4 Pondok Pesantren di Kabupaten Padang Lawas yang Bagus

Pesantren di Kabupaten Padang Lawas

Kabupaten Padang Lawas merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Utara yang berasal dari pemekeran Kabupaten Tapanuli Selatan. Di daerah ini terdapat sekitar 12 kecamatan yang memiliki potensi ekonomi, wisata, budaya, sosial dan lain-lain. 

Salah satu potensi wisata di Kabupaten Padang Lawas yaitu lebih banyak di Kecamatan Barumun Tengah. Selain potensi wisata, wilayah ini juga sangat baik dalam potensi pendidikannya. Hal ini terbukti dari adanya lembaga pendidikan formal maupun tidak formal seperti pondok pesantren yang terus dikembangkan. 

Pesantren di Kabupaten Padang Lawas

Pada dasarnya pesantren di Kabupaten Padang Lawas ini berjumlah tidak banyak. Akan tetapi keseluruhan ponpes di daerah ini bertujuan untuk menjaga nilai-nilai keagamaan, keberagamaan dan kebangsaan.

Daftar Pesantren di Kabupaten Padang Lawas

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar pesantren di Kabupaten Padang Lawas ialah sebagai berikut;

1. Nu Paringgonan

Pondok Pesantren Nu Paringgonan berdiri pada tahun 1940. Pondok Pesantren Nu Paringgonan beralamat di Jl. Lintas Sibuhuan-Aek Godang Km. 7, Desa Paringgonan. Pendiri pondok pesantren ini adalah Syekh H. Utsman Ridwan Hasibuan.

Di pesantren Nu Paringgonan, selain diajarkan ilmu agama, al quran, hadist dan lain sebagainya juga mengajarkan bimbingan non akademik yang masuk dalam kegiatan ekstrakurikuler. Beberapa contoh kegiatan ekstrakurikuler tersebut yaitu seperti tahfidz qur'an, kajian kitab kuning, latihan pidato, tahsin qur'an, hadrah, silat (karate), olahraga, pramuka, marching banda, kaligrafi dan lain-lain.

Sedangkan fasilitas yang ada di pesantren ini juga sudah lengkap yaitu meliputi gedung belajar, masjid, lapangan olahraga yang memadai, dapur, laboratorium komputer, laboratorium ipa, konveksi ( ruang menjahit), perpustakaan, dan asrama pesantren. 

2. Babul Hasanah

Pondok Pesantren Babul Hasanah berdiri pada tahun 1997. Pondok Pesantren Babul Hasanah beralamat di Jl. Lintas Pinarik-Papaso Km. 14 Desa Manggis. Visi dari pesantren Babul Hasanah adalah mewujudkan keteladan dalam iman dan taqwa, terdepan dalam penguasaan kitab kuning, dan unggul dalam prestasi.

Sedangkan misi yang dilakukan antara lain yaitu menciptakan pendidikan islami yang berkualitas, melaksanakan kurikulum sesuai kebutuhan santri, menyiapkan anak didik yang kompeten dan lain sebagainya. 

3. Yayasan Syakira Barumun

Pondok Pesantren Yayasan Syakira Barumun berdiri pada tahun 2015. Pondok Pesantren Yayasan Syakira Barumun beralamat di Desa Janjilobi Kec. Barumun Kab. Padang Lawas. Ponpes ini didirikan atas inisitaif Ustaz H. Maskur Daulay yang telah memiliki cita-cita seak remaja untuk membangun sebuah pesantren.

Hingga pada akhirnya beliau mengumpulkan dana secara swadaya dan dibantu dari berbagai pihak seperti keluarga serta rekan-rekan yang berhasil diwujudkan dengan pendirian Yayasan Syakira Barumun ini. 

4. Al-Mukhlishin Sibuhuan.

Pondok Pesantren Al - Mukhlishin Sibuhuan berdiri pada tahun 1990. Pondok Pesantren Al - Mukhlishin Sibuhuan beralamat di Jl. Bhakti No. 78 B. Pendiri ponpes ini adalah KH. Syekh Mukhtar Muda Nasution.

Perlu anda ketahui bahwa pondok pesantren Al–Mukhlisin Sibuhuan dalam pelaksanakan pendidikannya menggunakan kurikulum diniyah yaitu tentang kitab – kitab klasikal ualam terdahulu dan kurikulum yang dibuat oleh LP Maarif dari PBNU.

Kegiatan ekstrakurikuler juga terdapat dalam ponpes ini anatara lain seperti lukis, marching band, pidato bahasa asing ( arab dan inggris), baca tulis al qur'an, olahraga, tahfidz qur'an, kajian kitab kuning, tahsin qur'an, silat (karate), dan kaligrafi.

Nah, itulah tadi informasi yang bisa diberikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah kabupaten Padang Lawas.

Belum ada Komentar untuk "4 Pondok Pesantren di Kabupaten Padang Lawas yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel