Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Lombok Utara yang Bagus

 

Pesantren di Lombok Utara

Provinsi Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu provinsi di negara Indonesia yang memiliki alam begitu elok nan indah. Provinsi ini juga terdiri dari beberapa kabupaten, salah satunya adalah kabupaten Lombok Utara. 

Diketahui bahwa kabupaten Lombok Utara merupakan kabupapten paling muda di provinsi Nusa Tenggara Barat. Selain itu, kabupaten ini juga dikenal dengan beberap objek destinasi wisata yang mempesona seperti Gili Trawangan, Air Terjun Sendang Gila, Danau Segara Anak dan sebagainya. 

Pesantren di Lombok Utara

Kabupaten Lombok Utara diketahui telah memiliki 24 bangunan pesantren yang digunakan sebagai lembaga pendidikan agama islam untuk mendidika generasi muda agar menjadi pemimpin dan manusia yang berakhlak mulia dan bermanfaat bagi banyak orang.

Selain itu pesantren yang ada dikabupaten Lombok Utara ini juga tersebar ke beberapa kecamatan seperti di kecamatan Pemenang, Tanjung, Gangga, Bayan, dan lain-lain. 

Daftar Pesantren di Kabupaten Lombok Utara

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren di kabupaten Lombok Utara adalah : 

1. Mu'adz Bin Jabal 

Pondok Pesantren Mu'adz Bin Jabal berdiri pada tahun 2014. Pondok Pesantren Mu'adz Bin Jabal beralamat di Terengan Tanak Ampar Desa Pemenang Timur 83352. Jumlah santri yang menimba ilmu di ponpes ini yaitu ada sekitar 44 orang dengan 6 ustadz yang membimbing. 

2. Nurul Yaqin

Pondok Pesantren Nurul Yaqin beralamat di Jln. Raya Senggigi - Pemenang, Dusun Pandanan, Desa Malaka. Pesantren ini memiliki jumlah santri sebanyak 107 orang dengan 8 guru yang mengajar. 

3. Nurul Bayan 

Pondok Pesantren Nurul Bayan beralamat di Jalan Tanjung Bayan Km.40 Dsn. Lendang Mamben. Jumlah santri yang belajar di ponpes ini yaitu mencapai ratusan orang atau sekitar 459 orang. Sedangkan jumlah guru yang mengajar yaitu ada sebanyak 24 orang.  

4. Hidayaturrahman Nw Menggala 

Pondok Pesantren Hidayaturrahman Nw Menggala beralamat di Jln. Raya Pemenang Tanjung. Ponpes Hidayaturrahman Nw Menggala ini memiliki 473 santri yang belajar di ponpes tersebut. Sedangkan jumlah ustadz yang mengajar ada sebanyak 25 orang. 

5. Isti`Daduddarain Orong Ramput

Pondok Pesantren Isti`Daduddarain Orong Ramput beralamat di Orong Ramput Medana Tanjung Kab. Lombok Utara. Jumlah santri yang belajar di pesantren Isti Daduddarain Orong Rambut yaitu mencapai 412 orang. Sedangkan jumlah tenaga pendidiknya ada sebanyak 21 orang. 

6. Al Ikhwan Sesait

Pondok Pesantren Al Ikhwan Sesait beralamat di Jalan Raya Santong Km5 Sumur Pande Lauk Rt02/Rw01 Desa Sesait. Pesantren ini diketahui telah memiliki santri sebanyak 194 orang dengan 14 ustadz yang membimbing. 

7. Nurul Jihad Sambik Jengkel

Pondok Pesantren Nurul Jihad Sambik Jengkel beralamat di Jl.Jurusan Sambik Jengkel Barat Desa Selengen. Ponpes Nurul, Jihad Sambik Jengkel memiliki 148 santri yang belajar di ponpes tersebut. Sedangkan jumlah guru yang mengajar yaitu ada sekitar 11 orang. 

8. Al Jariyah Nw San Baro

Pondok Pesantren Al Jariyah Nw San Baro beralamat di Jl. Raya Bentek San Baro Desa Bentek. Santri yang menempuh pendidikan di pesantren ini jumlahnya mencapai 109 orang. Sedangkan tenaga pendidiknya ada sekitar 8 orang. 

9. Hidayatul Muttaqin Nw Dangiang

Pondok Pesantren Hidayatul Muttaqin Nw Dangiang beralamat di Dusun Dangiang Timur. Ponpes yang satu ini diketahui telah memiliki santri dengan jumlah sebanyak 182 orang. Sedangkan untuk pengajarnya sendiri ada sekitar 12 orang. 

10. Tarbiyatul Islamiyah

Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah berdiri pada tahun 2002. Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah beralamat di Jl. Latsitarda Iv Kopang Medana. Pesantren ini memiliki 215 santri yang menempuh pendidikan disana, sedangkan jumlah tenaga pengajarnya ada sekitar 14 orang.

Itulah saja informasi yang bisa kami bagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Semoga saja bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Lombok Utara yang Bagus"