6 Pesantren Terbaik di Kabupaten Solok Selatan

Pesantren di Kabupaten Solok Selatan

Sudah pernahkah anda berwisata ke provinsi Sumatera Barat? Perlu anda ketahui bahwa Sumatera Barat terdiri dari beberapa kabupaten yang salah satunya ialah kabupaten Solok Selatan. Pada kabupaten ini terkenal dengan sumber daya alamnya yang sangat potensial diantaranya seperti tembaga, emas, perak, dan jenis tanah yang sangat subur.

Selain memiliki potensi sumber daya alam yang sangat baik, ternyata kabupaten Solok Selatan juga dikenal memiliki sejumlah pondok pesantren yang bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusianya agar menjadi generasi pemimpin berkualitas yang menjunjung keadilan dan nilai-nilai keagamaan dengan baik. 

Pesantren di Kabupaten Solok Selatan

Pesantren di Sumatra, khususnya Kabupaten Solok Selatan ini setidaknya berjumlah 6 pesantren. Masing-masing pesantren tentu memiliki visi dan misinya masing-masing.

Akan tetapi secara keseluruhan ponpes di kabupaten Solok Selatan ini tujuannya ialah untuk menanamkan nilai-nilai agama islam pada generasi yang ada di wilayah tersebut agar tumbuh menjadi pribadi yang baik, berakhlak, dan berpengetahuan dengan baik.  

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Solok Selatan

Berikut dibawah ini 6 daftar pesantren di kabupaten Solok Selatan ialah sebagai berikut;

1. Al Hidayah Tarbiyah Islamiyah 

Pondok Pesantren Al Hidayah Tarbiyah Islamiyah beralamat di Jalan Kalampaian Muara Labuh. Pesantren ini didirikan pada tahun 1936. Berdirinya pondok pesantren Al Hidayah Tarbiyah Islamiyah pada masa itu telah diminati banyak santri, baik dari daerahnya sendiri maupun dari luar daerah seperti dari Jambi, Pesisir Selatan, Muara Jambi, dan Sangir.

Dalam sejarahnya, pendirian pondok pesantren ini dilakukan oleh tiga orang alumni Madrasah Tarbiyah Islamiyah Candung Bukit Tinggi yaitu bernama Hasyim Ismail, Ilyas Yatim, dan Ja’far Dt. R. Visi dari ponpes ini yaitu untuk mencetak generasi islam yang paham dengan kitab kuning.

Sedangkan untuk kurikulum yang digunakan yaitu memakai sistem kurikulum ganda yang memadukan antara kurikulum Departemen Agama Republik Indonesia dan kurikulum dari pondok pesantren itu sendiri. Fasilitas yang ada di pesantren ini meliputi asrama putra dan putrid, ruang belajar, mushola dan lain-lain.  

2. Pp. Bustanul Huda 

Pesantren kedua yang ada di kabupaten Solok Selatan ialah Pondok Pesantren Pp. Bustanul Huda. Ponpes ini alamatnya berada di Lubuk Gadang Sangir Kab. Solok Selatan. Santri yang ada di pesantren Pp Bustanul Huda yaitu berjumlah 62 santri dengan 6 ustadz yang mengajar. 

3. Darul Ulum

Berikutnya yaitu Pondok Pesantren Darul Ulum. Pondok pesantren Darul Ulum letaknya berada di Jalan Raya Muara Labuh - Padang Km.19 Sungai Kalu. Perlu anda ketahui bahwa pondok pesantren yang satu ini terbilang cukup unik, karena daerahnya memiliki tempat yang bisa dijadikan wisata religi.

Hal ini karena di sekitar pondok ada beberapa makam para wali yang sering dikujungi seseorang untuk melakukan ziarah. Akan tetapi kunjungan orang-orang yang datang ke pesantren ini tentunya ada waktunya sendiri agar tidak mengganggu proses belajar santri.

Umumnya wisata religi di pondok Darul Ulum dapat dilakukan pada hari malam rabu, malam jumat, dan malam ahad dengan melakukan kegiatan zikir bersama dan yasinan bersama santri sekaligus para kiai. 

4. Bustanul Huda

Daftar nama pondok pesantren ke empat yang ada di kabupaten Solok Selatan ialah Pondok Pesantren Bustanul Huda.

Ponpes ini alamatnya berada di Jalan Raya Bagindo Tan Ameh. Kemudian jumlah santri yang ada di ponpes Butanul Huda yaitu kurang dari 100 orang atau hanya sekitar 77 santri. Sedangkan untuk jumlah ustadz yang mengajar ada sekitar 6 orang. 

5. Tarjun Najah

Pondok Pesantren Tarjun Najah beralamat di Gaduang Nagari Lubuk Gadang Timur. Jumlah santri yang ada di pesantren Tarjun Najah ada sekitar 211 santri dengan 12 ustadz yang mengajar. 

6. Andalusia

Pondok pesantren terakhir yang ada di kabupaten Solok Selatan adalag Pondok Pesantren Andalusia. Ponpes ini lokasinya berada di Batu Bajarang. Selain itu, pesantren ini memiliki santri sebanyak 100 orang. Sedangkan jumlah pengajarnya ada sekitar 7 ustadz.

Nah, itulah tadi informasi yang bisa kami bagikan pada kalian semuanya terkait dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Solok Selatan.

Belum ada Komentar untuk "6 Pesantren Terbaik di Kabupaten Solok Selatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel