10 Pondok Pesantren Terbaik di Kabupaten Dharmasraya

 

Pesantren di Kabupaten Dharmasraya

Siapa yang tidak kenal dengan istilah pondok pesantren? Tentu semua orang sudah tau dengan apa yang dimaksud pondok pesantren. Ponpes merupakan lembaga pendidikan islam yang di dalamnya mengajarkan, mendidik, dan membimbing para santri tentang ilmu agama, al quran, hadist dan akhlak baik dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Pondok pesantren di masa sekarang ini menjadi pilihan alternatif orangtua untuk membuat anaknya memiliki perilaku dan bekal agama yang baik. Sehingga pergaulannya dapat terjaga dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat melanggar hukum maupun agama.   

Pesantren di Kabupaten Dharmasraya

Di Provinsi Sumatera Barat ada banyak jumlah pesantren yang sudah tersebar ke berbagai kabupaten. Salah satunya yaitu kabupaten Dharmasraya yaitu kabupaten yang dikenal pula dengan sebutan nama Ranah Cati Nan Tigo.

Pesantren yang ada di kabupaten ini memiliki tujuan yang sangat baik yaitu untuk menciptakan generasi islam yang tangguh, beragama, cerdas, dan berakhlak mulia. Selain itu pesantren yang ada di wilayah ini juga sudah menerapkan sistem kurikulum ganda yaitu kurikulum dari pondok pesantren dan kurikulum satuan pendidikan nasional.  

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Dharmasraya

Berikut dibawah ini yang merupakan daftar pesantren di Kabupaten Dharmasraya ialah;

1. Pembangunan

Pertama yaitu ada Pondok Pesantren Pembangunan yang berdiri pada tahun 1952. Pondok Pesantren Pembangunan beralamat di Jln.Pondok KM 2, Sungai Kambut, Pulau Punjung, Dharmasraya.

2. Nurul Iman

Pondok Pesantren Nurul Iman berdiri pada tanggal 19 September 1999. Pondok Pesantren Nurul Iman beralamat di Pisang Rebus, Sitiung Kecamatan Sitiung. Pesantren ini didirikan oleh Buya Rizal Abbas.

Tujuan dibangunnya pondok pesantren Nurul Iman ialah untuk mengembangkan dan mencerdaskan anak bangsa agar memiliki kepribadian muslim yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, menegakkan agama islam, dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Dalam perkembangannya ponpes Nurul Iman di masa sekarang sudah memiliki tingkatan madrasah tsanawiyah dan madrasah aliyah. 

3. Darussalam

Pondok Pesantren Darussalam berdiri pada tahun 1987. Pondok Pesantren Darussalam beralamat di Sungai Duo, Sitiung, Dharmasraya.

4. Al Barokah

Pondok Pesantren Al Barokah berdiri pada tahun 1999. Pondok Pesantren Al Barokah beralamat di Jl. Lintas Sumatera Km. 205 Koto Padang.

5. Darul Hikmah

Pondok Pesantren Darul Hikmah berdiri pada tahun 1990. Pondok Pesantren Darul Hikmah beralamat di Jl. Lintas Sumatera Km.2 Koto Baru.

6. Nidaul Ummah Muara Timpeh 

Pondok Pesantren Nidaul Ummah Muara Timpeh berdiri pada tahun 1992. Pondok Pesantren Nidaul Ummah Muara Timpeh beralamat di Lagan Jaya II, Sipangkur, Tiumang.

7. Nurul Huda

Pondok Pesantren Nurul Huda berdiri pada tahun 1985. Pondok Pesantren Nurul Huda beralamat di Koto Baru, Dharmasraya. Pemimpin pondok pesantren Nurul Huda bernama Asnominanda. BY, S.Ag. Selain itu pesantren ini juga memiliki luas tanah sekitar 14,720 M2.  

8. Nurul Izzah

Pondok Pesantren Nurul Izzah berdiri pada tahun 1996. Pondok Pesantren Nurul Izzah beralamat di Jln. Tuanku Kerajaan Jr. Sungai Kemuning Kec. Sungai Rumbai. Pendirian pesantren Nurul Izzah ini bertujuan untuk mencetak generasi muda agar menjadi ulama-ulama Intelek yang tangguh di zaman yang serba modern ini, sekaligus untuk memiliki moral yang baik sesuai Ridho Ilahi.

Perlu diketahui pula bahwa pesantren Nurul Izzah menerapkan sistem pendidikan tradisional salafiyah yang dimodifikasi dengan tatanan modern dan sesuai dengan kementerian agama. Fokus pembelajaran yang diajarkan paling utama kepada santri ialah tahfidzul quran, kajian kitab kuning dan kemampuan berbahasa arab dan inggris.

Selain itu ada pula pengembangan diri untuk santri melalui beberapa kegiatan ekstrakurikuler seperti melukis, kaligrafi, komputer, bela diri dan lain-lain.

9. Ulul Albab

Pondok Pesantren Ulul Albab berdiri pada tahun 2010. Pondok Pesantren Ulul Albab beralamat di Jalan Lintas Sumatera Km. I Simpang 4 Koto Baru.

10. Tarbiyah Islamiyah

Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah berdiri pada tahun 1955. Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah beralamat di Jalan Poros Pulai, Blok B Koto Agung Sitiung 1.

Itulah tadi serangkaian informasi yang bisa kami berikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Dharmasraya.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren Terbaik di Kabupaten Dharmasraya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel