Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Muna yang Terkenal

Pondok Pesantren di Kabupaten Muna

Kabupaten Muna secara geografis letaknya berada di sebelah selatan garis khatulistiwa. Selain itu daerah ini juga memiliki tempat pariwisata yang menjadi daya tarik tersendiri untuk bisa mendatangkan para pelancong agar berkunjung ke kabupaten Muna. Beberapa objek wisata tersebut antara lain adalah Tanjung Labora, Danau Moko, Puncak Wakila, Air Terjun Kalima – Lima dan lain sebagainya. 

Kabupaten Muna juga memiliki sektor perdangangan yang membantu mendorong tingkat perekonomian di kabupaten ini. Salah satu produk yang diperdagangkan antar pulau di kabupaten Muna yaitu jagung dan kacang tanah yang telah di kupas. 

Pesantren di Muna

Pondok pesantren yang ada di kabupaten Muna jumlahnya ada sekitar 11 pesantren. Masing – masing ponpes tersebut menempati beberapa kecamatan yang ada di kabupetan ini diantaranya yaitu beada di kecamatan Katobu, Duruka, Tongkuno dan lain sebagainya.

Selain itu dari 11 pondok pesantren yang ada di kabupaten Muna ini diperoleh jumlah santri sebanyak 820 orang dengan 80 guru yang mengajar.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Muna

Antara lain;

1. Hidayatullah

Pondok Pesantren Hidayatullah beralamat di Jl. Pemancar TVRI - Dusun Labone. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pondok pesantren Hidayatullah yaitu ada sekitar 30 orang dengan 6 ustadz yang membimbing dan mengajarkan pendidikan agama islam kepada para santri. 

2. Al-Ihklas Raha 

Pondok Pesantren Al Ihklas Raha beralamat di Jln.Poros Raha -Bangunsari Desa Labunti Kec.Lasalepa Kab.Muna. Banyaknya santri yang belajar pendidikan agama islam maupun pengetahuan lainnya di ponpes Al Ihklas Raha yaitu ada sekitar 59 orang. Sedangkan tenaga pengajarnya ada 6 orang.  

3. Darussalam

Pondok Pesantren Darussalam beralamat di Jl. Budi Utomo, Nomor 2 Sarimulyo. Pondok pesantren Darussalam diketahui memiliki 99 santri yang belajar ilmu agam islam di ponpes tersebut. Sedangkan banyaknya guru yang mengajar dan membimbing para santri agar memiliki bekal agama dan akhlak yang lebih baik ada 8 orang. 

4. Pp Hidayatullah Raha 

Pondok Pesantren Pp Hidayatullah Raha beralamat di Jln Kelinci Putih Labone Desa Wawesa. Jumlah santri yang menimba ilmu agama islam di pondok pesantren Pp Hidayatullah Raha yaitu ada sekitar 68 orang. Sedangkan banyaknya guru yang membimbing para santri ada 7 orang. 

5. Ponpes Darussalam

Pondok Pesantren Ponpes Darussalam beralamat di Jln. Budi Utomo No.2 Kabangka. Ponpes yang satu ini termasuk salah satu contoh pesantren yang ada di kabupaten Muna dan telah memiliki 58 santri yang belajar ilmu agama di ponpes tersebut. Sedangkan banyaknya guru yang memberikan ilmunya kepada para santri yaitu ada sebanyak 6 orang. 

6. Subulussalam

Pondok Pesantren Subulussalam beralamat di Jl. Ir. Soekarno Desa Ghonsume. Jumlah santri yang menimba ilmu pendidikan agama islam di ponpes Subulussalam yaitu ada 52 orang dengan 6 ustadz yang membimbing. 

7. Al-Ikhlas Raha

Pondok Pesantren Al Ikhlas Raha beralamat di Jln.Poros Raha -Bangunsari. Selain itu pondok pesantren Al Ikhlas Raha ini diketahui telah memiliki 59 santri dan 6 ustadz yang memberikan pendidikan dan pengajaran agama islam kepada para santri. 

8. Tahfidz Al Qur`An Ibnu Abbas

Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur`An Ibnu Abbas beralamat di Jl. Kontukowuna. Pondok pesantren Tahfidz Al Quran Ibnu Abbas termasuk ponpes terbaik yang ada di kabupaten Muna. Jumlah santri yang ada di ponpes ini mencapai 116 orang. Sedangkan banyaknya tenaga pengajar yang ada di ponpes ini yaitu ada 9 orang. 

9. Pondok Pesantren Al Azka Bangkali 

Pondok Pesantren Pondok Pesantren Al Azka Bangkali beralamat di Jln Poros Bangkali. Pesantren ini diketahui memiliki 70 santri yang belajar di ponpes tersebut, sedangkan banyaknya guru yang membimbing para santri yaitu ada 7 orang. 

10. Darul Ulum Wal Barokah

Pondok Pesantren Darul Ulum Wal Barokah beralamat di Jalan Gambas. N0 79. Selain itu pesantren Darul Ulum Wal Baroka termasuk ponpes yang diketahui telah memiliki 155 santri dan 12 ustadz yang memberikan ilmu pengetahuannya kepada para santri di pesantren tersebut.

Nah, itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di wilayah Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara. Semoga saja bisa berguna.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Muna yang Terkenal"