14+ Pondok Pesantren di Bali [Terbaik & Terlengkap]

Pondok pesantren di Bali adalah salah satu tempat atau lembaga pendidikan yang digunakan untuk mendidik para santri yang dimana santri dianjurkan untuk tinggal bersama dan belajar bersama dibawah bimbingan seorang kiyai.

Pondok Pesantren di Bali


Biasanya pengurus pondok di Bali akan meyediakan sebuah tempat untuk tempat tinggal para santri tersebut. Fasilitas yang disediakan untuk santri pun juga harus lengkap misalnya adalah menyediakan tempat untuk belajar, masjid untuk sholat dan masih banyak lagi.

Biasanya juga ada santri putra dan juga santri putri. Tempat tinggal untuk santri putra dan putri pun harus di pisah. Pengurus yang ada di pondok tersebut wajib memantau dan membimbing para santri 24 jam.

Tujuan dari dibentuknya pondok pesantren ini adalah untuk kemajuan agama islam yang ada di daerah tersebut dan untuk kemajuan islam yang ada di Indonesia. Sejarah mengatakan bahwa mulai dibentuknya pendidikan islam atau pondok pesantren ini sekitar tahun 1596, pada saat itu ada seorang kiyai yang selalu membimbing dan mengajarkan santrinya. kemudian terus berdatangan santri–santri yang baru. Karena hal ini lah mempunyai keinginan untuk membentuk pondok pesantren.

Daftar Pondok Pesantren di Bali


Adapun daftar nama-nama Pondok pesantren terbaik yang ada di Bali adalah sebagai berikut:

Pondok Pesantren Terbaik adalah Pondok Pesantren Bali Bina Insani

Pondok Pesantren Bali Bina Insani ini berdiri pada tanggal 27 Oktober 1996. Awal mula terbentuknya pondok pesantren ini adalah dari berdirinya pondok Yatama pada tanggal 27 Oktober 1991.

Pada saat itu ada seorang pemuda yang masuk pondok pesantren dan kemudian menyebarkan agama tersebut ke dalam masyarakat dan akhirnya masyarakat tertarik untuk mengikuti agama tersebut. Mulai dari situlah agama islam yang ada di Bali mulai berkembang.

Karena hal itulah mulai di bangun berbagai jenis tempat Pondok pesantren untuk masyarakat sekitar. Dan Pondok pesantren yang ada di Bali ini mulai berkembang di berbagai daerah. Didalam pondok pesantren ini terdapat beberapa jenjang pendidikan mulai dari pendidikan Tk Sampai dengan Perguruan tinggi ada di pondok ini.

Di Pondok Pesantren Bali Bina Insani sudah mulai banyak santri yang tinggal menetap di pondok tersebut dan akhirnya mengabdi untuk menjadi seorang pengurus di pondok. Pondok Pondok Pesantren Terbaik adalah Pondok Pesantren ini terletak di Jln. Raya Timpang, Desa Meliling, Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan, Bali Pondok Pesantren Bali Bina Insani ini berada di bawah yayasan La Royba.

Pondok Pesantren Terbaik adalah Pondok Pesantren Firdaus Jembrana Bali

Pondok Pesantren Firdaus Jembrana Bali adalah salah satu pondok yang menyesuaikan zaman Seperti contohnya adalah kemajuan teknologi yang ada saat ini juga menjadi pemicu Pesantren Firdaus Jembrana Bali ini semakin berkembang.

Di Pondok Pesantren Firdaus Jembrana Bali ini memiliki tekonologi Yng lengkap. Maka dari itu Pesantren Firdaus Jembrana Bali telah mampu bersaing denga pondok pesantren yang lain yang ada di Bali tersebut.

Perkembangan Teknologi saat ini juga menyebabkan prilaku yang kurang baik kepada orang tua, maka dari itu banyak orang tua yang sering menitipkan anaknya ke Pesantren Firdaus Jembrana Bali agar menjadi orang yang memiliki akhlak yang lebih baik dari yang lainnya.

Didalam Pesantren Firdaus Jembrana Bali ini tersedia jenjang pendidikan mulai dari pendidikan SMP sampai SMA ada di Pondok pesantren ini. Pesantren Firdaus Jembrana Bali ini terletak di Jl. Raden Hestuhadi, Dusun Pebuahan, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali.

Tujuan dari dibentuknya Pesantren Firdaus Jembrana Bali ini adalah untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat agar memiliki anak yang cerdas, bertanggungjawab dan memiliki jiwa pemimpin yang adil.

Pondok Pesantren Terbaik adalah Pondok Pesantren Raudhotul Huffadz

Pondok Pesantren Raudhotul Huffadz adalah salah satu pondok yang terdiri dari santri laki–laki dan juga santri perempuan. Tempatnya pun berbeda antara santri laku-laki dan untuk santri perempuan. Untuk santri laku- laki sampai saat ini berjumlah 241 sedangkan untuk santri perempuan berjumlah 142 santri.

Pondok Pesantren Raudhotul Huffadz ini terletak di Kabupaten Tbanan Bali, Jalan A. Yani Gang Kamboja, Tabanan. Bali. Pondok Pesantren Raudhotul Huffadz adalah salah satu pondok yang dapat disebut sebagai pondok Hafidz atau penghafal al-qur’an.

Di Pondok Pesantren Raudhotul Huffadz lebih sering menghafal al–qur’an di bandingkan dengan mempelajar pelajaran yang umum lainnya atau kitab- kitab tersebut. Bahkan yang berasal dari luar bali pun banyak yang menambah ilmu tentang agama dan pendidikan umumnya di pondok ini, karena pondok ini pernah menciptakan ulam–ulama yang ahli yang berbakat di bidangnya masing- masing. 

Pada awalnya memang pondok ini hanyalah sebuah pondok yang tidak ada santri sama sekali dan menghafalnya pun masih sulit di lakukan. Namun seiring dengan berkembangnya zaman pondok ini menjadi banyak sekali santri yang menetap disini dan menghafal al-qur’an sampai khatam.

Pondok Pesantren Terbaik adalah Pondok Pesantren Darunnajah Almas’udiyah

Pondok Pesantren Darunnajah Almas’udiyah adalah salah satu pondok yang ada di Bali yang didirikan pada 199i M. Pondok Pesantren Darunnajah Almas’udiyah ini didirikan oleh KH. Umar Fauzan. Pada awalnya banyak sekali santri yang ingin mebalajar al- qur’an di rumahnya, kemudian para orang tua santri menyetujui jika di bentu sebuah pesantren yang di gunakan untuk menambah wawasan dari pengetahuannya tersebut.

Didalam pondok ini juga tersedia berbagai jenis jenjang pendidikan mulai dari pendidikan TK sampai dengan SMA ada di pondok ini. Maka dari itu Pondok Pesantren Darunnajah Almas’udiyaini menjadi salah satu pondok yang terkenal dan banyak santri yang ingin belajar membaca al- qur’an di Pondok Pesantren Darunnajah Almas’udiyah ini.

Tidak hanya itu saja ternyata pondok ini telah memiliki cabang sampai di berbagai daerah yang ada di Luar Bali.

Pondok Pesantren Terbaik adalah Pondok Pesantren Hidayatullah di Bali

Pondok Pesantren Hidayatullah di Bali setiap beberapa tahun sekali pasti mengadakan wisuda. Saat ada santri yang telah lulus dalam menghafal al- qur’an maka akan diberikan sebuah penghargaan tersendiri untuk santri tersebut.

Apalagi semangat para santri yang selalu ada membuat pengurus juga semangat melatih para santri. Fasilitas yang ada di Pondok Pesantren Hidayatullah di Bali ini sangat lengkap, selain itu juga ekstrakulikuler yang banyak membuat santri dapat mengembangkan skill yang telah dimilikinya. 

Didalam Pondok Pesantren Hidayatullah di Bali ini terdapat jenjang pendidikan mulai dari pendidikan TK sampai dengan pendidikan SMA. Bahkan perguruan tinggi akan mulai di bangun di Pondok Pesantren Hidayatullah di Bali ini.

Pondok Pesantren Terbaik adalah Pondok Pesantren Muhammadiyah Denpasar Bali

Pondok Pesantren Muhammadiyah ini terletak di Jl. Penataran SARI No. 80 Denpasar Barat, Kota Denpasar. Pondok Pesantren Muhammadiyah ini didirikan pada tahun 1987. Pondok Pesantren Muhammadiyah memiliki beberapa potensi diantaranya adalah dalam bidang ekonomi yaitu perikanan atau kelautan atau Maritim.

Tenaga yang ada di pondok pesantren tersebut juga sudah cukup banyak. tanpa kekurangan pengurus. Di Pondok Pesantren Muhammadiyah juga sudah mulai menyediakan pendidikan untuk jenjang SMP sampai SMA.

Selain itu fasilitas yang ada di dalam Pondok Pesantren Muhammadiyah ini sudah sesuai dengan kebutuhan para santri sehingga banyak santri yang ingin menambah ilmu di Pondok Pesantren Muhammadiyah ini.

Pondok Pesantren Muhammadiyah bukan satu- satunya pondok pesantren yang ada di pulau Bali, namun dengan kualitas yang dimiliki mampu membuat pondok ini bersaing dengan pesantren-pesantren yang lainnya.

Pondok Pesantren Terbaik adalah Pondok Pesantren Manba’ ul Ulum

Pondok Pesantren Manba’ ul Ulum adalah salah satu pondok pesantren yang tertua di pulau Bali. Namun Eksistensi yang dimiliki oleh Pondok Pesantren Manba’ ul Ulum ini sudah tidak perlu diragunakan lagi.

Pondok pesantren ini bukan hanya mengedepankan pendidikan tentang agama saja, namun tentang pendidikan umun juga. Didalam Pondok Pesantren Manba’ ul Ulum ini terdapat jenjang pendidikan mulai dari pendidikan TK sampai SMA ada di pondok ini.

Santri yang ada di pondok ini juga cukup banyak. Selain itu juga pengurus yang ada di Pondok Pesantren Manba’ ul Ulum ini selalu memantau 24 jam para santrinya. Agar menjadi seseorang yang cerdas, mandiri, bertanggung jawab dan memiliki jiwa kepemimpinan sehingga perlu sekali bimbingan dengan teliti.

Demikianlah tulisan tentang daftar nama-nama Pondok Pesantren di Pulau Bali, semoga dengan adanya informasi ini bisa memberikan kebermanfaatan bagi segenap pembaca yang ingin menitipkan adanya di Pon-Pes. Trimakasih, 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "14+ Pondok Pesantren di Bali [Terbaik & Terlengkap]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel