Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Pondok Pesantren di Kabupaten Aceh Tenggara Yang Bagus

 

Orang tua mana yang tidak ingin melihat anaknya mendapatkan kesuksesan di dunia dan juga di akhirat? Tentu semua orang tua menginginkan hal tersebut. Oleh karena itu bukan menjadi sesuatu yang baru, jika banyak orang tua justru memilih pondok pesantren sebagai tempat pendidikan bagi anak-anaknya.

Karena dari pondok pesantren itulah, salah satunya yang di Kabupaten Aceh Tenggara seorang anak akan mendapat bekal hidup yang lebih baik, terutama mengenai agamanya. Bahkan dalam pondok pesantren di Aceh bukan hanya mengajarkan pendidikan agaman maupun pengetahuan umum saja, akan tetapi penanaman akhlak dan moral juga ditanamkan sejak awal.  

Pesantren di Aceh Tenggara

Pesantren di Sumatra, salah satunya di Kabupaten Aceh Tenggara merupakan pondok pesantren dengan keunggulan dan kualitasnya masing-masing. Kabupaten Aceh Tenggara ini dikenal sebagai daerah bagian dari pegunungan bukit barisan.

Selain itu pada kebupaten Aceh Tenggara juga ada salah satu wisata yang menjadi ikon pada daerah ini yaitu bernama Taman Nasional Gunung Leuser yaitu cagar alam nasional paling besar di kabupaten Aceh Tenggara.

Kabupaten Aceh Tenggara ini selain dikenal dengan daerah yang baik dalam pendidikan agamanya juga terkenal dengan potensi wisata alam yang baik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya Sungai Alas yang dimanfaatkan sebagai tempat wisata sekaligus olahraga arung sungai.  

Daftar Pesantren di Kabupaten Aceh Tenggara

Berikut dibawah ini yang termasuk beberapa nama pesantren di kabupaten Aceh Tenggara adalah :

1. Darul Iman

Pesantren di kabupaten Aceh Tenggara yang pertama yaitu Pondok Pesantren Darul Iman. Ponpes ini berdiri sejak tahun 1959 dan letaknya berada di alamat Jl. Kelapa Gading - Lawe Sumur No. 10 Desa Trt. Megara Baru 24671. Beberapa bentuk perstasi juga berhasil diraih oleh santri dan santriwati di Darul Iman.

Salah satunya yaitu pondok pesantren Darul Iman berhasil meraih kejuaraan 1 nasyid rebana putra, Juara 1 shalawat kreasi putri, Juara 1 nasyid rebana putri, Juara 1 khattil quran kontemporer putri, Juara 1 pidato Bahasa Arab Putri, Juara 1 pidato Bahada Inggris putra pada tahun 2020.

2. Nurul Islam

Pondok Pesantren Nurul Islam merupakan ponpes yang ada di kabupaten Aceh Tenggara dan telah berdiri sejak tahun 1954. Pondok Pesantren Nurul Islam ini berlokasi di Jl. Kelapa Gading - Kuning Desa Pinding.

Misi yang selama ini dibangun pada pondok pesantren nurul islam adalah membangun sumber daya mukmin yang ahli dzikir,fikir, dan ikhtiar dengan berlandaskan al-quran dan hadis, dan huffaz di masa akan datang.

3. Raudhatusshalihin

Pondok Pesantren Raudhatusshalihin merupakan pesantren yang lokasi ada di Jln. Kutacane-Medan Km 12 Desa Darussalam.

4. Badrul Ulum

Pesantren berikutnya yang ada di kabupaten Aceh Tnggara yaitu Pondok Pesantren Badrul Ulum. Pesantren ini berada di alamat Jalan Kutacane-Blangkejeren dan pimpinannya yaitu bernama Tgk. H. Udin Syamsuddin. 

5. Dayah Perbatasan Darul Amin

Pondok pesantren dayah perbatasan darul amin ini lokasinya ada di Jl. Kutacane - Medan KM 31. Sejarah pondok persantren ini pada dasarnya diawali dengan berdirinya pondok darul amin yang kemudian semakin berkembang.

Sehingga beralihnya menjadi pondok pesantren dayah perbatasan darul amin yang mana pada ponpes ini lebih menerapkan sistem pembelajaran pesantren yang lebih modern yaitu dengan kurikulum pendidikan dan pengajarannya yang mengacu pada pondok modern Darussalam Gontor.

6. Darul Ihsan 

Pondok Pesantren Darul Ihsan merupakan salah satu pesantren di Aceh Tenggara yang alamatnya ada di Jl. Bambel Lama No. 225.

7. Raudhatul Islam

Pondok Pesantren Raudhatul Islam merupakan pesantren yang ada Jln.Mbarung-Ngkeran Perapat Batu Nunggul.

8. Raudhatul Hasanah

Berikutnya pesantren yang ada di kabupaten Aceh Tenggara adalah Pondok Pesantren Raudhatul Hasanah. Pesantren ini berada di alamat Jl.Kutacane-Medan Km.13 Desa Simpang Semadam Kec.Semadam.

9. Al-Purrahmat

Pondok Pesantren Al-Purrahmat sendiri letaknya ada di Desa Polu Piku Kec Darulhasanah Kab Aceh Tenggara.

10. Darul Muhabbah

Terakhir, pesantren di kabupaten Aceh Tenggara yaitu Pondok Pesantren Darul Muhabbah. Ponpes ini berada di Desa Salim Pinim.Jalan Ngkeran-Salim Pipit No.1 Darul Muhabbah.

Nah, itulah saja informasi yang bisa diberikan pada semua pembaca yang sedang membutuhkan daftar nama-nama PonPes yang ada di Kabupaten Aceh Tenggara.

Posting Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Aceh Tenggara Yang Bagus"