5 Pesantren Terbaik di Kota Bukittinggi

 

Pesantren di Kota Bukittinggi

Apakah anda pernah mendengar kota Bukittinggi? Kota Bukittinggi dikenal sebagai salah satu kota pusat perdagangan grosir yang paling baik di Pulau Sumatera. Oleh karena itu apabila dilihat dari sektor perekonomian, maka kota Bukittinggi termasuk kota yang memiliki pendapatan cukup baik di Provinsi Sumatera Barat ini. 

Akan tetapi kota Bukittinggi ini juga dikenal sebagai kota dengan wilayah yang paling sempit di Indonesia. Oleh karena itu tidak ada begitu banyak gedung-gedung maupun bangunan yang didirikan tanpa adanya manfaat tertentu. Umumnya wilayah ini dipadati dengan lahan wisata yang potensial, gedung pemerintahan, maupun lembaga pendidikan.  

Pesantren di Kota Bukittinggi

Lembaga pendidikan yang ada di kota Bukittinggi ini juga tidak hanya sebatas sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas saja.

Akan tetapi juga ada pondok pesantren yang didirikan untuk memajukan sumber daya manusia di daerah tersebut agar memiliki perilaku dan karakter baik dari segi pemahaman agama Islam maupun pengetahuan secara umum. 

Daftar Pondok Pesantren di Kota Bukittinggi

Berikut dibawah ini beberapa contoh daftar pesantren di Sumatra, khususnya kota Bukittinggi, antara lain;

1. Madinatul Munawwarah

Pondok Pesantren Madinatul Munawwarah berdiri pada tahun 2000. Pondok Pesantren Madinatul Munawwarah beralamat di Jl. Abdul Manan. Pemimpin pondok pesantren ini yaitu bernama Drs. Syafii.

Setiap program yang dilakukan dalam pesantren Madinatul Munawwarah ialah untuk memperbaiki aqidah generasi muda yang ada di daeah Bukittinggi agar menjadi lebih baik. Selain itu para santri yang ada di ponpes ini juga tidak hanya dibekali ilmu agama saja, melainkan pengetahuan umum lainnya.

Sehingga nantinya diharapkan dapat menciptakan generasi islam yang beriman, bertaqwa, dan menguasi IPTEK. 

2. Bai'atturridhwan 

Pondok Pesantren Bai'atturridhwan berdiri pada tahun 1992. Pondok Pesantren Bai'atturridhwan beralamat di Jl.Bai'atturridhwan Aur Tajungkang Tengah Sawah. Perlu diketahui bahwa pesantren Bai’atturridhwan ini merupakan ponpes yang berada di bawah naungan yayasan Al-Anshar Bukit Tinggi dan didirikan oleh Almarhum H. Buya Aswir Harun.

Segala proses pendidikan yang dilakukan dalam ponpes ini yaitu bertujuan untuk mencetak kader ulama, mubaliqh, zu’ama, dan umara’ muslim yang memiliki ketakwaan kepada Allah SWT serta mempunyai wawasan luas, kreatif, inovatif, dan  mandiri.

Beberapa mata pelajaran yang diajarkan ialah tauhid, nahwu, ilmu hadist, tafsir, tahfidz, bahasa arab dan lainnya. selain itu juga diajarkan ilmu pengetahuan umum mulai dari bahasa Indonesia, matematika, ipa, dan lain-lain. Luas tanah dari pondok pesantren ini yaitu sekitar 1683 M2, sedangkan luas bangunannya adalah 940 M2. 

3. Pesantren H.Muhammad Nadis

Pondok Pesantren H. Muhammad Nadis berdiri pada tahun 2015. Pondok Pesantren Pesantren H. Muhammad Nadis beralamat di Jl.Patanangan No.45 Kubu Gulai Bancah, Kec.MKS.

4. Pesantren Kampung Tahfidz Quran

Alamat Pesantren Kampung Tahfidz Quran yaitu berada di Jalan Barmawi Perumahan Darussalam, Pakan Labuh, Kec. Aur Birugo Tigo Baleh. Pesantren ini merupakan ponpes yang menerima para lulusan sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah.

Beberapa jenis ekstrakurikuler yang ada di Pesantren Kampung Tahfidz Quran yaitu seperti pramuka, futsal, memanah dan lain-lain. 

5. Al-Ma`Arif

Pondok Pesantren Al-Ma`Arif berdiri pada tahun 1994. Pondok Pesantren Al-Ma`Arif beralamat di Jl. Koto Selayan.

Selain diajarkan mengenai pendidikan agama islam, pesantren ini juga membimbing para santrinya untuk memiliki skill lain yang diasah dalam kegiatan ekstrakurikuler. Beberapa bentuk ekstrakurikuler yang ada di ponpes ini yaitu seperti menjahit, olahraga, bahasa asing dan lain sebagainya.

Itulah tadi informasi yang bisa kami berikan pada segenap pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatra Barat.

Belum ada Komentar untuk "5 Pesantren Terbaik di Kota Bukittinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel