10 Pondok Pesantren di Kabupaten Aceh Barat Daya yang Bagus

Pesantren di Aceh Barat Daya

Kabupaten Aceh Barat Daya atau sering disingkat menjadi Abdya ini merupakan daerah kabupaten dari hasil pemerkaran kabupaten Aceh Selatan. Masyarakat yang ada di kabupaten Aceh Barat Daya terdiri dari beberapa suku yaitu suku Aceh, suku aneuk jamee, dan berbagai suku lainnya yang berasal dari pendatang luar daerah. 

Pada kabupaten Aceh Barat Daya ini terdapat beberapa kegiatan ekonomi maupun pendidikan. Salah satu kegiatan ekonominya yaitu industri dan pertambangan. Sedangkan bidang pendidikan yaitu adanya sekolah, univeristas, dan pondok pesantren yang semakin berkembang dengan baik. 

Pesantren di Aceh Barat Daya

Pesantren di Aceh, khususnya kabupaten Aceh Barat Daya ini umumnya memiliki visi untuk mendidik generasi agar mempunyai keteguhan iman, berpengetahuan, berilmu, beramal shaleh dan berakhlak mulia.

Sehingga masing-masing pesantren yang ada di kabupaten Aceh Barat Daya ini melakukan misi dengan program yang sudah dirancang dengan baik diantaranya seperti meningkatkan potensi umat dalam berbagai aspek kehidupan, pengembangan iman dan takwa serta lain sebagainya. 

Daftar Pesantren di Kabupaten Aceh Barat Daya

Pesantren yang ada di Sumatra, terkhusus Kabupaten Aceh Barat Daya tersebar ke beberapa daerah mulai dari kota hingga pelosok. Berikut dibawah ini yang termasuk daftar pesantren di Kabupaten Aceh Barat Daya adalah :

1. Istiqamatuddin Ulil Albah

Pondok Pesantren Istiqamatuddin Ulil Albah merupakan salah satu contoh pesantren di Kabupaten Aceh Barat Daya yang alamatnya berada di Lamkuta.

2. Raudhatul Munawwarah 

Pondok Pesantren Raudhatul Munawwarah ini lokaisnya berada di Pante Pirak. Jumlah santri yang ada di pesantren ini yaitu ada 65 santri dengan 6 orang ustadz. 

3. Madinatuddiniyah Darul Halim

Alamat Pondok Pesantren Madinatuddiniyah Darul Halim yaitu berada di Dusun Jambeeree. Jumlah santri yang ada di pondok pesantren ini yaitu ada 122 santri sedangkan jumlah ustadz atau pengajar yaitu ada 7 orang. 

4. Miftahul Wustha

Berikutnya yaitu ada Pondok Pesantren Miftahul Wustha. Pesantren ini lokasinya berada di Alue Jambee, Gunung Samarinda. Jumlah santri di pondok pesantren Miftahul Wustha yaitu ada 150 santri. Sedangkan jumlah ustadz ada 8 orang. 

5. Budi Ihsan

Pondok Pesantren Budi Ihsan juga termasuk ponpes yang berdiri di Kabupaten Aceh Barat Daya dan letaknya ada di Pantee Pirak.

6. Jannatussalam 

Pondok Pesantren Jannatussalam merupakan pesantren di Aceh Barat Daya yang alamatnya ada di Jalan. Nasional . Dusun Jeympa Utara.

7. Darul Istiqamah 

Pesantren di Kabupaten Aceh Barat Daya yang berikutnya yaitu Pondok Pesantren Darul Istiqamah. Alamat Pondok Pesantren Darul Istiqamah ini yaitu ada di Drien Beureumbang, Krueng Batee. Jumlah santri yang ada dipesantren ini yaitu ada 186 santri, sedangkan jumlah pengajarnya ada 12 orang. 

8. Puskiyai Aceh 

Pondok Pesantren Puskiyai Aceh alamatnya yaitu berada di Kuta Makmur,Jeumpa. Santri yang ada di pesantren ini yaitu ada 71 santri sedangkan jumlah pengajarnya ada 6 orang. 

9. Madinatuddiniyah Dayah Al-Mujahidin

Alamat Pondok Pesantren Madinatuddiniyah Dayah Al-Mujahidin yaitu berada di Kuta Makmur,Jeumpa. Jumlah santrinya yaitu ada sekitar 84 santri, sedangkan jumlah ustadz ada 6 orang. 

10. Asasussalam Al-waliyyah

Daftar nama pondok pesantren terakhir yang ada di Kabupaten Aceh Barat Daya adalah Pondok Pesantren Asasussalam Al-waliyyah. Alamat pondok pesantren ini yaitu berada di Gampong Ladang Tuha I. Pesantren Asasussalam Al-Waliyyah memiliki jumlah santri 110 santri dan ustadz berjumlah 8 orang.

Itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Aceh Barat Daya yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel