5+ Pondok Pesantren di Kota Surabaya yang Bagus


Kota Surabaya merupakan ibukota Provinsi Jawa Timur yang menjadi pusat pemerintahan. Selain memiliki beragam fasilitas pendidikan yang lengkap, mulai dari pendidikan formal hingga nonformal, terdapat juga pondok pesantren yang bisa menjadi referensi Anda.

Informasi lebih lanut mengenai pesantren di Surabaya, berikut daftar nama pondok pesantren di Jawa Timur, khususnya yang ada di wilayah Kota Surabaya.

Pesantren di Surabaya


Meskipun banyak lembaga pendidikan formal di Kota Surabaya, ternyata masih banyak lembaga pendidikan agama yang berkembang. Beragam jenis pesantren tersebar di seluruh wilayah Kota Surabaya yang bisa tempat mukim santri mulai dari usia SD, SMP, SMA, hingga anak kuliah.

Daftar Pondok Pesantren di Kota Surabaya


Pesantren di Surabaya memiliki beragam fasilitas yang cukup lengkap dan akan membuat nyaman para santrinya. Dengan mengetahui informasi mengenai daftar nama pondok pesantren di Kota Surabaya akan menjadi bahan pertimbangan Anda memilih pesantren untuk tempat memperdalam ilmu agama islam.

Pondok Pesantren Miftachus Sunnah

Berlokasi di Jalan Kedung Tarukan No.100, Tambaksari, Pondok Pesantren Miftachus Sunnah merupakan pondok pesantren di Kota Surabaya yang berdiri sejak tanggal 10 November 1982. Letak pesantren cukup strategis dan berdekatan dengan GOR Gelora Sepuluh November.

Selain untuk memperdalam ilmu agama islam, pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendidikan formal, mulai dari RA, MI, MTs, MA, dan SMK. Tak hanya santri yang mukim saja yang bisa bersekolah di kawasan pesantren ini, masyarakat sekitar juga bisa bersekolah dan mengikuti pengajian rutin dari pesantren.

Pondok Pesantren Al Jihad

Pondok Pesantren Al Jihad merupakan pondok pesantren mahasiswa yang terletak di Jalan Jemursari Utara, Wonocolo, Surabaya. Pondok pesantren ini didirikan oleh H. Soerowi pada tanggal 20 Februari 1983.

Dinamakan juga pesantren mahasiswa karena yang bermukim di pesantren ini merupakan para mahasiswa yang ingin memperdalam ilmu agama. Adapun pendidikan agama yang harus ditempuh para santri adalah pendidikan madrasah diniyah dan kajian kitab kuning.

Pondok Pesantren An Nur

Selain Pondok Pesantren Al Jihad, pondok pesantren mahasiswa lain yang ada di Kota Surabaya adalah Pondok Pesantren An Nur. Pondo pesantren ini terletak di Gang Modin 10 A, Wonocolo, Surabaya.

Batas santri memperdalam ilmu agama di pesantren ini tergantung dari lulusnya santri dari perguruan tinggi. Santri yang bermukim di pesantren ini akan diberikan pendalaman Bahasa Arab dan Ingggris, kajian studi islam, tahfidz Quran, dan mengadakan seminar yang bekerjasama dengan lembaga lain.

Pondok Pesantren Nurul Huda

Terletak di Jalan Sencaki No. 64, Simokerto, Surabaya, Pondok Pesantren Nurul Huda telah berdiri sejak tanggal 28 Juli 1994. Tak hanya untuk memperdalam ilmu agama islam saja, di pesantren ini juga untuk menanamkan akhlakul karimah sebagai karakter santri Pesantren Nurul Huda.

Di pesantren ini santri juga bisa mengenyam pendidikan formal yang terdapat di kawasan pesantren. Beberapa pendidikan formal yang disediakan pihak pesantren mulai dari RA, MI, SMP, dan SMA.

Untuk mengembangkan ketrampilan para santri, pihak pesantren juga menyediakan beragam kegiatan ekstrakurikuler berbasis agama, seperti seni qori’, tahfiz Quran, latihan khat, dan latihan dai.

Pondok Pesantren Tahfidhul Quran Sunan Giri

Pondok Pesantren Tahfidhul Quran Sunan Giri merupakan pondok pesantren tahfiz di Kota Surabaya yang terletak di Jalan Wonosari Tegal Gang IV, Surabaya. Selain menghafal Al Quran, pesantren juga menyediakan berbagai pendidikan formal, seperti RA, MI, MTs, dan MA.

Selain santri yang mukim yang bisa mengakses beragam pendidikan di wilayah pesantren, masyarakat sekitar juga bisa mengikuti berbagai lembaga pendidikan dan pengajian yang ada di pesantren.

Adanya fasilitas di pesantren juga akan mempermudah santri dalam mengakses berbagai keperluan sehari-harinya. Selain adanya asrama santri putra dan santri putri, pihak pesantren juga menyediakan koperasi pondok, konter, wartel, dan kantor kesehatan.

Untuk mendukung ketrampilan para santri, pihak pesantren juga menyediakan beragam kegiatan ekstrakurikuler yang bisa dipilih santri, seperti kajian kitab kuning, pramuka, marawis, seni bela diri, hingga ketrampilan wirausaha.

Dengan mengetahui daftar nama pondok pesantren di Kota Surabaya dapat menjadi rujukan untuk nyantri sambil menuntut pendidikan formal. Beragam fasilitas dan program bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memilih pesantren yang Anda inginkan.

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kota Surabaya yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel