Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Pondok Pesantren di Aceh Barat yang Bagus

Melihat perubahan zaman yang semakin maju dan berkembang seperti sekarang ini, tentu membuat para orangtua merasa resah dan bingung untuk mendidik anaknya agar tidak terpengaruh dalam pergaulan yang salah. Salah satu penanaman Iman dan pendidikan agama merupakan hal yang penting dizaman sekarang ini. 

Karena dengan agama dan iman yang kuat, maka seseorang tidak akan dengan mudah masuk dalam lingkungan yang buruk. Oleh sebab itulah penting bagi orang tua, khususnya yang berada di Kabupatan Aceh Barat, Provinsi Aceh mengetahui mana saja terkait nama pesantrean di wilayah tersebut.

Pesantren di Aceh Barat

Kabupaten Aceh Barat mempunyai  luas wilayah 10.097.04 km² atau 1.010.466 Ha. Secara geografis kabupaten Aceh Barat ini terletak bagian wilayah pantai barat dan selatan kepulauan Sumatra yang membentang dari barat ke timur mulai dari kaki Gunung Geurutee.

Pesantren yang ada di Kabupaten Aceh Barat tersebar dalam beberapa daerah mulai pekotaan hingga pedusunan. 

Daftar Pesantren di Kabupaten Aceh Barat

Kota aceh merupakan kota yang sangat kental dengan dunia religinya. Oleh karena itu setiap kabupaten Aceh pasti memiliki dayah atau pesantren yang dibangun untuk membina kaum pemuda pemudi agar memiliki bekal baik dalam bidang agaman.

Salah satunya yaitu kabupaten Aceh Barat yang memiliki beberapa contoh pondok pesantren yaitu sebagai berikut ini;

Thariqussalam

Thariqussalam merupakan pondok pesantren di Aceh, khususnya kabupaten Aceh Barat yang tepatnya ada di daerah Langung. Jumlah santri yang ada di pesantren thariqussalam di tahun 2020 yaitu sekitar 65 orang dengan 6 orang ustadz atau pengajar. 

Modern Babul Fikri

Kedua, ponpes yang ada di Aceh Barat ialah Pondok Pesantren Modern Babul Fikri. Pesantren ini beralamat di Desa Gunong Kleng. Pesantren modern babul fikri memiliki visi “Unggul dalam bidang akademik berprestasi di bidang ekstrakurikuler beriman, taqwa, serta berakhlak mulia”.

Sedangkan kurikulum yang digunakan dalam pesantren ini yaitu kurikulum pendidikan perpaduan antara sistem dayah salafi dan kurikulum nasional. Sementara itu untuk pengajarnya sendiri yaitu berasal dari lulusan dalam negeri maupun luar negeri.  

Bustanul Mu'arif

Pondok Pesantren Bustanul Mu'arif merupakan salah satu pesantren yang ada di Aceh Barat dan beralamat di Desa Mugo Rayeuk. Santri yang ada di pesantren bustanul mu’arif pada tahun 2020 ada sekitar 119 orang, sedangkan jumla ustadznya yaitu ada 9 orang. 

Abi Luthfi Amanah Al-`Amilin

Pondok Pesantren Abi Luthfi Amanah Al-`Amilin adalah salah satu ponpes terbaik, berlokasi di Jln Pondok Geulombang.

Darul Hikam

Ponpes yang berikutnya yaitu Pondok Pesantren Darul Hikam yang alamatnya ada di Desa Ujong Drien.

Ma'had Tahfidhul Qur'an Darul Khair 

Pondok Pesantren Ma'had Tahfidhul Qur'an Darul Khair berada di alamat Jalan Datok Janggot Meuh- T. Ladang.

Darul Mutaallimin

Pondok Pesantren Darul Mutaallimin menjadi salah satu pondok pesantren yang bagus, adapun letaknya ada di Jl. Kiblat No. 09 Seuneubok 23611.

Bahrul Ulum Islamic School

Alamat Pondok Pesantren Bahrul Ulum Islamic School yaitu ada di Jalan Tgk. Chik Ditiro.

Ihya Ulumuddin

Pondok Pesantren Ihya Ulumuddin, beralamat di di Pasi Mali-Kuala Bhee.

Raudhatul Mubarakah Darul Munawwarah

Pondok Pesantren Raudhatul Mubarakah Darul Munawwarah berada di Daerah Seuneubok.

Dari keterangan atas informasi tersebut. Perlu setidaknya diketahuai bahwa selain itu mereka yang memiliki akhlak dan pedoman hidup yang baik juga bisa memilih hal-hal yang baik dan buruk ketika berada Pesantren wilayah Sumatra. Sehingga program pendidikan seperti pondok pesantren menjadi salah satu penanaman agama yang baik dan sangat dipercaya dapat membentuk karakter yang baik dalam diri seorang anak.

Itulah tadi informasi yang bisa diberikan pada pembaca berkenaan dengan daftar pondok pesantren yang ada di Kabupatan Aceh Barat, Provinsi Aceh.

Posting Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Aceh Barat yang Bagus"