5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Bojonegoro yang Bagus


Bojonegoro merupakan salah satu daerah yang termasuk dalam bagian Blok Cepu, tepatnya di bagian barat Bojonegoro. Di Blok Cepu inilah terdapat salah satu sumber minyak bumi terbesar di Indonesia. Bojonegoro diresmikan pada tahun 1677.

Selain memiliki lumbung minyak bumi, di sini juga terdapat cukup banyak pesantren untuk mendalami ilmu agama. Berikut ini daftar nama pondok pesantren di Jawa Timur, khususnya yang ada di Kabupaten Bojonegoro.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Bojonegoro


Berikut ini daftar beberapa pondok pesantren yang tersebar di wilayah Bojonegoro, Jawa Timur.

Pondok Pesantren Modern Ar-Rahmat

Lokasi Pondok Pesantren Modern Ar-Rahmat berada di Jalan Untung Surapati Nomor 48 Bojonegoro, Jawa Timur.

Sesuai dengan namanya, pondok pesantren modern ini bukan hanya membekali santrinya dengan ilmu agama, melainkan juga ilmu umum.

Jika Anda ingin mengaji ilmu agama sekaligus sekolah, maka Anda bisa memilih pondok ini. Di sini sudah terdapat SMP Plus Ar-Rahmat dengan SMA Plus Ar-Rahmat. Keduanya sudah berakreditasi A.

Meski dalam naungan pondok yang mengedepankan ilmu agama, siswa/i kedua sekolah tersebut tetap bisa bersaing dengan siswa sekolah umum lain. Hal ini terbukti dengan murid dari SMP dan SMA Plus Ar-Rahmat mendapat rata-rata UN tertinggi di Bojonegoro.

Pondok Pesantren Al-Falah

Pondok Pesantren Al-Falah berlokasi di Jalan Serma Abdullah No. 130, Desa Pacul, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Tidak seperti pondok pesantren Ar-Rahmat yang merupakan pondok pesantren modern, Pondok Pesantren Al-Falah termasuk pondok pesantren salafiyah. Didirikan pada tahun 1978 oleh KH. Masyhudi Hasan. Saat ini kepemimpinan pondok pesantren dipegang oleh Drs. K. Tadjuddin, S.H.

Saat awal pendiriannya, santri di sini hanya berjumlah 5 orang. Tetapi kini jumlah santri sudah mencapai hampir 500 orang. Meski statusnya salafiyah, pondok ini memiliki sekolah untuk pendidikan formal, yakni SMP Unggulan Al-Falah.

Pondok Pesantren Adnan Al-Charis

Alamat pondok pesantren ini berada di Jalan KHR. Moch Rosyid Nomor 556, Ngumpak Dalem, Dander, Bojonegoro, Jawa Timur.

Pendirinya bernama KH. M. Charis Adnan dan didirikan pada tahun 1987. Waktu untuk mempertimbangkan pembangunan pondok ini terbilang cukup lama, sekitar dua tahun. Setelah berhasil dibangun, tidak langsung banyak santri yang mengaji di sini. Di awal pendiriannya, santri di pondok ini baru berjumlah 3 orang.

Mulanya pondok masih menggunakan metode sorogan. Seiring berjalannya waktu, pada 1991 didirikanlah sekolah untuk pendidikan formal.

Pondok ini memiliki area yang luas, kurang lebih 2867 m2 dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Jika Anda mencari tempat belajar sekaligus ketenangan, Anda bisa datang ke sini.

Pondok Pesantren Al-Rosyid

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Bojonegoro berikutnya adalah Pondok Pesantren Al-Rosyid. Alamatnya berada di Jalan K.H.R. Moch Rosyid, Desa Ngumpakdalem, Dander, Bojonegoro, Jawa Timur.

Iklim pembelajaran di sini mengombinasikan pengajaran pesantren dengan kurikulum nasional. Pendirinya adalah KH. Masyhur, dan didirikan pada tahun 1959.

Latar belakang pendirian pondok ini adalah untuk menghidupkan aktivitas Pondok Pesantren Kendal. PP Kendal sendiri didirikan sejak tahun 1902 oleh KH. M. Rosyid, namun vakum cukup lama sejak pendirinya wafat.

Seperti banyak pesantren di Jawa Timur lain, di sini dikaji berbagai kitab kuning dari beragam disiplin ilmu. Jenjang pendidikan formalnya dimulai dari RA, MI, MTs, MA, hingga STEBIA (Sekolah Tinggi Bisnis Islam Al-Rosyid).

Kurikulumnya mengadopsi dari kurikulum dua pondok besar di Indonesia, yakni Pondok Modern Darussalam Gontor dan Pondok Pesantren Lirboyo.

Pondok Pesantren Al-Fatimah

Alamat pondok pesantren ini berada di Jalan Pondok Bambu Nomor 01, Sukurejo, Bojonegoro, Jawa Timur. Tidak jauh dari pondok terdapat terminal yang memudahkan transportasi bagi orang tua untuk menjenguk anaknya yang nyantri di pondok ini.

Sesuai dengan namanya yang merupakan salah satu tokoh wanita dalam Islam, pondok ini memang dikhususkan untuk santri perempuan. Pendirinya bernama H. Tamam Syaifuddin, M.Si.

Mulanya bangunan baru berupa mushola, bernama Mushola Al-Fatimah yang berdiri pada tahun 2005. Beberapa waktu setelah itu, didirikan juga TPQ An-Nahdiyah.

Seiring berjalannya waktu, pondok ini semakin berkembang. Kemudian didirikan juga Madrasah Diniyah, Al-Fatimah English Course, dan Lembaga Pendidikan Islam Al-Fatimah. Selain itu, pondok pesantren ini juga memiliki SMP dan SMA Plus Al-Fatimah.

Kalau Anda ingin menjadi salah satu bagian dari daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Bojonegoro yang sudah disebutkan, tinggal datang ke alamat yang tercantum ya. Semoga bermanfaat untuk semuanya. Trimakasih,

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Bojonegoro yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel