Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Pesantren Terbaik di Kota Ternate, Prov. Maluku Utara

Pondok Pesantren di Kota Ternate

Kota Ternate merupakan kota yang ada di provinsi Maluku Utara. Perlu diketahui bahwa kota Ternate disebut pula sebagai kota kepulauan, sehingga tidak heran apabila di kota ini terdapat banyak pulau antara lain seperti Pulau Tifure, Pulau Maka, Pulau Mano, Pulau Moti, Pulau Mayau, dan lain-lain. 

Bukan hanya pulau saja yang ada di kota Ternate. Akan tetapi kota ini juga mempunyai banyak tempat pariwisata seperti Danau Laguna, Batu Angus, Puncak Gunung Gamalama, Benteng Tolukko dan lain sebagainya.

Pesantren di Kota Ternate

Pondok pesantren di kota Ternater jumlahnya ada sebanyak 5 pesantren. Masing-masing pesantren di kota Ternate ini letaknya tersebar di beberapa kecamatan seperti di kecamatan Ternate Selatan, Ternate Tengah dan sebagainya. 

Daftar Pondok Pesantren di Kota Ternate

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren yang ada di kota Ternate adalah; 

1. Alkhairaat

Pondok Pesantren Alkhairaat didirikan sejak tahun 1964 dan beralamat di Jl. Kakaktua No.155 Kel. Kalumpang. Pondok pesantren Al Khairaat ini selain mengajarkan ilmu pendidikan agama islam kepada para santri, terntara juga memberikan bimbingan lain seperti mengasah bakat dan minat santri melalui kegiatan ekstrakurikuler yang ada di pesantre tersebut.

Beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang ada di ponpes ini antara lain yaitu seni qoriah, komputer, hadrah, kaligrafi dan lain sebagainya. Sedangkan banyaknya santri yang menempuh pendidikan di ponpes Alkhairaat yaitu ada sebanyak 490 orang dengan 25 ustadz yang membimbing para santri. 

2. Hidayatullah

Pondok Pesantren Hidayatullah beralamat di Jl.Kalumata Tengah No. 198 Kel. Kalumata. Jumlah santri yang menimba ilmu di pondok pesantren Hidayatullah ada sekitar 198 orang. Sedangkan tenaga pengajarnya ada 14 ustadz. Ponpes ini berhasil didirikan karena ada tokoh yang berhasil mempelopori berdirinya pesantren ini yang bernama Drs. Mardhatillah.  

3. Salafiyah Alkhairaat Sasa

Pondok pesantren Salafiyah Alkairaat Sasa merupakan salah satu ponpes yang ada di kota Ternate dengan alamat lengkapnya berada di Jl. KH Ahmad Dahlan, RT001/RW001, Kelurahan Sasa, Kecamatan Ternate Selatan Sasa Ternate Selatan. Pesantren ini diketahui mempunyai 64 santri yang belajar tentang pendidikan agama islam, sedangkan banyaknya guru yang mengajar ada 7 orang. 

4. Tahfidz Quran An Hidayatullah Ternate

Pondok pesantren Tahfidz Quran An Hidayatullah Tenate lokasinya berada di ln. Istana Ibrahim Kel Gambesi, Kecamatan Ternate Selatan Kota Ternate Provisi Maluku Utara Ternate Selatan. Jumlah santri di ponpes ini ada sebanyak 54 orang.

Sedangkan tenaga pegajar yang membina dan membimbing para santri agar memiliki beka agama yang lebih baik jumlahnya ada 6 orang.

5. Moluku Kie Raha

Pondok Pesantren Moluku Kie Raha beralamat di Jl. Gibsi Kel. Toboleu. Santri yang menempuh pendidikan di ponpes Moluku Kie Raha jumlahnya ada sekitar 30 santri. Sedangkan tenaga pendidiknya ada 6 orang.

Nah, demikinalah saja informasi yang bisa kami bagikan pada semua pembaca kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren terbaik yang ada di wilayah Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara. Semoga saja bisa berguna. 

Posting Komentar untuk "5+ Pesantren Terbaik di Kota Ternate, Prov. Maluku Utara"