10 Pondok Pesantren Terbaik di Kabupaten Indragiri Hilir

Pesantren di Kabupaten Indragiri Hilir

Kabupaten Indragiri Hilir merupakan kabupaten yang selalu berusaha untuk memperbaiki keadaaan perekonomiannya, agar menjadi salah satu daerah pusat partumbuhan ekonomi secara baik di Riau. Hal ini tentu dapat dilakukan dengan lebih mudah, karena Indragiri Hilir mempunyai sumber daya alam berlimpah dan letak yang stategis. 

Selain mengembangkan perekonomiannya, kabupaten Indragiri Hilir juga berusaha untuk menjadikan daerahnya pusat kebudyaan antara Melayu dan Asia Tenggara. Kabupaten ini juga dikenal memiliki lembaga pendidikan yang baik dengan para guru yang kompoten. Jenis pendidikannya pun ada negeri, swasta, hingga pondok pesantren.  

Pesantren di Kabupaten Indragiri Hilir

Pesantren di kabupaten Indragiri Hilir ini memiliki sekitar 43 pesantren. Jumlah keseluruhan santri yang ada di pesantren kabupaten Indragiri Hilir ada 4.978 santri. Hal itu terbagi dari 2.780 santri dari pemukim asli dan sisanya sebanyak 2.198 berasal dari luar daerah. 

Daftar Pondok Pesantren Di Kabupaten Indragiri Hilir

Daftar pesantren di kabupaten Indragiri Hilir, diantaranya ialah sebagai berikut ini :

1. Al-Baaqiyatussa`adiyyah

Pertama yaitu Pondok Pesantren Al-Baaqiyatussa`adiyyah. Ponpes ini berdiri pada tahun 2000. Pondok Pesantren Al-Baaqiyatussa`adiyyah beralamat di Jl. Sinar Harapan. Pesantren ini kurang lebih telah memiliki santri sebanyak 600 orang yang sebagian besar adalah santri laki-laki.

Selain itu di pondok Al-Baaqiyatussa’adiyyah ini juga sudah ada sekitar 6 kelas untuk belajar, terdapat pula mushola dan ruang perpustakaan. Sedangkan untuk jumlah gurunya sendiri yaitu ada sekitar 21 guru. 

2. Darul Tholibin

Pondok Pesantren Darul Tholibin berdiri pada tahun 2001. Pondok Pesantren Darul Tholibin beralamat di Desa Hibrida Mulya.

3. Assyifa Ul Islamiyah

Pondok Pesantren Assyifa Ul Islamiyah berdiri pada tahun 2000. Pondok Pesantren Assyifa Ul Islamiyah beralamat di Jl.Parit Simpang Dusun Sungai Telaga Desa Cahaya Baru.

4. Raudhatul Ulum

Pondok Pesantren Raudhatul Ulum berdiri pada tahun 2004. Pondok Pesantren Raudhatul Ulum beralamat di Parit 13 Kiri Desa Lahang Hulu.

5. Sabilal Muhtadin

Pondok Pesantren Sabilal Muhtadin berdiri pada tahun 1983. Pondok Pesantren Sabilal Muhtadin beralamat di Jl Sabilal Muhtadin.

Pesantren ini memiliki beberapa strategi untuk meningkatkan kualitas pondok diantara yaitu dengan cara melakukan pelatihan terhadap guru maupun ustadz agar lebih professional, melakukan penyusunan program pembinaan sumber daya manusia bagi santri, dan selalu memantau perkembangan potensi yang dimiliki masing-masing santri.

Pondok pesantren Sabilal Muhtadin ini selain mengajarkan pengetahuan tentang nilai-nilai agama islam, juga mengembangkan skill santri yang dilakukannya melalui kegiatan ekstrakurikuler. Jenis kegiatan ekstrakurikuler tersebut antara lain dibidang olahraga, bidang kesenian, maupun bidang kegamaan itu sendiri. 

6. Al-Ishlashiah

Pondok Pesantren Al-Ishlashiah berdiri pada tahun 2000. Pondok Pesantren Al-Ishlashiah beralamat di Jl Negara Lintas Samudra Desa Pancur.

7. Nurul Wathan

Pondok Pesantren Nurul Wathan berdiri pada tahun 1982. Pondok Pesantren Nurul Wathan beralamat di Desa Pasar Kembang.

8. Anwarul Ulum 

Pondok Pesantren Anwarul Ulum berdiri pada tahun 1989. Pondok Pesantren Anwarul Ulum beralamat di Mugomulyo Km 10 Lintas Utara.

9. Tarbiyatul Islamiyah Wal-Irsyad

Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah Wal-Irsyad berdiri pada tahun 1976. Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah Wal-Irsyad beralamat di Bintang Fajar.

10. Miftahul Huda 

Terakhir adalah Pondok Pesantren Miftahul Huda. Pesantren yang satu ini berdiri pada tahun 1999. Sedangkan alamat Pondok Pesantren Miftahul Huda yaitu berada di Jalan. Lintas Enok Km 7 Parit Lajer Seberang Tembilahan.

Itulah tadi daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren Terbaik di Kabupaten Indragiri Hilir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel