Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Pondok Pesantren di Kabupaten Siak yang Terkenal

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Siak

Kabupaten Siak adalah bagian dari Provinsi Riau yang memiliki jumlah penduduk sekitar 447.563 jiwa. Daerah di Siak ini terdiri dari dataran rendah yang ada di bagian timur dan dataran tinggi di sebelah barat. 

Kabupaten Siak juga mempunyai jumlah kecamatan yaitu ada 14 kecamtan dengan 9 keluruhan dan 122 desa. Beberapa kecamatan yang ada di kabupaten Siak merupakan kecamatan yang memiliki pondok pesantren untuk mencetak generasi muda yang beragama, berilmu, dan berwawasan luas dalam menghadapi berbagai situasi kehidupan. 

Pesantren di Kabupaten Siak

Beberapa kecamatan di kabupaten Siak yang menjadi lokasi pondok pesantren yaitu seperti kecamatan kerinci kanan, kecamatan kandis, kecamatan siak, kecamatan sungai apit dan lain sebagainya. Selain itu jumlah pesantren yang ada di daerah ini yaitu berjumlah 15 pesantren dengan 3.071 santri dari pemukiman asli dan 162 santri berasal dari luar daerah.  

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Siak

Berikut dibawah ini contoh daftar nama pesantren di kabupaten Siak adalah;

1. Darul Qur`an Siak

Pondok Pesantren Darul Qur`an Siak berdiri pada tahun 2015. Pondok Pesantren Darul Qur`an Siak beralamat di Jl.Karya Utama No.1 Rt01 Rw 01 Kampung Lalang. Jumlah santri di pesantren ini yaitu ada sekitar 142 santri dengan 11 ustadz yang mengajar. 

2. Darul Huffadz

Pondok Pesantren Darul Huffadz berdiri pada tahun 2014. Pondok Pesantren Darul Huffadz beralamat di Kampung Sungai Limau Rt 03/Rw 01 Kecamatan Pusako Kabupaten Siak. Santri yang ada di pesantren ini jumlahnya mencapai 62 santri dengan 6 guru yang mengajar. 

3. PP. Darul Dakwah Liumisy Syari`ah

Pondok Pesantren PP. Darul Dakwah Liumisy Syari`ah berdiri pada tahun 2015. Pondok Pesantren PP. Darul Dakwah Liumisy Syari`ah beralamat di Jl. SMU Ujung, Seliau. Ponpes ini memiliki santri yang berjumlah 54 santri. Sedangkan jumlah pengajarnya ada 6 orang. 

4. Ittihadul Muslimin

Pondok Pesantren Ittihadul Muslimin berdiri pada tahun 1989. Pondok Pesantren Ittihadul Muslimin beralamat di Jl. Pertamina Km. 6 dan mempunyai santri yang jumlahnya ada sebanyak 462 santri dengan 19 ustadz yang membimbing.

Visi dari pesantren Ittihadul Muslimin yaitu mencetak generasi islam yang beriman dan bertakwa serta mewujudkan intelektual islam dengan kemandirian dan keiinovatifan santri. 

5. Babussalam

Daftar pesantren berikutnya yang ada di kabupaten Siak adalah Pondok Pesantren Babussalam. Ponpes ini alamatnya berada di Jalan Lintas Paret Baru Siak - Pakning.

6. I`Aanatuth Thalibiin

Pondok Pesantren I`Aanatuth Thalibiin berdiri pada tahun 1994. Pondok Pesantren I`Aanatuth Thalibiin beralamat di Jl. Pesantren Km. 8. Sedangkan jumlah santrinya yaitu ada sekitar 127 santri dengan 9 ustadz yang mengajar.

Selain itu ponpes ini juga menargetkan para santrinya agar setelah tamat di pondok ini, santri memililiki hafalan sedikitnya ialah 6 juz. Kurikulumnya sendiri ada 2 macam yaitu kurikulum dari kementerian agaman dan kurikulum dari pondok pesantren Ittihadul Muslimin.

7. Jabal Nur

Pondok Pesantren Jabal Nur berdiri pada tahun 2004. Pondok Pesantren Jabal Nur beralamat di Jl. Sultan Syarif Kasim Rt 02 Rw 03 Simpang Belutu, Kandis 28686. Santri di ponpes ini berjumlah 608 santri, sedangkan ustadz yang mengajar ada 29 ustadz.

Fasilitas yang ada di pesantren Jabal Nur antara lain seperti asrama putra putri, dapur umum, gedung sekolah, perpustakaan, lapangan dan lain sebagainya. 

8. Lil-Muqorrobien Al-Islami

Pondok Pesantren Lil-Muqorrobien Al-Islami berdiri pada tahun 2011. Pondok Pesantren Lil-Muqorrobien Al-Islami beralamat di Rt/Rw 003/001 Dusun 2 Karya Makmur. Pesantren ini mempunyai santri yang berjumlah 110 santri dengan 9 ustadz yang membimbing. 

9. Nurul Yakin

Pondok Pesantren Nurul Yakin berdiri pada tahun 2002. Pondok Pesantren Nurul Yakin beralamat di Jl. Tengku Alam Kampung Dayun Kec. Dayun dan memiliki santri yang jumlahnya ada sebanyak 54 santri dengan 6 orang guru yang mengajar. 

10. Bahrul Ulum

Pondok Pesantren Bahrul Ulum berdiri pada tahun 2010. Pondok Pesantren Bahrul Ulum beralamat di Jalan Rajawali Kampung Sawit Permai Rt 013 Rw 005. Santri di ponpes ini jumlahnya ada 261 santri dengan 16 ustadz yang mengajar.

Itulah tadi daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Siak, Provinsi Riau yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Siak yang Terkenal"