7 Pondok Pesantren di Kabupaten Tapanuli Tengah yang Terbaik

 

Pesantren di Kabupaten Tapanuli Tengah

Kabupaten Tapanuli Tengah merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Utara yang Ibu Kotanya berada di Pandan. Masyarakat yang ada di kabupaten ini mayoritas ialah Suku Batak, terutama Batak Toba. 

Sedangkan untuk masalah agama sendiri, masyarakat di Tapanuli Tengah ini mayoritas beragama kristen. Akan tetapi untuk agama islam sendiri juga cukup signifikan dan banyak dianut oleh etinis di pesisir maupun suku batak itu sendiri. 

Pesantren di Tapanuli Tengah

Berbicara mengenai pesantren di Sumatra, khususnya Kabupaten Tapanuli Tengah, pada dasarnya pesantren di daerah ini tidak terlalu banyak hanya ada sekitar 7 pesantren. Akan tetapi visi setiap pesantren sangat baik yaitu untuk mencetak generasi muda agar paham ilmu agama dengan baik yang dapat dijadikan bekal hidup di dunia maupun akhirat. 

Daftar Pesantren di Kabupaten Tapanuli Tengah

Beberapa daftar pesantren yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah tersebut yaitu sebagai berikut ini :

1. Pondok Pesantren Al-Ishlah

Pondok Pesantren Pondok Pesantren Al-Ishlah merupakan salah satu contoh pesantren di Tapanuli Tengah yang alamatnya berada di Jalan Padang Sidempuan KM.28 Albion Kecamatan Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah. 

2. Darul Hikmah Sirandorung

Contoh kedua ialah Pondok Pesantren Darul Hikmah Sirandorung. Lokasi dari pondok pesantren ini yaitu berada di Jalan Barus - Manduamas Simp. Iii Lae Bingke. Jumla santri yang ada di pondok Darul Hikmah Sirandorung yaitu ada 317 orang. Sedangkan jumlah pengajarnya yaitu ada 18 ustadz. 

3. Quddusussalam

Pondok Pesantren Quddusussalam lokasinya berada di Jalan Cut Mutia Kel. Binasi Kec. Sorkam Barat Kab. Tapanuli Tengah. Santri yang ada di pondok pesantren ini yaitu ada 204 santriawan dan 253 santriwati dengan 12 orang ustadz yang mengajar.

Seseorang yang menjadi tokoh pendiri sekaligus pimpinan dari pondok pesantren ini yaitu bernama Sholihul Anwar. 

4. Pondok Pesantren Darul Hikmah, Manduamas

Pondok Pesantren Darul Hikmah, Manduamas ini alamatnya berada di Simpang Tiga Laebinge. 

5. Al-Jamaliyah Raso

Selanjutnya yaitu Pondok Pesantren Al-Jamaliyah Raso. Alamat pondok pesantren ini yaitu berada di Jalan Sibolga - Barus Km 13. Santri di ponpes ini berjumlah 180 orang. Sedangkan ustadz yang mengajar yaitu ada 12 ustadz. 

6. Al-Mukhlishin 

Alamat Pondok Pesantren Al-Mukhlishin berada di Kampung Mandailing. Pondok pesantren ini memiliki santri yang jumlahnya 439 orang. Sedangkan pengajar atau ustadznya yaitu ada 24 orang. 

7. Pondok Pesantren Bahriyatul Ulum, Sibolga

Terakhir adalah Pondok Pesantren Bahriyatul Ulum, Sibolga yang alamatnya berada di Jalan KH. Zaenal Arifin, Kecamatan Sibolga, Tapanuli Tengah. Pesantren ini di pimpin oleh Issuddin, KH, Lbs. Sedangkan tokoh pendirinya bernama Dangol L Tobing.

Nah, itulah saja informasi yang bisa diberikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Belum ada Komentar untuk "7 Pondok Pesantren di Kabupaten Tapanuli Tengah yang Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel