10 Pondok Pesantren Terbaik di Kabupaten Indragiri Hulu

 

Pesantren di Kabupaten Indragiri Hulu

Pendidikan merupakan hal penting yang perlu ditanamkan pada setiap anak. Salah satu jenis pendidikan yang tidak hanya menyalurkan pengetahuan umum, melainkan juga nilai-nilai agama ialah pendidikan yang diperoleh dari pondok pesantren. 

Pondok pesantren menjadi pilihan pendidikan yang bisa diambil orangtua, apabila ingin menanamkan karakter baik pada putra maupun purtinya. Karena di PonPes itu sendiri, akan dilakukan penanaman akhlak karimah sekaligus pengetahuan tentang agama lebih mendalam, termasuk juga yang berada di wilayah Kabupaten Indragiri Hulu

Pesantren di Kabupaten Indragiri Hulu

Kabupaten Indragiri Hulu memiliki kecamatan yang jumlahnya ada sekitar 14 kecamatan. Kecamatan tersebut antara lain seperti kecamatan rengat, sungai lala, lirik, peranap, pasir penyu dan lain sebagainya.

Beberapa dari kecamatan tersebut juga menjadi letak dari pondok pesantren yang ada di kabupaten Indragiri Hulu. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Indragiri Hulu

Daftar Pesantren di Sumatra, khususnya Kabupaten Indragiri Hulu yaitu sebagai berikut ini;

1. Modern Syamsuddin

Pondok Pesantren Modern Syamsuddin berdiri pada tahun 2014. Pondok Pesantren Modern Syamsuddin beralamat di Jl. Pesantren. Santri yang ada di pesantren ini jumlahnya ada sekitar 395 santri. Sedangkan jumlah ustadz yang mengajar yaitu ada 11 orang. 

2. Asy Syaakiriin 

Pondok Pesantren Asy Syaakiriin berdiri pada tahun 1983. Pondok Pesantren Asy Syaakiriin beralamat di Jl. Jend. Sudirman Pasar Sungai Lala. Jumlah santri di ponpes Asy Syaakiriin yaitu sekitar 132 santri dan jumlah pengajarnya ada sebanyak 9 ustadz. 

3. Al Islam

Pondok Pesantren Al Islam berdiri pada tahun 2009. Pondok Pesantren Al Islam beralamat di Jl. Letjen S. Parman No. 04 Petalabumi. Jumlah santri di ponpes ini yaitu ada 151 orang dan jumlah ustadz yang membimbing ada 12 ustadz. 

4. Khairul Ummah 

Pondok Pesantren Khairul Ummah berdiri pada tahun 1995. Pondok Pesantren Khairul Ummah beralamat di Jl. Jend. Sudirman Batu Gajah. Pesantren ini mempunyai santri yang jumlahnya mencapai ribuan yaitu sekitar 1.463 santri dengan 39 ustadz yang mengajar. 

5. Nurul Huda

Pondok Pesantren Nurul Huda berdiri pada tahun 2012. Pondok Pesantren Nurul Huda beralamat di Jl. Panca Karya Kulim Jaya. Santri di ponpes ini jumlahnya mencapai 195 orang. Sedangkan jumlah pengajarnya ada sebanyak 14 orang. 

6. Shirotul Huda

Pondok Pesantren Shirotul Huda berdiri pada tahun 1992. Pondok Pesantren Shirotul Huda beralamat di Jl. Negara Lintas Tengah Bukit Selanjut. Santri di ponpes Shirotul Huda jumlahnya ada 74 orang dengan 6 ustadz yang mengajar. 

7. Darul Huda

Pondok Pesantren Darul Huda berdiri pada tahun 2007. Pondok Pesantren Darul Huda beralamat di Jl. Pesantren Sungai Sagu. Sedangkan jumlah santri di ponpes ini yaitu ada sekitar 155 santri dengan 12 ustadz yang mengajar. 

8. Al Muslimah

Pondok Pesantren Al Muslimah berdiri pada tahun 2009. Pondok Pesantren Al Muslimah beralamat di Jl. Poros RT.022 RW.02 Desa Air Putih. Sementara itu santri yang ada di pondok pesantren Al Muslimah ini jumlahnya ada sekitar 62 orang dan ustadz yang mengajar ada sebanyak 6 orang.  

9. Manba'ul Hisan

Pondok Pesantren Manba'ul Hisan berdiri pada tahun 2012. Pondok Pesantren Manba'ul Hisan beralamat di Jl. Masjid Rimpian Lubuk Batu Jaya. Selain itu jumlah santri yang ada di pesantren ini yaitu ada sekitar 216 orang dengan 6 ustadz yang mengajar.

Pesantren Manba’ul Hisan juga melaksanakan beberapa program pembelajaran seperti program shalat dhuhur sebelum pulang, program shalat dhuha sebelum belajar, program tahfidz dan program olahraga. Sedangkan untuk kegiatan ekstrakurikulernya sendiri ada beberapa kegiatan seperti kreasi tari, pramuka, khaligrafi, pencak silat, vollyball, hadroh, dakwah, tenis meja, dan takraw. 

10. Tebu Ireng 4 Al Islah

Pondok Pesantren Tebu Ireng 4 Al Islah berdiri pada tahun 2014. Pondok Pesantren Tebu Ireng 4 Al Islah beralamat di Jl. Perintis No.3.

Santri di ponpes ini jumlahnya ada sebanyak 814 santri. Sedangkan jumlah ustadz yang mengajar ada 15 orang. Kemudian di pesantren ini juga diadakan beberapa kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan skill santri antara lain seperti olahraga, beladiri, PMR, marching band, kajian kitab kuning dan lain sebagainya.

Itulah tadi daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren Terbaik di Kabupaten Indragiri Hulu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel