10 Pondok Pesantren di Kabupaten Agam yang Terbaik

 

Pesantren di Kabupaten Agam

Kabupaten Agam merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Barat yang memiliki kondisi geografis luas wilayah seluas 2.232,30 km². Kabupaten ini juga terletak diantara pegunungan yang membentuk 2 jalur basin yaitu dibagian selatan ada batang antokan sedangkan dibagian utara ada batang agam. 

Selain itu Kabupaten Agam memiliki 16 Kecamatan dengan potensi masing-masing disetiap kecamatannya. Berkaitan dengan pendidikan, kabupaten ini memiliki pendidikan formal baik negeri maupun swasta mulai dari SD hingga Perguruan Tinggi. Selain itu ada pula pondok pesantren yang didirikan di Kabupaten Agam sebagai lembaga pendidikan agama islam.  

Pesantren di Kabupaten Agam

Jumlah pesantren yang ada di Kabupetan Agam ada sekitar 35 pondok pesantren. Secara keseluruhan jumlah santri dari 35 pondok pesantren tersebut yaitu 5.410 berasal dari pemukim asli Kabupaten Agam, sedangkan sebanyak 2.972 berasal dari luar daerah. 

Daftar Pesantren di Kabupaten Agam

Berikut dibawah ini beberapa contoh nama-nama daftar pondok pesantren di Sumatra, khususnya di Kabupaten Agam, antara lain;

1. Sumatera Thawalib Parabek

Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek beralamat di Jor. Parabek Kec. Banuhampu Kabupaten Agam Sumater Barat. Pesantren ini juga memiliki santri yang jumlahnya ribuan yaitu sekitar 1.031 santri.

Untuk pengajarnya sendiri ada sebanyak 49 ustadz. Selain itu ponpes ini juga sudah berdiri sejak 111 tahun yang lalu, tepatnya di tahun 1910. Pendiri pesantren Sumatera Thawalib Parabek ialah Syeikh Ibrahim Musa.

Selain itu pesantren ini juga telah menerapkan kurikulum yang mengkombinasikan antara pengetahuan umum dengan pengetahuan islam yang ditekankan pada pembentukan kader ulama. 

2. Al Irsyad Islamic Boarding School

Pondok Pesantren Al Irsyad Islamic Boarding School beralamat di Jl.Bulaan Kamba Kanagarian Kubang Putih. Santri di pesantren ini jumlahnya yaitu mencapai 128 santri. Sedangkan jumlah ustadz yang mengajar ada 9 orang. 

3. Ti Candung

Pondok Pesantren Ti Candung beralamat di Jln. Syekh Sulaiman Arrasuli, Jorong Lubuk Aur. Pesantren ini memiliki ribuan santri yang jumlahnya mencapai 1.179 santri. Sedangkan ustadz yang mengajar ada sebanyak 52 orang. Pendiri pesantren Ti Candung yaitu bernama Maulana Syekh Sulaiman Arrasuli.

4. Mti Kapau

Pondok Pesantren Mti Kapau beralamat di Pandam Basasak dan mempunyai santri sebanyak 109 orang. Sedangkan jumlah ustadz yang mengajar ada 8 ustadz. 

5. Yati Kamang Mudik

Pondok Pesantren Yati Kamang Mudik beralamat di Kampung Baru Jorong Pakan Sinayan. Santri di pesantren Yati Kamang Mudik jumlahnya ada 174 orang. Sedangkan jumlah ustadz yang mengajar ada sekitar 11 orang. 

6. Mti Bayur

Pondok Pesantren Mti Bayur beralamat di Kapalo Koto Nagari Bayur. Pesantren ini didirikan pada tahun 1915. Sedangkan untuk jumlah santrinya yaitu ada sekitar 207 orang dengan 14 ustadz yang mengajar.

Selain itu pesantren Mti Bayur ini juga didirikan oleh dua orang tokoh masyarakat yang sangat peduli dengan perkembangan agama islam bagi generasi muda. Tokoh tersebut yaitu bernama Buya H. Sultani Abdullah  dan Syekh Muhammad Salim al-Khalidi. 

7. Ti Pasir 

Pondok Pesantren Ti Pasir beralamat di Jln. Lapangan Pitalo Pasir. Jumlah santri di pesantren Ti Pasir cukup banyak yaitu mencapai 555 santri dengan 20 ustad yang membimbing. Visi dari pesantren ini ialah mencapai prestasi dengan iman dan taqwa.

Pesantren ini sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 5 Januari 1937. Sedangkan fasilitas yang diperoleh dari pesantren ini antara lain seperti ruang belajar, ruang majelis guru, ruang pustaka dan lain sebagainya. 

8. Ti Tarusan

Pondok Pesantren Ti Tarusan beralamat di Tarusan Kamang Kenagarian Kamang Mudiak 26153. Pesantren ini mempunyai jumlah santri sekitar 144 orang dengan 9 ustadz yang mengajar. 

9. Diniyah Limo Jurai

Pondok Pesantren Diniyah Limo Jurai beralamat di Jl. Raya Tangah Koto Sungai Pua. Jumlah santri di ponpes Diniyah Limo Jurai ada sebanyak 392 santri dengan 23 pengajar atau ustadz. Visi pesantren ini yaitu untuk mewujudkan generasi islam yang berilmu dan mampu mengaplikasikan dakwahnya secara baik.  

10. Mu`allimin Muhammadiyah Pakan Sinayan

Pondok Pesantren Mu`allimin Muhammadiyah Pakan Sinayan beralamat di Pakan Sinayan. Santri yang ada di pesantren ini berjumlah 465 orang. Sedangkan jumlah pengajarnya ada 24 ustadz.

Itulah tadi informasi yang bisa diberikan tentang daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Agam yang Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel