10 Pesantren di Kabupaten Aceh Selatan Yang Terkenal

 

Sebagian keluarga menganggap bahwa masalah agaman merupakan pendidikan yang paling penting untuk ditanamakan dalam diri seorang anak. Tujuannya yaitu agar anak dapat memiliki akhlak dan pedoman yang baik dalam bertindak. 

Oleh karena itu tidak heran apabila, beberapa daerah-daerah baik di perkotaan maupun pedesaan para orangtua memasukan anaknya di pondok pesantren. Salah satunya masyarakat Kabupaten Aceh Selatan. Hal itu wajar dilakukan agar anak memiliki pendidikan baik mengenai kagamaan yang dapat membantunya dalam menjalani kehidupan dunia dan akhirat. 

Pesantren di Aceh Selatan

Pondok pesantren yang ada di Aceh ini memang tersebar di seluruh kabupatan salah satunya ada di kabupaten Aceh selatan. Kabupaten Aceh Selatan sendiri sebetulnya merupakan bagian dari kabupaten Aceh Barat dan pada kabupaten Aceh Selatan ini memiliki kondisi topografi yang sangat beragam.

Hal tersebut ditandai dengan adanya dataran yang rendah, berbukit, bergelombang hingga pegunungan. Sehingga pesantren yang ada di kabupaten ini berada di kondisi geografi yang sangat menyenangkan dengan pemandangan alam yang sangat bagus. 

Daftar Pesantren di Kabupaten Aceh Selatan

Pondok pesantren di Sumatra, khususnya kabupaten Aceh Selatan memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi dan beberapa daftar pesantren di kabupaten Aceh Selatan yaitu diuraikan sebagai berikut ini :

1. Ihya Ulumuddin

Ihya ulumudin merupakan pondok pesantren yang beralamat di Jalan Mesjid Al Hasanah No. Ladang Tuha Kec.Pasie Raja. Pondok pesantren ihya ulumuddin ini dipimpin oleh Teungku Sanusi Al-Yusufy dan telah berdiri sejak tahun 1982.

Ponpes ini memiliki letak yang sangat strategis yaitu berada ditengah - tengah kawasan gampong Ladang Teungoh, gampong Panton Bili dan gampong Mata Ie. Jumlah santri yang ada di pondok pesantren ihya ulumuddin yaitu ada sekitar 98 orang, sedangkan pengajarnya ada 7 orang. 

2. Jabal Rahmah

Pondok pesantren jabal rahmah merupakan ponpes di kabupaten Aceh Selatan yang beramat di Desa Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh 23715, Indonesia. Jabal rahmah merupakan pondok pesantren yang memiliki jumlah santri sekitar 73 orang, sedangkan jumlah pengajar yaitu 6 orang. 

3. Darul Khairat Al-Waliyyah

Pondok pesantren darul khairat al-waliyyah beralamat di Jln Teungku Imam Yunus, Desa Keumumu Hulu. Pimpinan pondok pesantren ini yaitu bernama Teungku Armadi.  Selain itu pondok pesantren khairat al-waliyyah juga memiliki pengajar yang berjumlah sekitar 7 orang. Sedangkan jumlah santri yaitu sekitar 70 orang. 

4. Darul Muhsinin

Pesantren berikutnya yang ada di kabupaten Aceh Selatan yaitu pondok pesantren Darul Muhsinin. Ponpes ini beralamat di  Jalan Desa Pante Geulima. Darul muslimin merupakan ponpes yang memiliki jumlah santri sekitar 146 orang dengan 8 orang pengajar. 

5. Nurul Huda

Pondok Pesantren Nurul Huda merupakan ponpes yang ada di Jl. Kota Fajar Menggamat Kabupaten Aceh Selatan.

Pesantren ini memiliki jumlah santri laki-laki sebanyak 119 santri, sedangkan jumlah santri perempuannya ada sekitar 115 santriwati. Pondok pesantren nurul huda didirikan dan dipimpin langsung oleh Teungku Zamzami.

6. Madinatuddiniyah Babul Huda

Pondok Pesantren Madinatuddiniyah Babul Huda beralamat di Jl.Kodim Pantai Asahan No. 24 Gampong Pasie Kuala Asahan 23771. Ponpes ini memiliki jumlah santri sekitar 299 orang dengan 16 pengajar.  

7. Insan Madani

Pondok pesantren selanjutnya yang ada di kabupaten Aceh Selatan adalah pondok pesantren Insan Madani. Pesantren ini berada di alamat Jl. Nasional Tapaktuan- Melaboh, Km. 31 Kutabaro. Pondok pesantren insan madani memiliki santri dengan jumlah 143 orang dengan 9 orang pengajar atau ustadz. 

8. Baitil Hikmah

Pondok Pesantren Baitil Hikmah berlokasi di Jln. Tapaktuan - Blangpidie Gampong Keumumu Hilir. Baitil hikmah merupakan pondok pesantren yang memiliki jumlah santri sekitar 94 orang dengan pengajarnya yaitu 9 orang. 

9. Darul Hidayah

Pondok Pesantren Darul Hidayah letaknya ada Gampong Aur Peulumat Kecamatan Labuhanhaji Timur. Ponpes ini memiliki jumlah santri sekitar 136 santri dengan jumlah ustadz 9 orang. 

10. Mafatihussa`adah

Pondok pesantren di kabupaten Aceh Selatan yang terakhir adalah pondok pesantren Mafatihussa`adah. Pesantren ini berada di Jln.Simpang Pahlawan Desa Indra Damai. Pesantren Mafatihussa’adah mempunyai santri dengan jumlah sekitar 102 orang dan para pengajar atau ustadznya ada sekitar 9 orang.

Itulah tadi daftar nama-nama Pondok Pesantren yang berada di Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, Indonesia. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "10 Pesantren di Kabupaten Aceh Selatan Yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel