5+ Pondok Pesantren di Kota Cilegon yang Bagus


Kota Cilegon merupakan sebuah kota di ujung barat Pulau Jawa yang berada di wilayah Provinsi Banten. Terkenal sebagai kota industri, ternyata di Cilegon banyak terdapat pondok pesantren yang bisa dijadikan referensi tempat nyantri. Berikut daftar nama pondok pesantren di Banten, khususnya yang ada di wilayah administratif Kota Cilegon.

Pesantren di Cilegon


Meski banyak lembaga pendidikan bonafit di wilayah Cilegon, ternyata tak menyurutkan perkembangan pondok pesantren di Cilegon. Beragam jenis pesantren bisa Anda sesuaikan dengan biaya pendidikan dan fasilitas yang ada di pesantren.

Dengan adanya informasi tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk mencari tempat nyantri di Cilegon.

Daftar Pondok Pesantren di Kota Cilegon


Dengan mengetahui informasi mengenai daftar nama pondok pesantren di Kota Cilegon bisa menjadi rujukan Anda. Informasi mengenai alamat, sistem pendidikan, dan kegiatan santri bisa menjadi pertimbangan yang akan menentukan biaya pendidikan selama nyantri di Cilegon.

Pondok Pesantren Al Fath

Pondok Pesantren Al Fath terletak di Jalan Sunan Ampel, Warnasari, Citangkil, Cilegon. Pesantren ini telah berdiri sejak tahun 2002 yang berawal dari pengajian rutin masyarakat sekitar. Seiring berjalannya waktu banyak jamaah dari wilayah Cilegon hingga luar Cilegon, sehingga terbentuklah Pondok Pesantren Al Fath.

Tidak hanya menuntut ilmu agama, di pesantren ini menerapkan pula sistem pendidikan formal mulai dari MTs dan SMA islam. Selain banyak santri yang mukim di pesantren ini, ada pula santri laju yang mengikuti kajian rutin dari Pesantren Al Fath.

Pondok Pesantren Al Inayah

Pondok Pesantren Al Inayah merupakan salah satu pondok pesantren tertua di Kota Cilegon yang telah berdiri pada tanggal 2 Maret 1935. Berlokasi di Karang Asen, Cibeber, Kota Cilegon, Pesantren Al Inayah memberikan kesempatan santri untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu jenjang pendidikan MTs dan MA.

Selain itu, pesantren ini juga mengembangkan pengabdian masyarakat melalui Majelis Taklim Al Inayah dan beberapa lembaga pendidikan yang bisa diakses masyarakat umum, seperti TKIT dan TPA Al Inayah.

Pondok Pesantren Modern Al Hasyimiyah

Pondok Pesantren Al Hasyimiyah merupakan pondok pesantren modern yang terletak di Tegalratu, Ciwandan, Kota Cilegon. Berdiri sejak tahun 1925, pesantren ini tidak hanya mengkaji kitab-kitab salafiyah saja, tetapi juga mengedepankan pendidikan formal.

Ada dua program pendidikan yang bisa ditempuh para santri, yaitu program kelas biasa yang diperuntukkan bagi lulusan SD/MI dengan pendidikan selama 6 tahun. Dan yang kedua adala program kelas intensif yang diperuntukkan bagi lulusan MTs/SMP dengan program pendidikan selama 4 tahun.

Selain adanya program pendidikan di atas ada juga kurikulum kokulikuler yang meliputi hafalan juz amma, penggunaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari, dan pendidikan kepemimpinan.

Untuk mendukung ketrampilan para santri, ada pula kegiatan ekstrakurikuler yang bisa dipilih santri, meliputi pengembangan olahraga, pengembangan seni, dan pengembangan IT.

Pondok Pesantren Darul Islah

Pondok Pesantren Darul Islah terletak di Semendaran, Panggung Rawi, Jombang, Kota Cilegon. Pesantren ini mengintegrasikan pendidikan agama dengan ilmu pengetahuan. Selain itu pesantren juga membentuk karakter santri agar siap terjun ke masyarakat melalui pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

Fasilitas yang ada di pesantren ini juga cukup lengkap, meliputi gedung utama sebagai tempat belajar santri serta asrama santri putra dan putri. Selain itu, adanya laboratorium, perpustakaan, masjid, sarana olahraga, koperasi, dan poliklinik bisa membuat nyaman santri yang bermukim di pesantren ini.

Pondok Pesantren Ibnu Syam

Pondok Pesantren Ibnu Syam merupakan pondok pesantren Tahfidz yang baru berdiri pada tahun 2018. Terletak di Jalan Tegal Padang Dalam No.93, Kotabumi, Purwakarta, Cilegon, pesantren ini diperuntukkan bagi lulusan SMA yang ingin fokus untuk menghafal Al Quran.

Terdapat program unggulan menghafal Al Quran selama 1,5 tahun dan menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari. Selain itu, terdapat kegiatan ekstrakurikuler, seperti latihan pidato, bekam, dan hadroh.

Dengan mengetahui informasi mengenai daftar nama pondok pesantren di Kota Cilegon dapat menjadi pertimbangan Anda untuk memilih pesantren di Cilegon. Dengan adanya informasi di atas dapat menjadi pilihan tempat nyantri yang nyaman untuk anak, saudara, atau adik Anda.

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kota Cilegon yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel