Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Pesantren di Barito Selatan dan Barito Utara yang Terbaik

 Pesantren di Barito Selatan dan Barito Utara

Kabupaten Barito Selatan dan Barito Utara merupakan kabupaten yang ada di Kalimantan Tengah. Dua kabupaten ini pada dasarnya memiliki motto dan semboyan yang berbeda, motto kabupaten Barito Selatan ialah dahani dahanai tuntung tulus dan pantang pulang sebelum tumbang. Sedangkan untuk semboyan di Kabupaten Barito Utara sendiri adalah "Iya Mulik Bengkang Turan”. 

Pesantren di Barito Selatan dan Barito Utara

Kabupaten Barito Selatan dan Barito Utara merupakan kabupaten yang memiliki lembaga pendidikan agama islam seperti pondok pesantren. Ponpes di kabupaten Barito Selatan jumlahnya ada 1 dengan banyaknya 166 santri yang belajar di pondok tersebut. Sedangkan kabupaten Barito Utara memiliki 3 ponpes dengan jumlah santri sebanyak 398 orang. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Barito Selatan Dan Barito Utara

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren di kabupaten Barito Selatan dan Barito Utara adalah : 

1. Ahlussunnah Wal Jama`ah.

Pondok Pesantren Ahlussunnah Wal Jama`ah beralamat di Jl. H. Indar, No.45, Rt. 19. Rw. 05. Ponpes Ahlussunah Wal Jama’ah ini termasuk pesantren satu – satunya yang berada di kabupaten Barito Selatan.

2. Pondok Pesantren Ar Rahmaniah

Daftar kedua ialah ponpes di kabupaten Barito Utara yaitu Pondok Pesantren Ar Rahmaniah yang didirikan pada tahun 2018.

Pesantren ini beralamat di Jalan Lahei-Muara Bakah. Perlu diketahui bahwa ponpes ini tidak hanya memberikan pendidikan Agama, namun juga mengajarkan pendidikan umum lainnnya seperti, Ilmu Pengetahuan Sosialm, Ilmu Pengetahuan Alam, bahasa Indonesia, Arab dan Inggris, Matematika, PPKN dan lainnya.

3. Yasin

Selanjutnya yaitu Pondok Pesantren Yasin yang didirikan tahun 2001 oleh K.H. Ahmad Fahmi bin Zamzam, M.A. Ponpes Yasin ini lokasinya berada di Jl. Negara, Km 04, Simpang Nongo, Kel. Jingah, Teweh Baru, Barito Utara.

4. Istiqomah

Berikutnya ada Pondok Pesantren Istiqomah yang beralamat di Jl.Imam Bonjol No.40-48 Komplek Masjid Raya Shirothol Mustaqim Muara Teweh.

5. Nurur Rahman

Terakhir ialah Pondok Pesantren Nurur Rahman beralamat di Jln. Giri Kusumo No. 04 Rt. 04 Rw 04 Batu Raya.

Nah, demikinalah saja informasi yang bisa dikemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Barito Selatan dan Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah. Semoga saja bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5+ Pesantren di Barito Selatan dan Barito Utara yang Terbaik"