5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Gresik yang Bagus


Kabupaten ini menjadi tempat berdirinya pabrik semen pertama sekaligus yang terbesar di Indonesia, yakni Semen Gresik. Bukan hanya itu, Gresik juga dikenal sebagai penghasil pupuk dengan hadirnya PT Petrokimia Gresik.

Namun ulasan ini bukan akan membahas mengenai industri di Gresik. Melainkan membahas mengenai daftar nama pondok pesantren di Jawa Timur, khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Gresik.

Pesantren di Kabupaten Gresik

Gresik sebagai salah satu Kabupaten di Jawa Timur memanglah terkenal dengan nuansa Agama Islam yang kental, maka tak khayal hampir disebagian wilayah ini dari berbagai Kecamatan terdapat pondok pesantren modern ataupun salafiah.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Gresik


Berikut ini adalah kumpulan dalam daftar nama daftar beberapa pondok pesantren yang terdapat di Kabupaten Gresik beserta dengan alamat lengkapnya.

Pondok Pesantren Bani Hasyim

Pondok pesantren ini berlokasi di Jalan Bani Hasyim Nomor 1-9, Bedilan, Cerme, Kecamatan Gresik, Gresik, Jawa Timur.

Pendirinya bernama Nyai Hj. Djunaizah Faizah. Pondok pesantren didirikan pada tahun 1995 dengan lahan seluas 10 Ha. Merupakan cabang dari Pondok Pesantren Bani Hasyim yang berada di Sidoarjo. Bukan hanya mengajarkan ilmu agama, di pondok ini juga terdapat lembaga pendidikan formal, dari PAUD, TK, MTs, hingga SMA.

Untuk mengasah keterampilan santri, pondok ini menyediakan beragam ekstrakurikuler yang dapat dipilih oleh para santri. Mulai dari kaligrafi, hadrah, training of speech, hingga pelatihan kepemimpinan.

Pondok Pesantren Ushulul Hikmah Al-Ibrohimi

Berlokasi di Jalan Makam Dalem Manyar, Penganden, Manyarejo, Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur.

Pendiri pondok ini bernama KH. Ahmad Chusnan Abdullah. Berawal dari kegiatan pengajian yang rutin diadakan di rumahnya yang berada di Sidomukti, Manyar, Gresik. Kemudian pada 1989, dengan partisipasi masyarakat, beliau membeli tanah yang luasnya 130 m2 untuk dijadikan pondok pesantren. Pondok pesantren itu kemudian dinamakan Pondok Pesantren Ushulul Hikmah Al-Ibrohimi.

Pengajaran ilmu agama di pondok ini melalui kajian kitab Islam klasik atau yang lazim disebut kitab kuning dan bermadzhab syafi’i. Seperti pondok salafiyah lainnya, digunakan metode sorogan dan bandongan dalam pengajarannya.

Selain pesantren, pondok ini juga mengembangkan program pendidikan formal. Lembaga pendidikan formalnya, antara lain SDIT Al-Ibrohimi, MTs Al-Ibrohimi, MA Al-Ibrohimi, dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT).

Pondok Pesantren Modern Al-Azhar

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Gresik berikutnya adalah Pondok Pesantren Modern Al-Azhar. Pondok ini berlokasi di Jalan Syaikh Al-Ayuby No. 10, Kecepek, Botek, Menganti, Gresik, Jawa Timur.

Pendiri pondok ini adalah Jamaah Majelis Ta’lim Nurul ‘Izzah pimpinan KH. Imam Bukhori Al-Habsy Al-Ayyubi. Terhitung masih baru karena didirikan pada tahun 2011. Luas lahan yang ditempati pondok ini kurang lebih 562 m2 yang merupakan tanah wakaf dari KH. Imam Bukhori Al-Habsy Al-Ayyubi.

Pondok ini merupakan pengembangan dari kegiatan pengajian rutin Jamaah Majelis Ta’lim Nurul ‘Izzah. Pertama kali didirikan, pondok pesantren dinamakan Pondok Pesantren Nurul ‘Izzah. Barulah pada tanggal 01 Agustus 2011, nama Al-Azhar digunakan untuk pondok ini.

Pondok Pesantren Darut Taqwa

Pondok Pesantren Darut Taqwa berlokasi di Jalan KH. Syafi’i Nomor 42 Suci, Manyar, Gresik, Jawa Timur.

Pondok pesantren ini didirikan pada tahun 1932 oleh KH. Kholil. Saat itu pesantrennya dikenal dengan nama Pesantren Kiai Kholil. Karena dibangun sebelum masa kemerdekaan Indonesia, maka pesantren ini juga menjadi tempat Kiai Kholil mendidik santrinya menjadi pejuang kemerdekaan.

Kemudian di tahun 1987, perjuangan melalui pesantren ini diteruskan oleh cucunya, bernama KH. Moh, Munawwar.

Lembaga pendidikan formal dan nonformal telah tersedia di pondok ini. Untuk lembaga pendidikan formal, ada RA, MI, MTs, MA, SMP, SMA, SMK, hingga STAI Daruttaqwa. Sedangkan untuk lembaga pendidikan nonformalnya, ada TPQ, kajian kitab kuning, dan tarekat Qodiriyah wa Naqsabandiyah.

Pondok Pesantren Qomaruddin

Pondok pesantren ini berlokasi di Dusun Sampurna Nomor 10 RT 12/RW 04, Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Gresik, Jawa Timur.

Nama pendiri pondok ini adalah KH. Qomaruddin. Sebelum membangun pesantren, beliau menetapkan 5 kriteria ideal untuk pesantren. Lima kriteria itu, antara lain dekat dengan pusat pemerintahan, jalan raya, pasar, hutan, dan sumber air.

Tempat tersebut ditemukan di Kecamatan Bungah dan dibangun pesantren pada tahun 1775. Pesantren ini sempat beberapa kali berganti nama, hingga dinamakan PP Qomaruddin pada tahun 1972.

Pesantren ini juga menyelenggarakan pendidikan formal dengan memiliki PAUD, TK, MI, SMP, MTs I dan II, SMA, SMK, STKIP, IAIQ, dan STTQ. Untuk kelangsungan perekonomian pesantren, beberapa unit usaha didirikan, seperti toko YPPQ, POSKESTREN, dan koperasi.

Itulah beberapa daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Gresik. Jika mau mencoba jadi santri di Gresik, bisa datang ke pondok-pondok itu ya. Semoga saja melalui tulisan ini memberikan wawasan dan informasi yang mendalam. Trimakasih,

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Gresik yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel