Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Pesantren di Kabupaten Bangka Barat Yang Bagus

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Bangka Barat

Provinsi Bangka Belitung memiliki beberapa kabupaten dan salah satunya yaitu  kabupaten Bangka Barat yang beribukota di Muntok. Kabupaten ini memiliki beberapa batas wilayah seperti di sebelah utara berbatasan langsung dengan Laut Natuna. Sebelah barat dan selatan berbatasan dengan Selat Bangka, sedangkan sebelah timur berbatasan dengan  Teluk Kelabat. 

Kemudian kabupaten Bangka Barat juga terdiri dari 6 kecamatan, 60 desa, dan 4 kelurahan. Beberapa nama kecamatannya yaitu seperti kecamatan kelapa, muntok, jebus dan lain sebagainya. 

Pesantren di Bangka Barat

Kabupaten Bangka Barat diketahui mempunyai 5 pondok pesantren. Masing – masing pesantren di kabupaten ini sudah ditetapkan visi dan misinya agar menjadi pesantren yang unggul dan maju dalam mendidik para santri. Jumlah santri yang ada di ponpes kabupaten Bangka Barat secara keseluruhan yaitu ada 1.231 santri. 

Daftar Pondok Pesantren Di Kabupaten Bangka Barat

Berikut dibawah ini beberapa daftar nama pondok pesantren di kabupaten Bangka Barat adalah : 

1. Miftahul Khoir 

Pondok Pesantren Miftahul Khoir berdiri pada tahun 1997 dan yang memimpin  yaitu bernama Pardi, S.Ag. Pondok Pesantren Miftahul Khoir beralamat di Jalan Amd. Jumlah santri di pesantren ini yaitu ada 648 santri dengan 32 ustadz yang mengajar. 

2. Miftahul Jannah

Pondok Pesantren Miftahul Jannah dipimpin oleh Ust. Iskandar dan sudah berdiri sejak tahun 1979. Pondok Pesantren Miftahul Jannah beralamat di Jl.Muntok Pk.Pinang Km.33 Desa Pelangas. Sedangkan untuk jumlah santrinya sendiri, ponpes miftahul jannah memiliki 224 santri dengan 14 guru yang mengajar. 

3. Madinatul Ilmi. 

Pondok Pesantren Madinatul Ilmi dipimpin oleh Agus Zainal Muttaqin. Pembangunan ponpes ini sudah dilakukan  tepatnya pada tahun 2009. Pondok Pesantren Madinatul Ilmi beralamat di Jln. Raya Tempilang Desa Sangku 33365.

Selain itu pesantren ini termasuk jenis ponpes modern di kabupate Bangka Barat karena dalam sistem pembelajarannya mengadopsi sistem pembelajaran pondok pesantren modern daarussalam gontor. Sehingga pengajaran dengan menggunakan bahasa arab maupun bahasa inggris sudah menjadi hal biasa dan sangat aktif untuk dilakukan terus menerus.

Visi pesantren Madinatul Ilmi yaitu mencetak generasi yang memiliki pengetahuan luas, sederhana, berdikari, berjiwa ikhlas, berbadan sehat, berbudi tinggi, berfikiran bebas, kreatif dan bertaqwa kepada Allah SWT.

4. Ta`limul Muta`alim

Pondok Pesantren Ta`limul Muta`alim berdiri pada tahun 2014 dan pemimpinnya yang bernama Ust. Imam Syuhada. Pondok Pesantren Ta`limul Muta`alim beralamat di Gg. Balai Ds Airkuang dan mempunyai santri sebanyak 270 orang. Sedangkan jumlah tenaga pendidiknya ada 16 guru. 

5. Darut Ta'lim

Pondok Pesantren Darut Ta'lim berdiri pada tahun 2016. Pondok Pesantren Darut Ta'lim beralamat di Dsn Riang Desa Kundi Kec. Simpang Teritip. Santri yang belajar di ponpes ini jumlahnya yaitu ada 28 orang dengan 6 ustadz yang membimbing.

Itulah tadi infomasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren terbaik yang ada di Kabupaten Bangka Barat.

Posting Komentar untuk "5+ Pesantren di Kabupaten Bangka Barat Yang Bagus"