Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kota Bima yang Bagus

 

Pondok Pesantren di Kota Bima

Kota Bima merupakan salah satu kota yang letaknya ada di Pulau Sumbawa sebelah timur, provinsi Nusa Tenggara Barat. Kota Bima terkenal dengan objek wisatanya yang menarik dan mempesona. Bahkan jenis wisatanya sendiri dapat dibedakan menjadi 2 objek yaitu wisata alam dan wisata budaya. 

Salah satu contoh wisata alam antara lain yaitu Pantai Lawalata, Pantai Kolo, Pantai Amahami dan lai-lain. Sedangkan jenis wisata budaya contohnya yaitu seperti Museum Asi Mbojo, Kuburan Tolobali, Museum Samparaja dan sebagainya. 

Pondok Pesantren di Kota Bima

Pondok pesantren di kota Bima jumlahnya ada sekitar 14 pesantren. Masing – masing ponpes di kota Bima ini tersebar ke beberapa kecamatan seperti di kecamatan Asakota, kecamatan Raba, kecamatan Rasanae Barat dan lain sebagainya. 

Daftar Pondok Pesantren di Kota Bima

Daftar nama pondok pesantren di kota Bima antara lain adalah sebagai berikut ini : 

1. Darul Furqan 

Pondok Pesantren Darul Furqan beralamat di Jalan Lintas Dodu Rt. 01 Rw. 01 Kel. Dodu. Pesantren ini diketahui memiliki santri sebanyak 177 orang dan 12 ustadz yang membimbing. 

2. Al Ikhlas Muhammadiyah

Pondok Pesantren Al Ikhlas Muhammadiyah beralamat di Jalan Wolter Monginsidi Melayu Kel. Jatiwangi. Santri yang belajar di pesantren Al Ikhlas Muhammadiyah yaitu ada sebanyak 782 orang. Sedangkan jumlah tenaga pendidik di ponpes ini ada sekitar 36 orang. 

3. Darul Hikmah

Pondok Pesantren Darul Hikmah beralamat di Jalan Soncolela. Selain itu ponpes Darul Hikmah juga telah mempunyai santri jumlahnya mencapai 415 orang dengan 12 ustadz yang membimbing. 

4. Al Husainy 

Pondok Pesantren Al Husainy didirikan pada tanggal 12 Oktober 1992 dan beralamat di Jalan Btn Pepabri No. 02 Link. Nusantara Kel. Monggonao.

Pendirian ponpes ini pada awalnya bermula dengan adanya penyelenggaraan pendidikan secara khalaqah. Setelah semakin berkembang, diadakanlah kegiatan mengaji secara sederhana hingga berdiri sebuah pondok pesantren yang diberi nama Al Husainy. 

5. Al Khithab Al Islamy

Pondok Pesantren Al Khithab Al Islamy beralamat di Jalan Raya Ntobo Rt 01 Rw 01 Kel. Ntobo. Pesantren Al Khithab Al Islamy memiliki 118 santri dan 9 tenaga pendidik yang mengajar di ponpes tersebut. 

6. Al Ikhwan Sanuddin

Pondok Pesantren Al Ikhwan Sanuddin beralamat di Jalan Imam Bonjol No 31 Salama Kel. Nae. Santri yang belajar di ponpes Al Ikhwan Sanuddin jumlahnya ada sekitar 161 orang dengan 12 ustadz yang mengajar. 

7. Persis 148

Pondok Pesantren Persis 148 beralamat di Jalan Karantina No 04 Pantai Ule Kedo Kel. Jatiwangi. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pesantren ini yaitu ada sebanyak 86 orang. Sedangkan guru yang mengajar ada sekitar 7 orang. 

8. Darul Ulum Wal Amal 

Pondok Pesantren Darul Ulum Wal Amal beralamat di Jalan Sori Kananga Rt 001 Rw 001 Kel . Ntobo. Pesantren Darul Ulum Wal Amal memiliki santri sebanyak 177 orang dan 12 ustadz yang membimbing. 

9. Ma`had Al-Qur`an Ash-Shiddiqiyah 

Pondok Pesantren Ma`had Al-Qur`an Ash-Shiddiqiyah beralamat di Jalan Gajah Mada Rt 11 Rw 03 Kel. Penatoi. Santri yang belajar di pesantren ini, diketaui jumlahnya mencapai 245 orang. Sedangkan jumlah tenaga pendidiknya yaitu ada 16 orang. 

10. Hamzanwadi Nahdlatul Wathan

Pondok Pesantren Hamzanwadi Nahdlatul Wathan beralamat di Jalan Gajah Mada Nomor 18 Kel. Rite. Jumlah santri di ponpes ini yaitu ada sekitar 258 santri dengan tenaga pendidiknya yang berjumlah 16 orang.

Itulah saja daftar nama-nama pondok pesantren di wilayah Kota Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kota Bima yang Bagus"