Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Gowa Yang Terbaik

 

Pesantren di Kabupaten Gowa

Luas wilayah kabupaten Gowa yaitu mencapai 1.883,33 km² yang terdiri dari dataran rendah maupun dataran tinggi. Masyarakat yang ada di kabupaten Gowa ini selain menggunakan bahasa Indonesia, dalam kesehariannya juga menggunakan bahasa daerah yaitu bahasa Makasar dengan dialek Turatea, dialek Lakiung, dan dialek Makasar Konjo. 

Pesantren di Gowa

Kabupaten Gowa juga termasuk salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang memiliki pondok pesantren. Ponpes di kabupaten ini tersebar ke beberapa daerah kecamatan seperti di kecamatan Somba Opu, Bungaya, Tompobulu dan lain-lain.  

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Gowa

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren di Sulawesi Selatan, Kabupaten Gowa adalah sebagai berikut; 

1. Tahfidzul Qur'an Ukhuwah Muslimin

Daftar pertama pondok pesantren yang ada di kabupaten Gowa adalah Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Ukhuwah Muslimin. Ponpes ini beralamat di Jln. Poros Malino KM. 16. Selain itu jumlah santrinya ada sekitar 24 orang dengan 6 ustadz yang membimbing dan membekali para santri mengenai pendidikan agama islam. 

2. Al-Mubarak

Daftar kedua pesantren yang ada di kabupaten Gowa adalah Pondok Pesantren Al-Mubarak yang beralamat di Bulo-Bulo. Ponpes yang satu ini memiliki santri dengan jumlah 77 orang. Sedangkan banyaknya tenaga pendidik yang memberikan pembelajaran pendidikan agama islam maupun pengetahuan umum lainnya ada sekitar 7 orang.  

3. Abnaul Amir

Selanjutnya yaitu ada Pondok Pesantren Abnaul Amir yang beralamat di Bontosunggu, Bontonompo Selatan. Miftahul Ulum. Pesantren ini diketahui telah memiliki 69 santri dan 7 guru yang mengajar. 

4. Pp Ash-Shalihin

Pondok Pesantren Pp Ash-Shalihin beralamat di Jl. Mustafa Dg. Bunga. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di ponpes Pp Ash-Shalihin yaitu ada sekitar 61 orang. Sedangkan tenaga pendidiknya ada 6 orang.

5. At Tarbiyah Lauwa

Pondok Pesantren At Tarbiyah Lauwa beralamat di Lauwa, Biringbulu. Santri yang menimba ilmu pendidikan agama islam di pondok pesantrn At Tarbiyah Lauwa jumlahnya ada sekitar 83 orang dengan 7 ustadz yang membimbing. 

6. Nurussalam

Pondok Pesantren Nurussalam beralamat di Lassa-lassa, Botolempangang. Jumlah santri yang ada di pondok pesantren ini yaitu ada sebanyak 60 orang dengan 6 guru yang mengajar.

7. Nurul Assadiyah

Pondok Pesantren Nurul Assadiyah beralamat di Kampung Baru, Botolempangang. Pesantren ini diketahui telah memiliki 87 santri dan 7 orang ustadz yang mengajarkan tentang pendidikan agama islam maupun pengetahuan umum lainnya. 

8. Darul Istiqamah Timbuseng

Pondok Pesantren Darul Istiqamah Timbuseng beralamat di Timbuseng, Pattalassang. Ponpes ini diketahui telah memiliki 57 santri dan 6 ustadz yang membimbing. 

9. Jabal Nur Balaburu 

Pondok Pesantren Jabal Nur Balaburu beralamat di Jl. Poros Balaburu. Pondok pesantren Jabal Nur Balaburu mempunyai santri yang jumlahnya ada sekitar 61 orang. Sedangkan jumlah guru yang mendidik para santri ada sebanyak 6 orang. 

10. Darutt Tarbiyah

Pondok Pesantren Darutt Tarbiyah beralamat di Jln. Poros Gunung Lompo Battang Lembang Bu'ne. Santri yang menempuh pendidikan di ponpes Darutt Tarbiyah jumlahnya ada sebanyak 197 orang. Sedangkan jumlah ustadz yang membimbing dan mengarahkan para santri agar memiliki bekal pendidikan agama secara lebih baik lagi ada sekitar 14 orang.

Demikinalah saja daftar informasi yang bisa diberikan pada semua pembaca berkenaan dengan nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Gowa Yang Terbaik"