Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Bintan yang Bagus

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Bintan

Kabupaten Bintan merupakan kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau yang memiliki 10 kecamatan 36 desa, dan 15 kelurahan.

Potensi yang ada dikabupaten ini sangat beragam mulai dari objek pariwisata, industri, pertambangan, perikanan dan peternakan. Sehingga kabupaten Bintan menjadi salah satu kabupaten yang maju di kepulauan Riau. 

Pesantren di Bintan

Jumlah pondok pesantren yang ada di kabupaten Bintan secara keseluruhan yaitu ada 12 pesantren. Dari jumlah pesantren tersebut, semuanya telah memiliki izin operasional (IZOP).

Sehingga dengan izin tersebut pondok pesantren yang ada di kabupaten Bintan bisa lebih meningkatkan kualitasnya dan dipercaya masyarakat luas dapat membimbing para santri agar menjadi generasi penerus bangsa yang berakhlak mulia dan berwawasan luas. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Bintan

1. Pondok Pesantren Ibnu Katsir

Pondok Pesantren Ibnu Katsir beralamat di Jl. Jambu. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pesantren Ibnu Katsir yaitu ada 115 santri dengan 6 ustadz yang mengajar. 

2. Hidayatullah Bintan

Pondok Pesantren Hidayatullah Bintan beralamat di Jl. Tanjung Uban Km. 27. Pesantren Hidayatullah Bintan memiliki jumlah santri sebanyak 45 orang. Sedangkan jumlah tenaga pendidiknya ada sekitar 6 orang.

Visi pesantren ini yaitu mencetak generasi penghafal quran yang berakhlak mulia, siap memimpin, dan mandiri. Beberapa program unggulan dari pesantren Hidayatullah Bintan yaitu seperti tahfidz quran, tahfidz hadist, public speaking, kita kuning, pembelajaran bahasa arab dan inggris serta lain sebagainya.  

3. Madani Unggulan Bintan

Pondok Pesantren Madani Unggulan Bintan beralamat di Jl. Tata Bumi No. 01 Ceruk Ijuk. Santri yang belajar di pesantren Madani Unggulan Bintan ada sekitar 199 santri dan guru yang mengajar ada 14 orang. 

4. Khadimul Ummah Kepri

Pondok Pesantren Khadimul Ummah Kepri beralamat di Jl Nusantara Kp Sidomulyo Km 18 Kijang. Pesantren Khadimul Ummah Kepri diketahui sudah memiliki santri sebanyak 100 orang. Sedangkan jumla ustadz yang membimbing yaitu ada 8 orang. 

5. Mambaus Sholihin Bintan

Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Bintan berdiri sejak tahun 2014 dan beralamat di Jl. Manggar Kampung Bugis 02/01. Jumlah santri di ponpes ini yaitu sekitar 233 santri dengan 13 ustadz yang mengajar. 

6. Darussilmi 

Pondok Pesantren Darussilmi beralamat di Perum Lembah Damai Asri. Pesantren ini diketahui sudah memiliki 258 santri dan 16 tenaga pendidik yang mengajar di ponpes.

Program unggulan paling utama dari ponpes ini yaitu pembinaan akhlak mulia para santri, pembinaan ibadah dan muamalah sesuai sunah nabi, penggunaan bahasa arab secara intensif, halaqo al quran dan lain-lain.

Kurikulum yang digunakan pesantren Darussilmi yaitu perpaduan antara kurikulum pemerintah dengan kurikulum pondok, agar terwujud insan yang berpengetahuan luas dan tetap paham agama dengan baik. 

7. Al Ihsan Bintan

Pondok pesantren Al Ihsan Bintan beralamat di Jl. Bukit Namling Rt. 005 Rw. 002 Desa Toapaya Kec. Toapaya Kab. Bintan - Kepulauan Riau Toapaya Toapaya. Jumlah santri di ponpes ini yaitu ada sekitar 74 orang dengan 8 guru yang mengajar. 

8. Pondok Pesantren Nabil Al Fathi Binta

Pondok Pesantren Nabil Al Fathi Bintan lokasinya berada di Jalan Nusantara Km.18 ,Perum Mahkota Al Azhar Bintan, Kelurahan Sei.Lekop, Kecamatan Bintan Timur Sungai Lekop Bintan Timur. Pesantren ini diketahui memiliki 13 santri dengan 7 ustadz pembimbing. 

9. Pondok Pesantren Salafiyah Al-Qudwah

Alamat Pondok Pesantren Salafiyah Al-Qudwah yaitu berada di Jl Raya Tanjung Pinang- Tanjung Uban Kp.Pereh RT 03 RW 03 Desa Sebong Pereh Kec. Teluk Sebong Kab. Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Santri yang belajar di ponpes ini berjumlah 72 orang dengan 18 ustadz yang mengajar.   

10. Pondok Pesantren Idris 

Pondok Pesantren Idris beralamat di Jl.Wisata Bahari Kec.Gunung Kijang. Santri yang menimba ilmu di ponpes Idris jumlahnya ada sekitar 112 orang. Sedangkan jumlah guru yang mengajar ada 8 orang.

Visi pesantren ini yaitu menjadi lembaga pendidikan agama islam yang unggul dalam mewujudkan generasi cerdas, siap mempimpin, dan sholeh. Beberapa program unggulan yang ditawarkan dari pondok yaitu seperti tahfidz quran, halaqoh tarbiyah, public speaking, leadership camp, one day 1 juz dan lain sebagainya. 

Nah, itulah saja infomasi yang bisa kami bagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Bintan. Semoga memberikan wawasan bagi kalian semuanya.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Bintan yang Bagus"