Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Konawe Selatan yang Bagus

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Konawe Selatan

Kabupaten Konawe Selatan merupakan salah satu daerah yang memiliki sumber perekonomian dari berbagai sektor diantaranya yaitu sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, industri maupun perdagangan.

Salah satu hasil pertanian dan perkebunan yang ada di kabupaten ini yaitu ada ubi kayu, padi, kacang hijau, jagung, kacang tanah dan masih banyak yang lainnya. 

Pesantren di Konawe Selatan

Kabupaten Konawe Selatan juga memiliki lembaga pendidikan agama islam yang disebut pondok pesantren. Jumlah pesantren yang ada di kabupaten ini yaitu ada 17 bangunan. Dari banyaknya jumlah pesantren tersebut, diketahui bahwa santri yang belajar di ponpes-ponpes tersebut secara kesuluruhan ada sebanyak 3.851 orang.

Sementara itu banyaknya guru atau tenaga pendidik yang ada di 17 pesantren tersebut jumlahnya mencapai 235 orang.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Konawe Selatan

Daftar nama pondok pesantren yang ada di kabupaten Konawe Selatan antara lain ialah sebagai berikut ini; 

1. Nurul Jannah Amondo

Daftar pertama pondok pesantren yang ada di kabupaten Konawe Selatan adala Pondok Pesantren Nurul Jannah Amondo.

Ponpes yang satu ini beralamat di Jl. Poros Kelurahan Amondo. Jumlah santri yang ada di pesantren Nurul Jannah Amondo yaitu ada sekitar 40 orang. Sedangkan banyaknya guru yang mengajarkan pendidikan agama islam yaitu ada 6 orang.

2. Al-Barkah 

Kedua yaitu ada Pondok Pesantren Al-Barkah yang beralamat di Ds. Sumberjaya. Ponpes ini memiliki 280 santri yang belajar agama islam maupun pengetahuan lainnya di pesantren Al – Barkah. Sedangkan jumlah tenaga pengajar yang membimbing para santri ada sekitar 16 orang. 

3. Al-Wathoniyah

Daftar ketiga yaitu ada Pondok Pesantren Al-Wathoniyah. Lokasi dari ponpes Al – Wathoniyah yaitu berada di Ds. Telutu Jaya. Sedangkan banyaknya santri yang menimba ilmu agama islam di ponpes ini jumlahnya ada sekitar 152 orang dengan 12 ustadz yang membimbing. 

4. Darud Da`wahwal Irsyad

Selanjutnya yaitu ada Pondok Pesantren Darud Da`wahwal Irsyad yang beralamat di Desa Lamooso. Pondok pesantren Darud Da’wahwal Irsyad diketahui telah mempunyai banyak santri bahkan mencapai hampir ribuan yaitu ada 956 orang.

Sedangkan banyaknya tenaga pendidik yang memberikan pengajaran agama islam maupun pengetahuan umum lainnya yaitu ada sebanyak 44 orang. Oleh karena itu tidak heran apabila pesantren Darud Da’wahwal Irsyad disebut sebagai salah satu ponpes terbaik yang ada di kabupaten Konawe Selatan.

5. Nurul Falah 

Pondok Pesantren Nurul Falah beralamat di Ds. Adaka Jaya. Jumlah santri yang belajar di ponpes Nurul Falah yaitu ada 72 orang. Sedangkan guru yang memberikan ilmunya kepada para santri ada sekitar 7 orang. 

6. Minhajut Thullab

Pondok Pesantren Minhajut Thullab beralamat di Jln. Poros andoolo Utama Andoolo Utama Buke. Santri yang menempuh pendidikan di pondok pesantren Minhajut Thullab jumlahnya ada sebanyak 187 orang. Sedangkan jumlah guru yang mengajar yaitu ada 12 orang. 

7. Gontor 7 Riyadhatul Mujahidin 

Pondok Pesantren Gontor 7 Riyadhatul Mujahidin beralamat di Jl. Poros Mowila-Motaha Desa Pudahoa. Pondok pesantren ini diketahui telah memiliki 70 santri dan 7 ustadz yang membimbing dan mengarahkan para santri agar memiliki bekal pendidikan agama yang lebih mendalam dan berakhlak karimah. 

8. Hidayatullah 

Nama ponpes berikutnya yang ada di kabupaten Konawe Selatan adalah Pondok Pesantren Hidayatullah yang beralamat di Palangga/Watumbohoti. Pesantren ini mempunyai 256 santri dan 16 guru yang mengajar.  

9. Hidayatullah 

Nama pondok pesantren Hidayatullah yang ada di kabupaten Konawe Selatan memang pada dasarnya ada 2 pesantren. Pondok Pesantren Hidayatullah yang satu ini alamatnya berada di Desa Watumbohoti Dusun Ii. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di ponpes ini ada sekitar 139 orang dengan 11 ustadz yang membimbing. 

10. An Nur Atari Jaya

Pondok Pesantren An Nur Atari Jaya beralamat di Jl. Mataram 29 A. Banyaknya santri yang menimba ilmu agama islam di pesantren An Nur Atari Jaya yaitu ada sekitar 40 orang. Sedangkan jumlah tenaga pendidiknya ada 5 orang.

Nah, itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di wilayah Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Konawe Selatan yang Bagus"