Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Pesantren Terbaik di Kota Pangkal Pinang

 

Pondok Pesantren di Kota Pangkal Pinang

Kota Pangkal Pinang merupakan ibukota Provinsi Bangka Belitung. Kota ini memiliki luas wilayah 118,41 km2. Selain itu kota Pangkal Pinang merupakan kota yang dijadikan sebagai pusat kegiatan ekonomi paling utama mulai dari bisnis, industri, hingga perdagangan. 

Penduduk di kota Pangkal Pinang mayoritas adalah muslim dengan presentase sebesar 82,45%. Kota ini juga memiliki beberapa objek wisata yang menarik untuk dikunjungi seperti pantai pasir padi, pantai sampur, taman sari, taman merdeka dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Pesantren di Pangkal Pinang

Jumlah pondok pesantren yang ada di kota Pangkal Pinang yaitu ada sebanyak 7 pesantren. Secara keseluruhan jumlah santri yang ada di ponpes kota Pangkal Pinang yaitu mencapai 1.260 santri. Sebanyak 589 santri asalnya dari dalam daerah, sedangkan 671 santri berasal dari luar daerah kota Pangkal Pinang.

Daftar Pondok Pesantren di Kota Pangkal Pinang

Beberapa contoh daftar nama pondok pesantren di Kota Pangkal Pinang adalah sebagai berikut ini;

1. Darul Fatah

Pondok Pesantren Darul Fatah berdiri pada tahun 2009. Pondok Pesantren Darul Fatah beralamat di Jl. Dahlia Bukit Merapen. Sedangkan nama pemimpin ponpes ini yaitu Khusnul Anam,Lc. 

2. Hidayatussalikin

Pondok Pesantren Hidayatussalikin berdiri pada tahun 1973. Pondok Pesantren Hidayatussalikin beralamat di Jl. Pantai Pasir Padi. Ponpes ini tidak hanya mengajarkan pengetahuan agama islam saja kepada para santri, akan tetapi juga melatih skill melalui keaktifan dalam bahasa arab dan bahasa inggris.

Bahkan santri juga diajarkan berwirausaha. Beberapa produk yang berhasil ciptakan dari ponpes Hidayatussalikin yaitu tepung tapioka, mie nusantara, dan HSQua. 

3. Darussalam

Pondok Pesantren Darussalam berdiri pada tahun 1969. Pondok Pesantren Darussalam beralamat di Jl. Ahmad Yani Dalam No. 36.

4. Nurul Hidayah

Pondok Pesantren Nurul Hidayah berdiri pada tahun 2009. Pondok Pesantren Nurul Hidayah beralamat di Jl. Berlian Vi Rt/Rw. 07/02.

5. Ma`had Tahfidzul Qur`an

Pondok Pesantren Ma`had Tahfidzul Qur`an berdiri pada tahun 2013. Pondok Pesantren Ma`had Tahfidzul Qur`an beralamat di Jl. H. Bakri No. 38. Jumlah santri di ponpes ini yaitu sekitar 31 orang dengan dibagi menjadi 3 kelas meliputi iqro, tahsin dan tahfidz. 

6. Syaikhona Kholil 2

Pondok Pesantren Syaikhona Kholil 2 berdiri pada tahun 2000. Pondok Pesantren Syaikhona Kholil 2 beralamat di Jl. Basuki Rahmat Taib.

Perlu diketahui bahwa pesantren ini memiliki balai latihan kerja (BLK) yang bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan teknis dalam memproduksi suatu barang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan bagi komunitas masyarakat, sekaligus untuk bekal berwirausaha atau mencari pekerjaan. Balai latihan kerja ini didirikan oleh Ust. Ahmad Zaini tepatnya di tanggal 1 Januari 2020. 

7. Mamba`ul Ulum 

Pondok Pesantren Mamba`ul Ulum berdiri pada tahun 2011. Pondok Pesantren Mamba`ul Ulum beralamat di Jl. Kampung Melayu Rt/Rw. 01/01.

Itulah tadi infomasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kota Pangkal Pinang. Semoga memberikan wawasan.

Posting Komentar untuk "7+ Pesantren Terbaik di Kota Pangkal Pinang"