5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Pangandaran yang Terkenal

Pesantren di Pangandaran

Pangandaran merupakan kabupaten pesisir yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Barat. Penduduknya kebanyakan beretnis Sunda. Total luas wilayahnya sekitar 1.680 km2. Lantas, apa saja daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Pangandaran? Mari simak ulasannya!

Pesantren di Pangandaran


Secara umum, pondok pesantren di Pangandaran menjadi tempat untuk belajar agama bagi masyarakat sekitar. Tidak heran, jika bahasa yang banyak digunakan dalam keseharian di pesantren tersebut adalah Bahasa Sunda.

Pondok pesantren tersebut menyebar di beberapa kecamatan di Pangandaran. Dua di antaranya adalah Kecamatan Padaherang dan Kecamatan Cijulang.

Daftar Pondok Pesantren di Pangandaran


Salah satu pondok pesantren di Pangandaran adalah Pondok Pesantren Kalangsari. Pondok pesantren tersebut adalah pondok pesantren yang usianya sudah lebih dari 90 tahun. Selain pesantren Kalangsari, apa saja pondok pesantren yang ada di Pangandaran? Berikut Anda bisa cermati daftar nama pondok pesantren di Jawa Barat, khususnya Kabupaten Pangandaran berikut ini:

Pondok Pesantren Nurul Bayan

Pondok pesantren Nurul Bayan berdiri pada tahun 1932. Lokasinya berada di Desa Sukajaya, masuk dalam wilayah Kecamatan Cimerak, Pangandaran. Sejak berdiri, baru pada tahun 2009 pesantren ini memiliki payung hukum berbentuk yayasan. Yayasan tersebut diberi nama Yayasan Nurul Bayan.

Tidak hanya memiliki unit pendidikan madrasah diniyyah, Yayasan Nurul Bayan juga mendirikan pendidikan formal RA, SMP, juga SMA. Ini sekaligus menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat dan santri yang belajar di pondok pesantren tersebut pada pendidikan formal.

Menariknya, setiap siswa yang masuk ke dalam unit pendidikan SMP atau SMA, diharuskan tinggal di pesantren. SMP dan SMA Nurul Bayan sama sekali tidak menerima siswa yang tidak berkenan tinggal di pesantren. Ini juga yang menjadi alasan kegiatan pendidikan santri Pondok Pesantren Nurul Bayan lebih terkontrol.

Pesantren Kalangsari Cijulang

Pondok pesantren ini yang disebut-sebut menjadi pondok pesantren tertua di Pangandaran. Pondok pesantren yang mulai ada pada tahun 1928 ini, didirikan oleh KH. Abdul Madjid. Beliau lebih dikenal dengan sebutan Agan Didi di kalangan masyarakat sekitar.

Saat ini, pondok pesantren Kalangsari sudah memiliki yayasan resmi. Nama yayasannya adalah Yayasan Pendidikan Kalangsari. Unit pendidikan formalnya adalah Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, juga Madrasah Aliyah. Ada juga Sekolah Pesantren Luar Biasa yang menaungi anak-anak berkebutuhan khusus di pesantren ini.

Kegiatan di pondok pesantren ini utamanya adalah kajian kitab kuning, sorogan, serta menghapal Al-Qur’an. Menghafal Al-Qur’an dilakukan setelah ashar, juga setelah kajian kitab kuning, sekitar pukul 21.00.

Pondok Pesantren Mambaul Huda

Pondok pesantren ini berada di Desa Sindangwangi, Kecamatan Padaherang. Tidak banyak informasi pondok pesantren ini yang akan Anda dapatkan jika Anda melakukan searching di internet. Tapi, beberapa berita acara mungkin bisa Anda dapatkan berlokasi di pesantren ini.

Termasuk kunjungan yang dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada September 2018 kemarin.

Alumni pondok pesantren ini sudah tersebar di mana-mana. Himpunan alumninya biasa dikenal dengan nama HAMADA. Tidak hanya berkecimpung di dalam pendidikan pesantren, pondok ini juga memiliki KBIH yang membantu dan mengurus masyarakat sekitar untuk melaksanakan ibadah Haji.

Pondok Pesantren Mafatihul Huda

Pondok pesantren ini masuk dalam kawasan Kecamatan Padaherang, tepatnya di Desa Karangpawitan. Tidak hanya pendidikan agama, pondok pesantren ini juga memiliki unit pendidikan formal. Misalnya, SMP Terpadu Mafatihul Huda.

Pondok pesantren ini menampung santri putra dan santri putri seperti pada umumnya. Salah satu komplek dikhususkan untuk santri yang menghafal Al-Qur’an.

Pondok Pesantren Bustanul Arifin

Pondok pesantren ini adalah salah satu pondok pesantren salaf di Pangandaran. Kajian utamanya adalah kajian kitab kuning. Pendidikan dalam bentuk madrasah diniyyah juga diselengarakan. Lokasinya berada di Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar.

Selain pesantren yang disebutkan di atas, sebenarnya masih ada banyak pondok pesantren lain di Pangandaran. Masing-masing pondok pesantren memiliki karakteristik berbeda. Ada yang fokus pada pengajian kitab kuning saja, ada juga yang memiliki jenjang pendidikan formal seperti SMP dan SMA. Salah satunya adalah Pondok Pesantren Babakan Jamanis di kecamatan Parigi.

Karena itu, pastikan Anda memilih pondok pesantren yang sesuai dengan minat Anda. Dan mungkin salah satunya adalah daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Pangadaran seperti yang sudah disebutkan pada ulasan ini.

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Pangandaran yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel