10 Pondok Pesantren di Kabupaten Gayo Lues yang Bagus

Pesantren di Kabupaten Gayo Lues

Istilah pondok pesantren pasti tidak asing lagi didengar oleh banyak kalangan di masyarakat. Pada dasarnya pondok pesantren adalah suatu lembaga pendidikan islam yang memiliki sejumlah santri dimana tinggal dalam asrama pesantren sekaligus untuk belajar bersama dibawah bimbingan satu orang guru atau lebih.

Dimasa sekarang ini justru lembaga pendidikan islam seperti pesantren lebih diminati para orangtua. Hal ini karena mereka menginginkan anak-anaknya bisa memiliki karakter dan tingkat keimanan yang baik. Bahkan pondok pesantren sendiri sudah tersebar diseluruh daerah nusantara, salah satunya yaitu ada di Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh. 

Pesantren di Kabupaten Gayo Lues

Daerah Gayo Lues memang dikenal sebagai daerah yang mementingkan pendidikan agama bagi warga sekitarnya. Oleh karena itu pesantren yang ada di Gayo Lues selalu menanamkan pendidikan-pendidikan baik untuk para santriawan dan santriwatinya.

Bahkan di Kabupaten Gayo Lues sendiri sudah ada ide pembuatan pesantren tingkat tinggi, bagi para mahasiswa dan lahan pesantren sudah mulai disiapkan. 

Daftar Nama Pesantren di Kabupaten Gayo Lues

Beberapa daftar pondok pesantren yang ada di Aceh, khususnya Kabupaten Gayo Lues yaitu;

1. Darul Mukhlisin Al Waliyah

Pondok Pesantren Darul Mukhlisin Al Waliyah didirikan pada tahun 2000an, tepatnya pada tahun 2004. Pondok Pesantren ini alamat berada di Kp. Pasir. Ditahun 2020 pesantren ini menerima sekitar 108 santri, sedangkan jumlah ustadz atau pengajarnya yaitu ada 7 orang. 

2. Madinatuddiniyah Babul Ulumuddin

Pondok pesantren kedua yang ada di Gayo Lues adalah Pondok Pesantren Madinatuddiniyah Babul Ulumuddin. Lokasi ponpes ini yaitu berada di Kp. Buntul Musara. Jumlah santri yang ada di pesantren ini yaitu ada sekitar 127 santri, sedangkan jumlah ustadz ada 7 orang. 

3. Bustanul Manawarah

Pondok Pesantren Bustanul Manawarah letaknya berada di Kp. Perlak. Pesantren Bustanul Munawarah ini memiliki jumlah santri 163 orang. Sedangkan para pengajarnya sendiri yaitu ada 9 orang. 

4. Pps. Ruhul A`zham

Berikutnya yaitu ada Pondok Pesantren Pps. Ruhul A`zham. Alamat pondok pesantren ini yaitu berada di Dusun Gunyak Kampung Persiapan Sentang Blang Kejeren Gayo Lues. Jumlah santri di pesantren ini yaitu ada 131 santri dengan 8 orang ustadz. 

5. Yayasan Dayah Tahfidzul Qur`an Muhammad Sabil 

Alamat Pondok Pesantren Yayasan Dayah Tahfidzul Qur`an Muhammad Sabil yaitu berada di Jalan Blangsere. Jumlah santri yang ada di ponpes ini yaitu ada sekitar 109 santri dan jumlah ustadznya ada sekitar 7 orang. 

6. Bunayya

Pondok Pesantren Bunayya juga termasuk pesantren yang ada di Gayo Lues yang alamatnya lengkapnya berada di Jalan Kutacane - Blangkejeren, Kampung Gele 24653. Pondok pesantren ini mempunyai santri sejumlah 151 orang dan jumlah ustadznya ada sekitar 9 orang. 

7. Miftahussalamah

Pondok Pesantren Miftahussalamah letaknya ada di Dusun Arul Bako Desa Rikit Gaib. Jumlah santri yang ada di pondok pesantren Miftahussalamah yaitu ada 51 santri sedangkan jumlah ustadz ada 6 orang. 

8. Shalahuddiin Al-Munawwarah 

Pondok Pesantren selanjutnya yaitu Shalahuddiin Al-Munawwarah. Alamat lengkap pondok pesantren ini yaitu ada di Jalan. H.M. Idris Darga No. 01 Kp. Bustanussalam. Pesantren ini sudah didirikan sejak tahun 1994 dengan jumlah ustadz 32 orang.

Visi dari pesantren ini yaitu menjadi tempat ibadah, tempat mencari ilmu sumber pengetahuan Islam maupun ilmu pengetahuan lainnya dengan berlandaskan jiwa untuk mencari ridho Allah.

Sedangkan salah satu misinya yaitu membentuk kepribadian ummat yang unggul dan berbudi tinggi, berkwalitas, berbadan sehat, berpengetahuan luas dan berpikiran islami serta berkidmat kepada masyarakat. 

9. Darul Makmur Gunung Louser

Pondok Pesantren Darul Makmur Gunung Louser, berlokasi di Jalan Kongbur -Cintamaju, Blangpegayon. Jumlah santri yang ada dipesantren ini yaitu 117 santri dengan 7 orang ustadz. 

10. Safinatussalamah

Pesantren terakhir yang ada di Sumatra, khususnya Kabupaten Gayo Lues ialah Pondok Pesantren Safinatussalamah. Alamat ponpes ini yaitu berada di Jalan Blangkejeren Kutacane Km 65 Kampung Pintu Gayo. Pesantren Safinatussalamah mempunyai jumlah santri 195 orang dengan 15 orang ustadz.

Itulah tadi tulisan yang bisa diuraikan tentang daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Gayo Lues yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel