10 Pondok Pesantren di Kabupaten Tanah Datar yang Terkenal

 

Daftar Pesantren di Kabupaten Tanah Datar

Pondok pesantren merupakan suatu lembaga pendidikan islam yang mengarkan ilmu agama dan karakter terpuji pada seorang murid. Melalui pondok pesantren anak-anak akan memiliki bekal pengetahuan yang lebih banyak lagi baik dari pengetahuan umum maupun pengetahuan agama islam.

Selian itu dalam pondok pesantren, para santri juga di bimbing untuk memiliki akhlak mulia, sikap mandiri, bertoleransi, disiplin dan lain sebagainya. Berdasarkan bimbingan karakter itu pula, nantinya lulusan ponpes dapat mengaplikasinnya dalam lingkungan masyarakat atau kehidupan sehari-hari. 

Pesantren di Kabupaten Tanah Datar

Kabupaten Tanah Datar merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki beberapa pondok pesantren yaitu sekitar 18 pesntren.

Jumlah santri secara keseluruhan sebanyak 2.519 yang asalnya dari kabupaten Tanah Datar sendri, sedangkan sebanyak 1.033 berasal dari luar daerah. Luas kabupaten Tanah Datar adalah 133.600 Ha atau 1.336 km2. Sedangkan jumlah kecamatannya ada sekitar 14 kecamatan. 

Daftar Pesantren di Kabupaten Tanah Datar

Berikut dibawah ini yang merupakan daftar pesantren di Kabupaten Tanah Datar adalah sebagai berikut;

1. Haji Miskin 

Pondok Pesantren Haji Miskin berdiri pada tahun 1992. Pondok Pesantren Haji Miskin beralamat di Koto Tinggi Pandai Sikek. Santri di ponpes Haji Miskin berjumlah 141 santri dengan 9 ustadz yang membimbing.

2. Tarbiyah Islamiyah Malalo

Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Malalo berdiri pada tahun 1930. Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Malalo beralamat di Padang Laweh Malalo. Sedangkan jumlah santrinya ada sekitar 111 santri dengan 8 orang ustadz yang mengajar.

Pendiri pesantren Tarbiyah Islamiyah Malalo yaitu bernama Buya Zakaria. Selain itu di pesantren ini diajarkan banyak kitab beberapa diantaranya yaitu seperti fiqih, nahwu, dan shorof. 

3. Tuanku Lintau

Pondok Pesantren Tuanku Lintau berdiri pada tahun 1997. Pondok Pesantren Tuanku Lintau beralamat di Jorong Kota Nagari Tapi Selo. Santri di pesantren Tuanku Lintau ada sebanyak 151 santri. 

4. Modern Al-Harbi Pabalutan

Pondok Pesantren Modern Al - Harbi Pabalutan berdiri pada tahun 2006. Pondok Pesantren Modern Al-Harbi Pabalutan beralamat di Jl. Raya Batusangkar-Ombilin Km.3 Pabalutan. Pesantren ini memiliki santri sebanyak 165 santri dengan 9 ustadz yang membimbing. 

5. Al Hira

Pondok Pesantren Al Hira berdiri pada tahun 2008. Pondok Pesantren Al Hira beralamat di Jl. Raya Padang Panjang-Bukittinggi Km.8 Aie Angek. Santri di ponpes Al Hira ada 110 santri, sedangkan jumlah ustadz yang mengajar ada 8 orang. Visi dari pesantren ini yaitu untuk mewujudkan kebahagiaan hidup di dunia maupun di akhirat. 

6. Tarbiyah Islamiyah

Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah berdiri pada tahun 1942. Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah beralamat di Jln Berok Koto Tinggi. Jumlah santri di ponpes ini yaitu ada sekitar 231 santri. Sedangkan jumlah ustadz yang mengajar ada 14 orang. 

7. Syek Muhammad Djamil Jaho

Pondok Pesantren Syek Muhammad Djamil Jaho berdiri pada tahun 1928. Pondok Pesantren Syek Muhammad Djamil Jaho beralamat di Nagari Jaho dan mempunyai santri sebanyak 100 santri dengan 8 ustadz yang mengajar. 

8. Yastu Malalo 

Pondok Pesantren Yastu Malalo berdiri pada tahun 1977. Pondok Pesantren Yastu Malalo beralamat di Pasar Malalo Jorong Duo Koto Nagari Guguk Malalo.

Santri di pesantren Yastu Malalo ada 137 santri, sedangkan jumlah ustadz ada 8 orang. Selain itu santri yang belajar di ponpes Yastu Malalo setelah lulus akan memperoleh dua ijazah yaitu ijazah pondok pesantren dan ijazah umum. 

9. Diniyah Limau Manis Tanjung Barulak

Pondok Pesantren Diniyah Limau Manis Tanjung Barulak berdiri pada tahun 1933. Pondok Pesantren Diniyah Limau Manis Tanjung Barulak beralamat di Jl. Raya Padang Panjang-Solok Km.14 Limau Manis Tj. Barulak. Selain itu ponpes ini juga memiliki santri sebanyak 99 orang dengan 7 ustadz yang membimbing. 

10. Tarbiyah Islamiyah

Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah berdiri pada tahun 1930. Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah beralamat di Jln.Padang Panjang-Solok Km 15, Jorong Koto Nagari Tanjung Barulak. Pesantren ini memiliki santri yang jumlahnya ada 215 orang, sedangkan jumlah pengajar atau ustadz ada 14 orang. 

Itulah saja informasi yang bisa diberikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Tanah Datar yang bisa diberikan. Semoga memberikan kebermanfaatan.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Tanah Datar yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel