10 Pondok Pesantren Terbaik di Kabupaten Musi Banyuasin

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Musi Banyuasin

Pendidikan agama merupakan pendidikan yang sangat penting. Terlebih lagi melihat perkembangan zaman yang semakin maju saat ini dengan adanya berbagai teknologi yang serba canggih. Sehingga hal ini membuat berbagai informasi dapat di akses dengan sangat mudah. 

Melalui pendidikan agama inilah, seseorang dapat menyaring setiap perkembangan modernisasi dengan lebih baik dan hati - hati. Sehingga nantinya generasi tahu mana perbuatan yang baik dan perbuatan salah yang tidak harus dilakukan. Pendidikan agama ini akan lebih mudah diperoleh di lembaga pendidikan agama islam yaitu pondok pesantren. 

Pesantren di Kabupaten Musi Banyuasin

Kabupaten Musi Banyuasin memiliki banyak sekali pondok pesantren yang jumlahnya ada sekitar 33 pesantren. Berdasarkan jumlah pesantren tersebut maka diketahui bahwa banyaknya santri secara keseluruhan yaitu mencapai ribuan atau sekitar 9.597 santri. 

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Musi Banyuasin

Daftar pondok pesantren di kabupaten Musi Banyuasin ialah sebagai berikut;

1. Darussalam

Daftar nama pondok pesantren pertama yang ada di kabupaten Musi Banyuasin adalah Pondok Pesantren Darussalam. Ponpes ini beralamat di Jl.Palembang - Jambi. Selain itu jumlah santri yang menempuh pendidikan di pesantren ada sekitar 401 orang dengan 21 ustadz pengajar. 

2. Guppi Nurul Jadid 

Pondok Pesantren Guppi Nurul Jadid beralamat di Jl.Raya Palembang - Jambi Desa Sumbersari 30756. Pesantren ini diketahui memiliki santri sebanyak 656 santri dengan 32 ustadz yang membimbing. 

3. Nazzalal Furqon

Pondok Pesantren Nazzalal Furqon berdiri pada tahun 2005. Pondok Pesantren Nazzalal Furqon beralamat di Dusun I Rt/Rw 002/001 Nusaserasan. Ponpes yang satu ini juga sudah mempunyai santri yang jumlahnya mencapai 303 santri dan 14 ustadz yang mengajar. 

4. Ash-Shiddiqiyah

Pondok Pesantren Ash-Shiddiqiyah berdiri pada tahun 1989. Pondok Pesantren Ash-Shiddiqiyah beralamat di Jl.Lintas Sekayu-Mangun Jaya Desa Rantau Kasih Lawang Wetan Muba. Pesantren ini memiliki jumlah santri sekitar 268 santri, sedangkan jumlah pengajarnya ada 16 ustadz.

Selain itu pesantren juga sudah menetapkan visi sedari awal pembangunan pesantren, visi tersebut ialah membentuk dan menyiarkan kader serta Ulama Ahlussunnah wal Jama’ah yang memiliki wawasan luas serta siap mentransformasikan ilmunya kepada seluruh masyarakat melalui akhlak karimah.

Beberapa program ekstrakurikuler juga ada di ponpes ini antara lain yaitu seperti marawis, bidang olahraga, kaligrafi, pramuka, paskibra, PMR, dan lain-lain. 

5. Assalam Al Islami

Pondok Pesantren Assalam Al Islami berdiri pada tahun 1987. Pondok Pesantren Assalam Al Islami beralamat di Jl. Palembang-Jambi Km. 121. Selain itu jumlah santrinya yaitu ada 252 santri dengan 16 ustadz yang mengajar.

Bahkan pesantren Assalam Al Islami juga mempunyai beberapa jenis program studi mulai dari RA (Raudhatul Athfal), MI (Madrasah Ibtidaiyah), MTs (Madrsah Tsanawiyah), dan MA (Madrasah Aliyah).

Ponpes ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti asrama putra dan putri, ruang kelas, perumahan guru, kantin, lapangan, masjid, ruang makan, lab IPA, lab komputer dan lain – lain. 

6. Al-Hikmah

Pondok Pesantren Al - Hikmah berdiri pada tahun 2007. Pondok Pesantren Al - Hikmah beralamat di Jln. Pangeran Pekik Nyaring Lrg Jepara B Dusun V Desa Cinta Karya 30757. Pesantren ini diketahui mempunyai jumlah santri sebanyak 184 santri dengan 7 ustadz pembimbing. 

7. Darul Hijrah Walfallah

Pondok Pesantren Darul Hijrah Walfallah beralamat di Desa Tenggulang Baru, Sp.5. Santri yang ada di pesantren Darul Hijrah Walfallah yaitu ada sekitar 203 santri dan 8 guru yang mengajar. pesantren ini menerapkan perpaduan dua kurikulum yaitu kurikulum dari pesantren dan kurikulum dari pemerintah 

8. Ar Risalah

Pondok Pesantren Ar Risalah beralamat di Jl. Palembang-Jambi Km. 109 Pinang Banjar Sungai Lilin 30755. Jumlah santri di ponpes ini yaitu mencapai 164 orang dan 12 tenaga pengajar. 

9. Miftahul Huda 

Pondok Pesantren Miftahul Huda beralamat di Jl. Simpang Telkom, B4-B1, Rt. 013 Rw. 003. Selain itu pondok pesantren Miftahul Huda juga diketahui telah memiliki santri sebanyak 263 santri dengan 12 ustadz pembimbing. 

10. Nurul Islam 

Pondok Pesantren Nurul Islam beralamat di Kelurahan Bayung Lencir Rt.04. Santri yang belajar di ponpes Nurul Islam jumlahnya yaitu mencapai ribuan atau kurang lebih sekitar 1.123 santri. Sedangkan tenaga pendidiknya ada sebanyak 50 orang.

Itulah tadi rangkaian informasi yang bisa kami berikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatra Selatan.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren Terbaik di Kabupaten Musi Banyuasin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel