Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Pondok Pesantren di Aceh Besar Yang Terkenal

Pesantren merupakan sebuah lembaga pendidiakn yang dapat melahirkan generasi muda dengan pemahaman ilmu agama secara baik. Selain memberikan penerus-penerus qurani yang memiliki akhlak baik, pesantren juga memiliki peranan lain.

Peran tersebut salah satunya yaitu mampu melahirkan ulama-ulama besar yang bisa mengayomi masyarakat dan menjadi rujukan masyarakat dalam membahas persoalan agama. Oleh karena itu di masa sekarang ini pesantren justru menjadi lembaga pendidikan yang semakin banyak diminati masyarakat dan memiliki kualitas yang jauh lebih baik lagi, termasuk masyarakat yang berada di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Pesantren di Aceh Besar

Pesantren di Aceh Besar memiliki peran penting untuk membangun masyarakat yang lebih baik lagi kedepannya. Sehingga tidak heran apabila pesantren didaerah ini memiliki program-program yang unggul.

Lebih luasnya lagi program yang ada di pesangtren kabupaten Aceh Besar ini tidak hanya berfokus pada masalah keagamaan saja. Akan tetapi juga dapat membangun peningkatan sumber daya manusia agar menjadi lebih baik lagi dalam segala bidang. 

Daftar Pesantren di Kabupaten Aceh Besar

Pesantren di Sumatra, khususnya kabupaten Aceh Besar tentu memiliki visi dan misi yang baik untuk masa depan generasi muda. Berikut dibawah ini yang termasuk daftar pesantren di kabupaten Aceh Besar adalah:

1. Miftahul Jannah 

Pondok Pesantren Miftahul Jannah merupakan pesantren di Aceh Besar yang beralamat di Jl. Leungah, Gp. Seulimeum. Data tahun 2020 menunjukkan bahwa pondok pesantren miftahul jannah memiliki jumlah santri sekitar 82 orang dengan 6 orang ustadz. 

2. Tgk Chik Tanoh Abe

Pondok Pesantren Tgk Chik Tanoh Abe berada di daerah Tanoh Abee. Perlu anda ketahui bahwa pondok pesantren Tgk Chik Tanoh Abe merupakan pesantren tertua di Asia Tenggara. Awal berdirinya ponpes ini yaitu dimulai sejak masa Kesultanan Iskandar Muda tahun 1625 Masehi.

Seorang ulama yang bernama Fairus Al Bagdadi menyebarkan agama islam bersama dengan 7 saudaranya di Aceh. Awalnya ponpes ini belum berkembang dan hanya berada di satu tempat kecil, hingga akhirnya semakin maju dan berkembang hingga saat ini. 

3. Dayah Riyadhusshalihin

Pesantren berikutnya yang ada di Aceh Besar yaitu Pondok Pesantren Dayah Riyadhusshalihin. Ponpes ini berdiri sejak tahun 1905. Alamat Pondok Pesantren Dayah Riyadhusshalihin yaitu ada di Ateuk Anggok.

Visi dari pesantren ini yaitu meningkatkan aqidah Islamiyah dalam kehidupan beragama, bermasyarakat dan bernegara serta terselenggaranya pendidikan yang bermutu. Dalam pesantren ini juga diadakan pengajian bagi masyarakat umum untuk memperdalam ilmu agama.

Fasilitas yang tersedia yaitu ada gedung asrama santri berlantai dua, ruang belajar permanent, ruang koperasi, Mesjid jamik dan sarana pendukung lainnya.

4. Ulee Titi

Pondok Pesantren Ulee Titi lokasinya berada di Desa Siron.

5. Ruhul Fata

Pondok Pesantren Ruhul Fata merupakan pondok pesantren di Aceh Besar yang sudah berdiri sejak tahun 1946. Pondok Pesantren ini terletak di daerah Jalan Banda Aceh - Medan Km.42 Gp. Seulimeum Kode. Pos 23951.

Pendiri ponpes Ruhul Fata yaitu Almukarram Syaikhuna Tgk. H. Abdul Wahhab. Nama pesantren ini juga memiliki makna yang dalam bahwa Ruhul Fata berarti jiwa dan semangat pemuda yang pantang menyerah dengan adanya berbagai bentuk kejahatan, sesuai dengan jiwa dan semangatnya pemuda Ashabul Kahfi dalam mempertahankan keyakinannya.

6. Ruhul Fatayat 

Selanjutnya yaitu Pondok Pesantren Ruhul Fatayat. Ponpes ini sudah lama berdiri tepatnya yaitu tahun 1946. Alamat Pondok Pesantren Ruhul Fatayat ada di Jalan Banda Aceh Medan.

7. Darul Ulum

Pondok Pesantren Darul Ulum merupakan ponpes di kabupaten Aceh Besar yang alamatnya ada di Lueng Ie.

8. Daruzzahidin 

Daftar pondok pesantren berikutnya yang ada di kabupaten Aceh Besar yaitu Pondok Pesantren Daruzzahidin. Alamat pesantren ini ada di Jalan Balng Bintang Lama Km. 10.

9. Istiqamatuddin Darul Muarrif

Pondok Pesantren Istiqamatuddin Darul Muarrif merupakan pondok pesantren di Aceh Besar dengan alamat lengkapnya yaitu di Jalan Blang Bintang Lama, Km. 9.

10. Syamsul Fata

Pondok Pesantren Syamsul Fata terletak di Desa Meunasah Manyang

Itulah tadi artikel yang berupa informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Aceh Besar.

Posting Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Aceh Besar Yang Terkenal"