Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Luwu Timur Yang Bagus

Pesantren di Kabupaten Luwu Timur

Kabupaten Luwu Timur merupakan daerah yang dihasilkan dari pemekaran kabupaten Luwu Utara. kabupaten Luwu Timur diketahui memiliki 11 kecamatan yaitu kecamatan Malili, kecamatan Angkona, kecamatan Tomoni, kecamatan  Tomoni Timur, kecamatan Kalena, kecamatan Towuti, kecamatan Nuha, kecamatan Wasponda, kecamatan Wotu, kecamatan Burau dan kecamatan Mangkutana.

Selain itu di kabupaten Luwu Timur ini, masyarakatnya selain menggunakan bahasa Indonesia dalam komunikasi sehari-hari, ternyata juga menggunakan bahasa daerah. Perlu diketahui bahwa bahasa daerah yang ada di kabupaten ini ada 3 macam yaitu bahasa Bugis, bahasa Wotu, dan bahasa Bugis De.

Pesantren di Luwu Timur

Pondok pesantren yang ada di kabupaten Luwu Timur jumlahnya ada 15 pesantren. Masing – masing pesantren di kabupaten ini memiliki visi dan misi yang kuat dan bertujuan untuk menciptakan generasi muda yang paham quran, beriman, bertaqwa, dan memiliki akhlakhul karimah. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Luwu Timur

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren yang ada di kabupaten Luwu Timur adalah: 

1. Darunnajah

Pondok Pesantren Darunnajah beralamat di Jln. Kh. Muh. As'ad No. 02 Timampu. Santri yang belajar ilmu pendidikan agama islam di pondok pesantren Darunnajah jumlahnya ada 106 orang. Sedangkan banyaknya ustadz yang membimbing para santri agar memiliki bekal agama yang lebih mendalam ada sekitar 8 orang.

2. PPs Nurul Junaidiyah

Pondok Pesantren PPs Nurul Junaidiyah beralamat di Jln. Trans Sulawesi Masamba-Lauwo,burau,Rt/01. Pimpinan Pondok Pesantren PPs Nurul Junaidiyah bernama KH. Abdul Azis Rajmal. Ponpes ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap, terutama bagian asrama santri yang memberikan kenyamanan. 

3. Al-Furqan Landuri

Pondok Pesantren Al - Furqan Landuri beralamat di Jln. Poros Trans Sulawesi. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pondok pesantren Al-Furqan Landuri yaitu ada 106 orang dengan 8 guru yang mengajar di ponpes tersebut.

4. Uswatun Hasanah

Pondok Pesantren Uswatun Hasanah beralamat di Cendana Hijau. Pondok pesantren Uswatun Hasanah diketahui telah memiliki 44 santri yang belajar pendidikan agama islam. Sedangkan banyaknya guru yang mengajar dan membimbing para santri ada 6 orang.  

5. Birrul Walidain Nw

Pondok Pesantren Birrul Walidain Nw beralamat di Dusun Mulyasari, Desa Tawakua. Santri yang menimba ilmu di pondok pesantren Birul Walidain Nw jumlahnya ada 65 orang. Sedangkan jumlah ustadz yang membimbing para santri agar menjadi manusia yang berbekal agama islam lebih baik lagi dan memiliki akhlak karimah ada sekitar 7 orang. 

6. Al-Muhajirien

Pondok Pesantren Al - Muhajirien beralamat di Jln. Bendungan Kalaena, Desa Margolembo. Ponpes Al-Muhajirien diketahui telah memiliki 67 santri dan 7 ustadz yang membimbing para santri. 

7. Al-Mujahidin Nw

Pondok Pesantren Al-Mujahidin Nw beralamat di Jln. Trans Sulawesi, Desa Mantadulu. Santri di pondok pesantren Al-Mujahidin Nw jumlahnya ada 85 orang. Sedangkan banyaknya ustadz yang mendidik dan membimbing para santri ada 7 orang. 

8. Miftahul Ulum

Pondok Pesantren Miftahul Ulum beralamat di Desa Sumber Agung. Santri di ponpes Miftahul Ulum jumlahnya ada 76 orang dan tenaga pendidiknya ada 7 orang. 

9. As-Syafi`iyah Hw

Pondok Pesantren As-Syafi`iyah Hw beralamat di Desa Taripa. Santri yang menempuh pendidikan di pondok pesantren As-Syafi’iyah Hw jumlahnya ada sekitar 64 orang dengan 7 ustadz yang membimbing. 

10. Al-Falah Ddi Angkona

Pondok Pesantren Al-Falah Ddi Angkona beralamat di Jln. Poros Angkona-Malili. Ponpes yang satu ini diketahui telah memiliki 72 santri dan 7 guru yang mendidik para santri.

Itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan nama-nama pondok pesantren yang berada di wilayah Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan. Semoga saja bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Luwu Timur Yang Bagus"