Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Kota Balikpapan

 

Pondok Pesantren di Kota Balikpapan

Provinsi Kalimantan Timur merupakan salah satu provinsi yang terdiri dari beberapa kabupaten maupun kota. Salah satu kota terbesar yang ada di provinsi Kalimantan Timur ini adalah Kota Balikpapan.

Selain itu kota Balikpapan ini juga dihuni oleh banyak masyarakat yang berasal dari beragam suku. Suku-suku tersebut antara lain seperti suku Jawa, Bugis, Banjar, Buton, Madura dan lain sebagainya. 

Pesantren di Balikpapan

Kota Balikpapan juga memiliki lembaga pendidikan agama islam seperti pondok pesantren yang perkembangannya selalu dioptimalkan. Hal ini agar generasi muda memiliki bekal yang baik untuk kehidupan didunia maupun diakhirat kelak. 

Daftar Pondok Pesantren di Kota Balikpapan

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren di Kalimantan Timur, khususnya Kota Balikpapan adalah;

1. Bairuha

Pondok Pesantren Bairuha beralamat di Jl. Guntur Damai. Pesantren ini selain memberikan bekal pendidikan ilmu agama untuk santrinya, ternyata juga menanamkan jiwa kewirausahaan selama proses pembelajaran di pondok berlangsung.

Para santri akan diajarkan teori maupun praktek secara langsung mengenai dunia wirausaha, salah satunya dibidang perikanan, peternakan, dan perkebunan. Selain itu pesantren Bairuha juga sudah memiliki banyak santri yaitu ada sekitar 471 santri dengan 25 tenaga pendidik yang mengajar. 

2. Tahfizhul Qur`An Ahlus Shuffah 

Pondok Pesantren Tahfizhul Qur`An Ahlus Shuffah beralamat di Jl. Gunung Binjai Rt. 16 Kelurahan Teritip 76118. Pondok pesantren Tahfizhul Qur’an Ahlus Shuffah merupakan salah satu ponpes di kota Balikpapan yang memiliki kualitas unggul. Pesantren ini diketahui telah memiliki 379 santri dan 21 ustadz yang membimbing para santri agar memiliki bekal agama islam lebih mendalam. 

3. Hidayatullah 

Pondok Pesantren Hidayatullah beralamat di Jl. Mulawarman. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di ponpes Hidayatullah ini jumlahnya ada sebanyak 921 santri. Sedangkan tenaga pendidik yang memberikan ilmu tentang agama islam maupun pengetahuan umum lainnya, jumlahnya ada sekitar 41 orang. 

4. Al Mujahidin

Pondok Pesantren Al Mujahidin beralamat di Jl. Soekarno Hatta Km. 10 Rt. 08 No. 01 Kelurahan Karang Joang 76127. Ponpes ini juga menjadi salah satu pesantren yang memiliki keunggulan tertentu di Kota Balikpapan.

Sehingga tidak heran apabila, banyak orangtua memilih pesantren Al Mujahidin sebagai tempat belajar untuk anak-anaknya. Jumlah santri yang ada di ponpes ini mencapai 998 orang. Sedangkan tenaga pendidiknya ada sebanyak 45 orang. 

5. Sabilal Muhtadin

Pondok Pesantren Sabilal Muhtadin beralamat di Jl. P. Antasari Rt. 62 No. 51 Kelurahan Karang Rejo 76124. Pondok pesantren Sabilal Muhtadin diketahui telah memiliki 31 santri dan 6 ustadz yang mengajar di ponpes tersebut. 

6. Asy-Syifa 

Pondok Pesantren Asy-Syifa beralamat di Jl. Soekarno Hatta Km. 4,5 Kelurahan Batu Ampar 76126. Jumlah santri yang menimba ilmu di ponpes Asy – Syifa yaitu mencapai ribuan orang atau sekitar 1.229 orang.

Sedangkan guru yang mengajarkan tentang pendidikan agama islam maupun pengetahuan umum lainnya ada 54 orang. 

7. Syaichona Cholil

Pondok Pesantren Syaichona Cholil beralamat di Jl. Mulawarman Gg. Arjuna Rt. 10 Kelurahan Sepinggan 76115. Pesantren ini memiliki jumlah santri sekitar 208 orang dengan 14 ustadz yang membimbing. 

8. Mardhatillah

Pondok Pesantren Mardhatillah beralamat di Jl. Padat Karya 1 Km. 8 Rt. 38 Kelurahan Graha Indah 76126.

Pondok pesantren Mardhatillah merupakan ponpes di kota Balikpapan yang juga memiliki visi dan misi yang sangat baik dan terstruktur. Santri yang ada di ponpes ini jumlahnya mencapai 233 orang. Sedangkan jumlah gurunya ada 14 orang. 

9. Baitul Makmur

Pondok Pesantren Baitul Makmur beralamat di Jl. Baitul Makmur Rt. 59 Kelurahan Manggar 76116. Pesantren yang satu ini diketahui telah mempunyai 266 santri dan 16 ustadz yang mengajarkan tentang ilmu agama islam. 

10. Al Muttaqien

Pondok Pesantren Al Muttaqien beralamat di Jl. Letjend S. Parman Rt. 22 No. 47 Kelurahan Sumber Rejo 76124. Santri yang menempuh pendidikan di ponpes Al Muttaqien jumlahnya ada sekitar 340 orang. Sedangkan jumlah ustadz yang membimbing ada 18 orang.

Itulah saja informasi yang bisa bagikan pada semua pembaca berkenaan dengan nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Semoga bisa berguna untuk semuanya.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Kota Balikpapan"