Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8+ Pesantren Terbaik di Pekalongan yang Menjadi Pilihan

Pesantren di Pekalongan


Kabupaten Pekalongan berada di Propinsi Jawa Tengah yang beribu kota Kajen. Kawasan ini sendiri terletak di area pantura yang menghubungkan Jakarta, Semarang dan Surabaya. Salah satu keunggulan daerah adalah daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Pekalongan cukup banyak.

Pesantren di Pekalongan


Sebagian besar pondok pesantren di Pekalongan dibangun megah di lahan yang luas. Ini untuk menampung sarana pendidikan modern yang berfungsi mengembangkan keilmuan santri agar sesuai perkembangan jaman.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Pekalongan


Semua pondok pesantren di Kabupaten Pekalongan menitikberatkan kurikulum pendidikannya pada ilmu agama islam. Sedangkan pembelajaran ilmu umum pendukung saja. Berikut penjelasan daftar ponpes di Jawa Tengah, khususnya yang ada di wilayah Pekalongan dengan kurikulum tersebut:

1. Pesantren At Taufiqy

Pesantren At Taufiqy adalah tempat memperdalam agama islam paling populer di Pekalongan Jawa Tengah. Salah satu alasannya karena kondisi alam pondok asri sehingga santri bisa belajar dengan nyaman.

Hingga saat ini pesantren At Taufiqy masih mengusung pendidikan islam berbasis tradisional (salafi). Maka dari itu, dari sana diharapkan lahir ulama kharismatik pembimbing umat ke jalan yang lurus.
Pendidikan formal di pondok At Taufiqy hanya satu yaitu Madrasah diniyah.

Sekalipun begitu, eskul yang diusung banyak salah satunya pendidikan jurnalistik dan kewirausahaan. Pondok yang juga mengajarkan kasidah dan diskusi ilmiah ini berada di Rowokembu Kaum, Wonopringgo, Pekalongan Jawa Tengah.

2. Ponpes Al Quran Pekalongan

Pondok pesantren Al Quran Pekalongan adalah ponpes modern yang siap mencetak santri berwawasan religius dan kebangsaan yang cekatan dan berbakat. Oleh karena itu fasilitas pondok dipersiapkan demi mempermudah aktualisasi pendidikan berbasis islam dan sains.

Pondok pesantren yang berdiri tahun 1975 ini memiliki gedung serbaguna yang digunakan untuk seminar, diklat, workshop dan lain-lain. Rumah sakit pun disediakan untuk santri dan masyarakat Pekalongan.

Sasaran kurikulum pondok Al Quran adalah pendalaman Ulumul Quran. Di dalamnya ada program Tahfidz, Qiroah, Tafsir, Tarikh dan masih banyak yang lainnya. Maka dari itu, jika ingin memiliki putra-putri berjiwa qurani datangi saja Jl. Pelita II Bumirejo Pekalongan Bar Kabupaten Pekalongan.

3. Pondok Pesantren Nurul Huda Banat

Ponpes Nurul Huda banat adalah pondok ternama di Kabupaten Pekalongan yang berdiri tahun 1985. Hingga kini ada 4 lembaga formal yaitu RA, MI, MTS dan Aliyah. Karena kaderisasinya bagus maka lulusan pondok pesantren memiliki pemahaman agama yang bermutu.

Fasilitas pondok memang masih standar. Cuma ada tambahan perpustakaan dan koperasi pondok yang dikelola santri. Sekalipun begitu, pondok berlantai tiga ini tidak pernah kehilangan aspirasi untuk melahirkan program baru.

Bahkan di sini ada aktifitas ziarah makam dan pembacaan Sholawat Ad Diba’i setiap malam jumat. Pondok pesantren yang megah ini berada di anjung, Simbang Kulon, Kec. Buaran, Kota Pekalongan.

4. Ponpes Sabilul Muktar

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Pekalongan yang ke empat adalah ponpes Sabilul Muktar. Lembaga islam Nahdhatul Ulama (NU) yang siap mencetak generasi nahdiyin berbakat dan beradap. Pondok pesantren sering dijadikan tempat acara besar NU. Salah satunya rakor antar pesantren NU se kabupaten Pekalongan yang dilaksanakan tanggal 12 November 2019 lalu.

Pondok pesantren Sabilul Muktar adalah pondok gabungan salaf dengan metode khalaf. Maksudnya sistem pendidikan yang diampu menggunakan model tradisional dan modern. Oleh sebab itu, diharapkan lulusannya tidak hanya berkeimanan tetapi juga mumpuni di segala ilmu. Pondok pesantren NU Sabilul Muktar dibangun di Gending, Rowokembu, Wonopringgo, Pekalongan.

5. Pondok Pesantren Mambaul Huda

Pondok Pesantren Mambaul Huda adalah lembaga pendidik anak-anak hafal Al Quran. Pada tahun 1990 dibangun madrasah diniyah pertama yang juga mengajarkan fikih, tauhid dan akhlak. Hingga saat ini ada 3 lembaga formal yaitu RA muslimat, MI Walisongo dan SMP NU. Semuanya mengusung visi mencetak santri cinta ilmu dan suka beramal sholeh.

Fasilitas pondok sangat luar biasa. Selain perpustakaan dan klinik kesehatan, juga dibangun koperasi santri dan laboratorium komputer. Semua dipersiapkan untuk mendidik santri agar memiliki kemampuan dan bakat yang bisa dimanfaatkan saat terjun di masyarakat.

Pondok pesantren yang berada di bawah naungan yayasan Al Mukarromah ini berada di Desa Pajomblangan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan.

6. Pondok Pesantren PDF Walindo Siti Zaenab

Informasi lainnya terkait dengan daftar pondok pesantren terbaik di Pekalongan ialah PonPes PDF PDF Walindo Siti Zaenab Manbaul Falah Kyai Parak Bambu Runcing IV berbaur yang beralamatkan di Jalan Gusdur No.1, Boyo Tlk., Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Dimana PonPes ini sendiri berbasis PDF (Pendidikan Diniyah Formal) yang bisa dikatakan setara dengan adanya lulusan sekolah formal pada umumnya namun dengan kuota pembelajaran 80% agama dan 20% materi umum.

7. Pondok Pesantren Al Hasyimi

Pondok Pesantren Al Hasyimi bisa dikatakan sebagai salah satu rekomendasi PonPes terbaik di Pekalongan dimana alamatnya berada di Brajan Wetan, Salakbrojo, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Dimana untuk para gurunya yang mengajar urusan kesanatannya tidak di ragukan lagi.. Di tambah lingkungan yang penuh dengan kerja sama akan tujuan.

8. Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Proto

Informasi tentang adanya Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Proto bisa jadi menjadi salah satu PonPes terbaik di Pekalongan dengan alamatnya berada di Karangasem, Proto, Kec. Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah. Pondok pesantren ini juga berfokus pada penghafalan Al-Qur'an atau dikenal dengan Tahfidzul Qur'an.

Jika berminat mondok di Pekalongan, silakan simak daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Pekalongan yang dijelaskan di atas. Solusi cocok untuk wali santri yang bingung mencari lembaga islam berkualitas.

Posting Komentar untuk "8+ Pesantren Terbaik di Pekalongan yang Menjadi Pilihan"