15+ Masjid Terbesar di Dunia 2019 [Saat Ini] dan Kapasitasnya

Masjid adalah tempat beribadah untuk umat islam.  Masjid ini dapat di sebut juga sebagai tempat sujud. Namun selain masjid ada juga mushola atau langgar. Maka dari itu banyak sekali orang yang ingin membuat masjid karena melihat manfaat masjid yang begitu banyak.

Masjid Terbesar di Dunia


Adapun daftar tentang nama-nama masjid terbesar di dunia pada saat ini adalah sebagai berikut;

Masjidil Haram 

Masjidil haram adalah masjid yang berada di dunia. Masjid ini berada di kota mekkah, Masjid ini adalah masjid yang mengelilingi ka’bah dimana tempat untuk menghadap umat muslim shalat setiap harinya, Tempat ini adalah tempat yang paling suci bagi umat islam.

Bukan hanya itu saja masjidil haram ini dapat disebut juga sebagai masjid agung. Luas dari masjidil haram ini hampir 400.800 meter persegi atau 99,0 hektar dan hampir menampung 4 juta jamaah selama musim haji.

Masjid Nabawi

Masjid nabawi adalah masjid yang disebut juga dengan masjid nabi. Masjid ini berada di kota madinah. Tempat ini adalah masjid yang dianggap sebagai masjid kedua yang paling suci oleh kaum Syiah dan juga kaum islam Sunni.

Perlu diketahui bahwa masjid Nabawi adalah masjid yang digunakan sebagai tempat peristirahatan terakhir oleh nabi Muhammad SAW. Di masjid nabawi ini ada beberapa tempat yang menjadi favorite bagi masyarakat muslim yang mengunjunginya, diantaranya adalah Kubah hijau yang berada di tengah-tengah masjid nabawi ini. Kubah ini adalah makan dari nabi Muhammad SAW dan di bangaun pada abad ke – 12.

Masjid Ali Pasha

Masjid Ali Pasha dapat disebut juga dengan masjid Alabaster. Masjid ini terletak di dalam benteng Kairo lebih tepatnya di daerah Mesir. Masjid ini di bangun atas perintah Muhammad Ali Pasha pada tahun 1830 sampai 1848 untuk mengenang wafatnya putra Muhammad Ali Pasha pada tahun 1818.

Masjid ini adalah tempat yang menjadi salah satu tujuan untuk pariwisata yang berada di kairo. Masjid Ali Pasha adalah masjid yang dapat di lihat dari segi manapun.

Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal adalah masjid yang besar di Asia Tenggara. Masjid ini terletak di Indonesia lebih tepatnya di daerah Jakarta. Masjid Istiqlal ini dibangun untuk memperingati kemerdekaan Indonesia, Maka dari itu nama masjid ini adalah masjid istiqlal yang artinya adalah kemerdekaan.

Masjid yang dibentuk atas ucapan syukur kemerdekaan Indonesia. Masjid Istiqlal ini adalah masjid nasional yang ada di Asia Tenggara.

Masjid Hasan II

Masjid Hasan II adalah masjid yang terletak di Casablanca. Masjid Masjid Hasan II adalah masjid terbesar ke tiga di dunia setelah masjidil haram dan merupakan masjid yang paling besar yang ada di Maroko. Masjid ini dibangun oleh Perancis Michel Pinseau dan juga Bouygues. Masjid Masjid Hasan II ini memiliki menara yang merupakan menara yang paling besar di dunia. Masjid ini menghadap ke samudra atlantik.

Masjid Faisal

Masjid ini adalah masjid yang terletak di Pakistan di Asia Selatan. Masjid ini adalah masjid yang palin besar ke Enam didunia pada tahun 1986 sampai 1993.  Masji ini juga terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Masjid Faisal ini juga memiliki beberapa menara.

Nama dari masjid ini di ambil dari nama Almarhum Raja Faisal bin Abdul Aziz yang berasal dari Arab Saudi, yang telah mendukung dari terbentuknya masjid ini.

Masjid Badshahi

Masjid ini adalah masjid terbesar kedua yang berada di daerah Pakistan. Dan masjid ini adalah masjid yang terbesar di dunia dengan urutan ke lima. Masjid ini terkenal dengan keindahannya dan juga tempat wisatanya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Dalam masjid ini dapat menampung sekitar sepuluh ribu jamaah.

Dalam waktu 313 tahun masjid ini tetap menjadi masjid yang paling besar yang ada di daerah pakistan. Namun kemudian di tahun berikutnya masjid ini dapat di kalahkan oleh masjid Faisal yang berada di Islamabad. Masjid ini juga memiliki beberapa menara yang sangat tinggi.

Masjid Sheikh Zayed

Masjid Sheikh Zayed ini adalah masjid yang berada di Abu Dabi, Masjid ini adalah masjid keenam terbesar yang ada di dunia dan juga masjid yang paling besar yang ada di Uni Emirat. Pendiri dari masjid Masjid Sheikh Zayed adalah presiden pertama dari Uni Emirat arab yang telah di makamkan di masjid tersebut.

Kemudian masjid ini benar- benar telah di buka pada tahun 2007. Kemudian untuk para wisatawan baik itu muslim ataupun non muslim yang akan berwisatabaru akan di buka setelah tahun 2008. Hal ini di lakukan untuk mengenang wafatnya Sheikh Zayed yang telah di makamkan di sana dan juga untuk mempromosikan budaya yang ada di daerah tersebut.

Masjid Jami Dehli

Masjid Jami Dehli adalah masjid yang mampu menampung sekitar 35.000 jamaah. Masjid Jami Dehli ini adalah masjid yang digunakan sebagai masjid utama dikota Tua Delhi yang berada di India. Masjid ini baru selesai di bangun sekitar tahun 1656.

Masjid Jami Dehli ini menjadi salah satu masjid yang paling terkenal dan juga paling besar yang ada di delhi. Didalam halaman Masjid Jami Dehli ini mampu menampung kurang lebih sekitar dua puluh lima ribu jamaah. Masjid tersebut juga terdapat beberapa ukiran – ukiran yang unik dan indah jika dilihat.

Masjid Baitu Mukharam

Masjid Baitu Mukharam adalah salah satu masjid yang paling terkenal yang ada di Bangladesh. Bahkan masijid ini adalah masjid nasional yang ada di kota tersebut. Masjid Baitu Mukharam ini telah berdiri pada tahun 1960.

Masjid Baitu Mukharam juga mampu menampung sekitar tiga puluh ribu orang. Masjis ini termasuk masjid terbesar yang ada di dunia dalam urutan ke sepuluh. Namun masjid ini masih belum cukup untuk menampung lebih banyak dari tiga puluh orang tersebut, Maka dari itu pengurus masjid membuat perluasan masjid kembali, Sehingga untuk saat ini masjid Baitu Mukharam ini mampu menampung sekitar empat puluh ribu orang lagi.

Masjid La Kah Di Kasgar

Masjid La Kah Di Kasgar adalah masjid yang berada di Kasgar Xinjiang yang berada di bagian barat pulau cina. Masjid ini mampu menampung sekitar 20.000 penumpang dan merupakan masjid yang paling besar yang ada di negara cina. Masjid La Kah Di Kasgar adalah masjid yang telah berdiri pada tahun 1442 dan telah membangun perluasan masjid tersebut.

Masjid Negara

Masjid Negara adalah masjid yang berada di negara Malasyia atau kuala lumpur, Masjid ini hanya mampu menampung sekitar 15.000 jamaah. Masjid ini telah di desain oleh tiga orang tim, yang telah di bentuk oleh tiga orang departemen pekerja umum.  Barulah masjid tersebut dapat di bangun sekitar tahun 1965.

Masjid Sultan Ahmad

Masjid Sultan Ahmad ini adalah masjid yang berada di turki dan masjid yang dapat menampung sekitar sepuluh ribu per orang. Masjid Sultan Ahmad adalah masjid yang paling terkenal yang berada di darah instambul.

Namun dari itu masjid Masjid Sultan Ahmad ini sering disebut sebagai masjid biru, hal ini dilihat dari masjdnya yang berwarna biru dan terlihat indah

Masjid Al Fath

Masjid ini sering disebut juga dengan masjid Islami center al fath.  Masjid ini mampu menampung sekitar 10.000 orang, Masjid Al Fath ini adalah salah satu masjid yang paling besar yang ada di Bahrain. Masjid Al Fath adalah salah satu masjid yanng paling besar yang ada di duia ukuran 9 di dunia,

Masjid Al - Aqsa

Masjid Al – Aqsa adalah masjid yang paling besar yang paling besar di dunia. Masjid Al – Aqsa adalah masjid yang berada di Yerusalem. Awalnya masjid ini di bangun oleh Rasulullah dengan yang kecil-kecil. Masjid Al-Aqsa telah di bangun sekitar daerah tersebut.

Nah, itulah tadi pengulasan secara lengkapnya mengenai daftar nama-nama Masjid tersebar di dunia pada saat ini dan kapasitasnya. Semoga tulisan ini memberikan referensi kepada segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "15+ Masjid Terbesar di Dunia 2019 [Saat Ini] dan Kapasitasnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel