal.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Negara Singapura

Berikut dibawah ini yang termasuk beberapa contoh pondok pesantren di negara Singapura adalah :  

1. Al-Sagaff

Pondok pesantren Al Sagaff merupakan salah satu pesantren yang ada di negara Singapura. Pesantren ini telah berdiri sejak tahun 1912 dan tokoh yang berhasil mendirikan ponpes Al-Sagaff bernama Syeid Muhammad ibn Ahmad Al-Sagaff. 

2. Al-Arabiyah

Pondok pesantren Al-Arabiyah didirikan pada tahun 1925. Nama tokoh yang berhasil mendirikan pondok pesantren ini yaitu Ahmad Muhammad Saleh Anguilla. 

3. Al-Juneid

Pondok pesantren selanjutnya yang ada di negara Singapura yaitu pesantren Al – Juneid. Ponpes ini berdiri sejak tahun 1927 dan tokoh pendirinya bernama Syeid Abdur  Rahman ibn al – Juneid. 

4. Al-Ma’arif

Tokoh yang berhasil mendirikan pondok pesantren Al-Ma’arif adalah Syeikh Omar Bamadhadj. Pondok pesantren ini juga telah lama berdiri yaitu pada tahun 1936. 

5. Al-Irsyad

Pondok pesantren Al-Irsyad didirikan sejak tahun 1947. Tokoh yang berhasil mendirikan pondok pesantren Al-Irsyad yaitu bernama Ijan ibn Haji Hasyim. 

6. Wak Tanjung

Pondok pesantren berikutnya yang ada di negara Singapura adalah ponpes Wak Tanjung yang didirikan sejak tahun 1955. Sedangkan nama tokoh yang berhasil mendirikan pondok pesantren ini adalah Mohd Nor Taib.

Nah, itulah saja daftar informasi tentang nama-nama pondok pesantren yang ada di Negara Singapura. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

2 komentar untuk "6+ Pesantren Terbaik di Singapura Yang Menjadi Pilihan"

Anonim 27 Juni 2023 pukul 03.43 Hapus Komentar
apakah kurikulum yang digunakan merupakan kurikulum pendidikan nasiona singapore atau kurikuluk pesantren yang terpisah dari kurikulum nasional?
Anonim 26 Februari 2024 pukul 08.37 Hapus Komentar
apakah ada lowongan mengajar ngaji di Singapura