Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Banjarnegara yang Menjadi Pilihan

Pesantren di Banjarnegara

Kabupaten Banjarnegara merupakan salah satu wilayah kabupaten yang berdialek Banyumasan. Dimana untuk secara faktanya luas daerah Kabupaten ini sekitar 1.000 km2 saja. Jumlah penduduknya, sekitar 900.000 jiwa. Dengan luas dan jumlah penduduk tersebut, kepadatan penduduk diperkirakan sekitar 85 jiwa per km2.

Pesantren di Banjarnegera


Dialek Banyumasan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pondok pesantren di daerah Banjarnegara. Sebab, umumnya pondok pesantren tumbuh karena respon positif masyarakat setempat terhadap dakwah yang dilakukan.

Daftar Pondok Pesantren di Banjarnegara


Berikut ini adalah daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Banjarnegara. Namun begitu, hanya akan ada beberapa pondok pesantren yang akan disebutkan. Tentu, mengingat jumlah pondok pesantren di Banjarnegara hampir menyentuh angka 100 pondok.

1. Pondok Pesantren Qomarul Huda

Alamat Pondok Pesantren Qomarul Huda adalah Jalan Pabrian nomor 29. Pondok pesantren yang ada di Desa Purworejo, Kecamatan Purworejo Klampok ini menjadikan kitab kuning sebagai bahan kajian sehari-hari. Kitab itu menjadi bahan diskusi yang biasa dibahas dalam forum bahtsul masail.

Tidak hanya mengkaji, bahkan pesantren ini juga mewajibkan santrinya menghafal kitab kuning tertentu.

Umumnya santri pondok pesantren ini juga menjadi siswa di sekolah formal sekitar pesantren. Karena itu, santri di pesantren ini ada yang masih menempuh jenjang tingkat SMP, ada juga yang sudah menempuh jenjang tingkat SMA.

2. Pondok Pesantren Al Fatah

Pondok pesantren ini telah memiliki yayasan sendiri. Nama yayasan tersebut adalah Yayasan Al Fatah. Pendidikan formal yang dinaungi yayasan tersebut cukup banyak, mulai dari PAUD hingga perguruan tinggi.

Menariknya, unit pendidikan tersebut banyak yang memiliki progam khusus. Misalnya, PAUD berbasis Al-Qur’an, dan MTs Tahfidz.

Kajian utama pesantren ini adalah kitab kuning. Beberapa kitab yang dikaji adalah Kitab Fathul Mu’in serta Ihya’ Ulumiddin.

Tidak hanya menjadi tempat mengkaji kitab kuning, pesantren ini juga menjadi tempat santri menghafal Al-Qur’an. Alamat pesantren ini adalah Jalan Letan Jenderal S Parman KM 3, Desa Parakancanggah, Kecamatan Banjarnegara.

3. Pondok Pesantren Tanbihul Ghofilin

Satu di antara pondok pesantren di Banjarnegara yang mengkaji kitab kuning adalah Pondok Pesantren Tanbihul Ghofilin. Berdiri pada tahun 1960, pondok pesantren ini ada di Desa Mantrianom, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara.

Pendidikan agama di dalam pondok pesantren tersebut disusun sesuai dengan kurikulum madrasah diniyyah. Dengan begitu, tingkatan belajar serta materi-materi agama yang diajarkan, akan tertata dengan baik.

Tidak hanya belajar agama, santri yang mondok di pesantren ini juga bisa mengikuti progam tahfidz atau progam menghafal Al-Qur’an. Santri juga bisa mengikuti pendidikan formal pada umumnya. Sebab, ada beberapa pendidikan formal yang juga dimiliki oleh pondok pesantren ini. Pendidikan formal tersebut adalah:
  1. Madrasah Tsanawiyah
  2. Madrasah Aliyah
  3. Serta Sekolah Tinggi Agama Islam atau STAI
4. Pondok Pesantren Darunnajah

Pondok pesantren ini terletak di Desa Banjarkulon, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara. Selain mengkaji kitab kuning, santri di pondok pesantren ini juga menempuh pendidikan formal sesuai umurnya mereka masing-masing.

Pondok Pesantren Darunnajah sudah memiliki pendidikan formal sendiri, yakni SMP Islam Darunnajah serta SMK Darunnajah.

Pendidikan formal ini yang membuat Pesantren Darunnajah tergolong pesantren yang tidak murni salaf, melainkan sudah bercampur modern. Hal semacam ini tergolong lumrah dilakukan oleh banyak pesantren untuk tetap menarik minat santri masuk pesantren.

5. Pondok Pesantren Andalusia

Informasi selanjutnya yang menjadi tempat mondok terbaik di Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah ialah PonPes Andalusia dimana alamatnya sendiri berada di Desa Sokanandi, Kecamatan Banjarnegara, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah bagi kalian yang mau mondok disini bisa langsung bertanya pada nomor telphon (0286) 595295.

Pastinya salah satu rekomendasi dari rewiew pengunjung pondok pesantren ini memiliki visi dan misi yang sangat bagus, bahkan untuk okasi bagus dan nyaman buat belajar dengan fasilitas lengkap, kantin bersih, dekat dengan lapangan buat olahraga siswa.

Selain pondok pesantren di atas, cukup sulit menemukan data terkait dengan pondok pesantren di Kabupaten Banjarnegara. Pasalnya, tidak semua pondok pesantren memiliki website dan diulas secara detail melalui media internet.

Satu-satunya data adalah data yang ada di kemenag. Itu pun datanya terbatas pada data penting seperti alamat saja.

Mengapa? Karena rata-rata keberadaan pondok pesantren diketahui dari mulut ke mulut saja. Santri yang mengenyam pendidikan di pesantren pun sering karena mendapat rekomendasi dari orang dekat.

Itu sebabnya, selain membaca daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Banjarnegara di atas, sangat disarankan Anda tetap mencari referensi dari sanak atau orang-orang yang Anda kenal.

4 komentar untuk "5+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Banjarnegara yang Menjadi Pilihan"

Anonim 4 November 2022 pukul 16.23 Hapus Komentar
Di Banjarnegara masih banyak pondok yang sangat recommended tapi sayangnya tidak di publikasikan ...mungkin si admin kurang tau ...
Anonim 4 November 2022 pukul 16.24 Hapus Komentar
Kenapa cuma 4 saja, padahal pondok di Banjarnegara banyak lho ...admin tidak update deh
Admin 6 Desember 2022 pukul 17.42 Hapus Komentar
Maaf kak, kami akan berusaha untuk upadate ya karena keterbatasan informasi kak :)
Admin 6 Desember 2022 pukul 17.42 Hapus Komentar
Sudah ada 5 kak untuk kami tulisan di Kabupaten Banjarnegara. Semoga membantu ya