Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Pondok Pesantren di Kabupaten Aceh Utara yang Bagus

Pesantren di Aceh Utara

Kabupaten Aceh Utara merupakan salah satu kabupaten di provinsi Aceh yang disebut sebagai kawasan padat industri. Salah satu bentuk industri terbesar yang ada di kabupaten Aceh utara ini yaitu industri pengolahan gas alam cair PT. Arun LNG di Lhokseumawe yang telah berdiri sejak tahun 1974. 

Selain dikenal sebagai daerah yang produktif dalam bidang industri, kabupaten Aceh Utara ini juga memiliki sejumlah lembaga pendidikan keagamaan yang sangat baik seperti pondok pesantren. Beberapa pesantren yang ada di Aceh Utara memiliki kualitas masing – masing yang dapat mencetak generasi muda memiliki kemampuan unggul beserta pemahaman agama yang baik. 

Pesantren di Aceh Utara

Pesantren di Kabupaten Aceh Utara ini tersebar ke beberapa daerah. Biasanya para santri yang masuk atau mendaftar di pesantren kabupaten Aceh Utara ini berasal dari warga asli Aceh Utara maupun orang yang asalnya dari luar Aceh Utara.

Selain itu pondok pesantren di Aceh Utara ini juga menerapkan sistem pendidikan yang terpadu yaitu mengkombinasikan pendidikan umum dengan pendidikan agama. 

Daftar Pesantren di Kabupaten Aceh Utara

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar pesantrn di Kabupaten Aceh Utara adalah :

1. Dayah Terpadu Madinatuddinyah Jabal Nur 

Daftar nama pondok pesantren pertama yang ada di Kabupaten Aceh Utara yaitu Pondok Pesantren Dayah Terpadu Madinatuddinyah Jabal Nur. Alamat ponpes ini berada di Jalan. Masjid No. 2.

Setiap tahunnya pondok pesantren Dayah Terpadu Madinatuddinyah Jabal Nur selalu membuka pendaftaran baru bagi para calon santri yang ingin mendaftar. Beberapa syarat umum yang biasanya digunakan oleh pesantren ini yaitu calon santri perlu mengambil formulir terlebih dahulu untuk mendaftarkan dirinya, setelah itu perlu disiapkan pas foto ukuran 3 x 4 dan akan ada tes yang diujikan. 

2. Ma'had Tahfizh Raudhatul Qur'an 

Pondok Pesantren Ma'had Tahfizh Raudhatul Qur'an lokasinya berada di Jalan. Medan-B. Aceh Keude Alue Ie Puteh No. 50.

3. Al-Muttaqin

Selanjutnya yaitu ada Pondok Pesantren Al-Muttaqin. Pesantren ini berada di Meunasah Kulam Kecamatan Kuta Makmur Kab. Aceh Utara Aceh.

4. Dayah Jamalul Huda

Alamat Pondok Pesantren Dayah Jamalul Huda yaitu ada di Desa Ceumeucet.

5. Darul Ulum

Lokasi Pondok Pesantren Darul Ulum yaitu berada di Cot Plieng Kec. Syamtalira Bayu Aceh Utara.

6. Takwinul Mumtazi

Pondok Pesantren Takwinul Mumtazi merupakan ponpes di Kabupaten Aceh Utara yang alamatnya berada di jalan medan - Banda Aceh / Matang Bayu Kec. Baktiya Barat Aceh Utara.

7. Pondok Pesantren Nurul Fata

Pondok Pesantren Pondok Pesantren Nurul Fata lokaisnya berada di Gampong Lhok Bintang Hu Kec. Tanah Jambo Aye Kab. Aceh Utara.

8. Nasrul Muta'allimin

Ponpes Nasrul Muta'allimin juga merupakan salah satu daftar pesantren di Kabupaten Aceh Utara yang alamat lengkapnya berada di Ulee Madon Kec. Muara Batu Ka. Aceh Utara.

9. Darul Muta'allimin

Alamat Pondok Pesantren Darul Muta'allimin yaitu berada di Krueng Mate, Kec. Samudera Aceh Utara. Ponpes Darul Muta’allimin pada dasarnya sudah didirikan sejak tahun 1983. Awal mulanya pesantren ini menerapkan sistem pondok pasantren tradisional murni.

Hingga pada akhirnya, mengikuti perkembangan zaman, maka pesantren darul muta’allimin mengubah kurikulumnya menjadi kurikulum terpadu yang mengabungkan pendidikan pengetahuan umum dengan pendidikan agama.

Dalam pesantren ini lebih ditekankan pembelajaran kitab kuning agar santri dapat menggali ilmu agama melalui sumber aslinya. 

10. Darul Falah

Pondok Pesantren Darul Falah merupakan ponpes yang lokasinya berada di Paloh Igeuh Kecamatan Dewantara Aceh Utara.

Itulah saja informasi yang bisa diberikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Aceh Utara.

Posting Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Aceh Utara yang Bagus"