5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Purworejo Yang Terbaik

Pesantren di Purworejo

Kabupaten Purworejo memiliki cukup banyak pondok pesantren. Setidaknya, ada lebih dari 100 buah pondok pesantren yang bisa ditemukan di kabupaten dengan penduduk 948 ribu jiwa per tahun 2010 lalu.

Banyaknya pondok pesantren yang tumbuh di Jawa Tengah, khususnya kabupaten ini, tidak lepas dari bagaimana antusias masyarakat untuk menimba ilmu agama.

Pondok Pesantren di Purworejo


Pondok pesantren di Purworejo tidak semuanya merupakan pondok pesantren baru. Beberapa pondok pesantren sudah berdiri berdiri sejak tahun 1900-an. Satu di antara pondok pesantren yang cukup tua di Purworejo adalah Pondok Pesantren Al Iman. Pondok pesantren tersebut terletak di Desa Bulus.

Daftar Pondok Pesantren di Purworejo


Berikut ini adalah daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Purworejo. Memang, tidak akan diulas seluruhnya pondok pesantren di Purworejo. Tentu saja karena banyaknya pondok pesantren jika harus seluruhnya diulas.

Pondok Pesantren Sunan Geseng

Pondok pesantren ini bersinergi dengan pondok pesantren Al-Qur’an. Karena itu, fokus utama pondok pesantren ini juga mengarah pada hafalan Al-Qur’an. Pengasuhnya bernama Ahmad Nur Kholis. Meski demikian, pengajian kitab kuning juga tetap diadakan.

Artinya, meski santri fokus menghafal Al-Qur’an, pengetahuan tentang kitab kuning juga tetap dibekalkan kepada mereka.

Pondok pesantren ini memiliki pendidikan formal SMP Assyafiiyah. Karena itu, santri di pondok pesantren ini tetap bisa mengenyam pendidikan formal selain menghafal Al-Qur’an. Anda bisa datang mengunjungi pondok pesantren ini di RT 3 RW 2, Desa Bongkot, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo.

Pondok Pesantren Al Iman

Lokasi pondok pesantren ini ada di Dusun Cikalan, Desa Bulus, Kecamatan Gebang, Purworejo, berada di tengah pemukiman warga. Kajian utama di pondok pesantren ini adalah kajian kitab salaf. Jika Anda datang ke sana, Anda pasti akan melihat santri yang membawa kitab kuning untuk mereka kaji.

Di antara kitab yang dikaji adalah kitab nahwu, kitab shorof, juga kitab fiqih. Kitab hadist semacam Kitab Shohih Bukhari dan Kitab Shohih Muslim juga dikaji. Demikian juga dengan Kitab Tasawwuf Ihya’ Ulumiddin. Selain pengajian kitab kuning, pendidikan non formal yang ada di pesantren tersebut adalah madrasah diniyyah.

Pondok Pesantren An Nawawi

Lokasi pondok pesantren ini ada di Dusun Berjan, Desan Gintungan, Kecamatan Gebang. Berdiri pada tahun 1870, pondok pesantren ini dulu bernama Mafatihul Ulum. Kemudian, tahun 1965, namanya berganti lagi menjadi Roudlotut Thullab. Namun, pada tahun 1966, nama pondok pesantren ini kembali diganti menjadi An Nawawi dan digunakan hingga sekarang.

Pendidikan formal juga dimiliki, mulai pendidikan setingkat SMP hingga perguruan tinggi. Madrasah diniyyah yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren An Nawawi memiliki tiga jenjang. Tiga jenjang tersebut adalah:

  1. Madrasah diniyyah awwaliyah
  2. Madrasah diniyyah wustha
  3. Juga madrasah diniyyah ulya.


Pondok Pesantren As-Sunan

Lokasi pondok pesantren ini ada di Desa Joso, Kecamatan ngombol, Purworejo. Target pembelajarannya difokuskan pada menghafal dan mempelajari ilmu Al-Qur’an serta hadits. Namun begitu, memahami kitab kuning juga menjadi bagian yang ditekankan dalam pembelajaran di pondok pesantren ini. Karena itu, pondok pesantren ini membentuk madrasah diniyyah.

Bagaimana dengan pendidikan formalnya? Tidak ada pendidikan formal yang dinaungi pondok pesantren ini. Santri di Pondok Pesantren As-Sunan ini mengenyam pendidikan formal di sekolah sekitar pesantren.

Pondok Pesantren Ash Shiddiqiyyah Purworejo

Berdiri pada tahun 2000, pondok pesantren ini dibangun di Dusun Berjan, Desan Gintungan, Kecamatan Gebang, Purworejo. Sebagai salah satu pondok pesantren modern, yayasan pondok pesantren ini memiliki ragam pendidikan formal. Apa saja pendidikan formal itu?

  1. TK Islam Terpadu
  2. RA Unggulan
  3. SD Islam Terpadu
  4. Madrasah Ibtidaiyah unggulan
  5. SMP Terpadu
  6. SMK Terpadu
  7. Madrasah Aliyah


Anda bisa memilih salah satu pondok pesantren di atas yang menurut Anda paling mampu mewujudkan cita-cita anak Anda.

Masing-masing karakter pondok pesantren tersebut berbeda. Demikian juga dengan pendidikan formal dan non formal di dalamnya. Karena itu, selektif dan berpikir matang perlu Anda lakukan untuk memilih satu di antara daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Purworejo di atas.

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Purworejo Yang Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel