10 Pondok Pesantren di Kabupaten Pidie yang Terkenal

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang menekankan pembelajaran ilmu agama. Pada masa sekarang ini, pesantren telah berkembang dengan lebih baik dan semakin maju. Hal ini dibuktikan dengan semakin meluaskan pembelajaran dalam pondok pesantren yang tidak hanya masalah agama islam, melainkan juga kurikulum nasional seperti pengetahuan umum.

Oleh karena itu, di masa sekarang ini pondok pesantren menjadi lembaga pendidikan yang justru banyak diminati, terutama para orangtua yang ingin menanamkan bekal agama dan ilmu pengetahuan umum lainnya. pesantren di negara Indonesai sendiri sudah tersebar ke berbagai penjuru daerah salah satunya yaitu ada di Aceh Kabupaten Pidie. 

Pesantren di Pidie

Pesantren di Aceh, khususnya Kabupaten Pidie ini dibangun dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan akan sumber daya manusia yang memiliki kualitas baik dan nantinya diharapkan dapat ikut serta dalam pelaksanaan pembangunan nasional dengan dasar ilmu pengetahuan umum dan agama.

Selain itu pesantren yang ada di Kabupaten Pidie ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang agar para santri merasa nyaman dan aman. Fasilitas tersebut seperti gedung, asrama, ruang kelas dan lain sebagainya. 

Daftar Pesantren di Kabupaten Pidie

Pesantren yang ada di Sumatra, terkhusus Kabupaten Pidie tersebar ke beberapa daerah lainnya, mulai dari perkotaan hingga pedusunan. Berikut dibawah ini daftar pesantren di Kabupaten Pidie adalah :

1. PP. Darul Amna

Pondok pesantren pertama yang ada di Kabupaten Pidie adalah Pondok Pesantren Darul Amna. Pesantren ini sudah ada sejak tahun 1996. Alamat Pondok Pesantren Darul Amna yaitu berada di Desa Dayah Usi.

Sedangkan jumlah santri yang tercatat pada tahun 2020 yaitu ada sekitar 100 anak, dengan 60 santriwati dan 40 santriawan. 

2. LPI. Bustanul Ulum Diniyah Islamiyah

Pondok Pesantren LPI. Bustanul Ulum Diniyah Islamiyah merupakan pesantren yang sudah berdiri lama di kabupaten Pidie sejak tahun 1988. Pondok Pesantren ini lokasinya berada di Desa Sukon Tungkop.

3. Nurul Anwar

Selanjutnya yaitu ada Pondok Pesantren Nurul Anwar. Pesantren yang satu ini didirikan sejak tahun 1986. Alamat Pondok Pesantren Nurul Anwar yaitu berada di Gp Pawod.

4. BP. Babul Huda

Pondok Pesantren BP. Babul Huda lokasinya berada di Gp. Sagoe. Sedangkan tahun berdirinya pondok pesantren Bp. Babul Huda yaitu sejak tahun 1995. 

5. PP. Al Furqan Bambi

Pondok pesantren yang satu ini merupakan ponpes yang sudah cukup tua, yaitu berdiri sejak tahun 1983. Pondok Pesantren PP. Al Furqan Bambi ini lokasinya berada di Jalan Prof. Amajid Ibrahim Km. 1. Pesantren ini memiliki fasilitas yang lengkap dan dapat menunjang belajar para santri.

Beberapa bentuk fasilitas tersebut antara lain seperti ruang belajar atau kelas, ruang komputer, dan asrama kamar putra serta putri. PP. Al Furqan Bambi diketahui sudah memiliki alumni sebanyak 4.000 orang santri, sedangkan untuk penganjarnya sendiri ada sekitar 60 orang.

Para alumni juga ada yang melanjutkan pendidikanya hingga keluar negeri seperti di Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir. Apapula yang telah bekerja di kedutaan Arab Saudi. 

6. LPI Irsyadul Fata

Berikutnya yaitu ada Pondok Pesantren LPI Irsyadul Fata. Pesantren ini sudah ada sejak tahun 1999. Alamat pondok pesantren LPI Irsyadul Fata yaitu ada di Gampong Mesjid Utue.

7. Al Mahbubiyyah

Berdiri sejak tahun 2000an yaitu tepatnya tahun 2002, Pondok Pesantren Al Mahbubiyyah alamatnya berada di Jalan Pasi Ie Leubeu-Kembang Tanjong Km. 2 Gampong Keureumbok.

8. Yayasan Dayah Diniyah Fathimiyah

Pesantren selanjutntya yang ada di kabupaten Pidie yaitu Pondok Pesantren Yayasan Dayah Diniyah Fathimiyah. Alamat dari pesantren ini yaitu berada di Desa Dua Paya Kecamatan Peukan Baro Kabupaten Pidie.

9. Sirajul Munir

Pesantren ini sudah ada selama 16 tahun, tepatnya didirikan sejak tahun 2004. Pondok Pesantren Sirajul Munir beralamat di Gampong Dayah Muara Kec. Peukan Baro Kab. Pidie.

10. Najmul Huda Al- Aziziah

Terakhir yaitu Pondok Pesantren Najmul Huda Al- Aziziah. Pesantren ini alamatnya berada di Cumbok Niwa.

Itulah tadi artikel yang bisa kami informasikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Pidie yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel