Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Hulu Sungai Selatan Yang Terkenal

 

Pesantren di Hulu Sungai Selatan

Kabupaten Hulu Sungai Selatan secara geografis terdiri dari daerah pegunungan yang memanjang dan dataran rendah alluvial.

Selain itu kabupaten Hulu Sungai Selatan juga merupakan daerah yang memiliki beberapa sungai seperti sungai negara, sungai kajang, sungai amandit, dan sungai angkinang. Khusus untuk masyarakatnya sendiri, daerah ini dipenuhi oleh beberapa suku mulai suku Banjar, Jawa, Bugis dan sebagainya. 

Pesantren di Hulu Sungai Selatan

Pondok pesantren di kabupaten Hulu Sungai Selatan menempati beberapa kecamatan yang ada diwilayah tersebut. Beberapa nama kecamatannya yaitu seperti kecamatan Simpur, kecamatan Loksado, kecamatan Angkinang, kecamatan Daha Utara dan lain sebagainya. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren di kabupaten Hulu Sungai Selatan adalah;

1. Ibnu Mas`ud Putra

Pondok Pesantren Ibnu Mas`ud Putra didirikan pada tahun 1991. Sedangkan lokasi dari pondok pesantren Ibnu Mas’ud Putra yaitu berada di Jalan Jarau.

2. Pendidikan Islam Parigi

Pondok Pesantren Pendidikan Islam Parigi beralamat di Jl. Pelayar No.111 Habirau Tengah. Santri yang menempuh pendidikan di pondok pesantren Pendidikan Islam Parigi ini yaitu ada sekitar 949 santri dengan rincian 443 santri laki – laki dan 506 santri perempuan. 

3. Al-Ikhlas

Pondok Pesantren Al-Ikhlas beralamat di Jl. Mandala. Tokoh pendiri pondok pesantren Al – Ikhlas bernama KH Kasyful Anwar. Sedangkan jumlah santri laki – laki di pesantren ini yaitu ada 262 orang dan santriwatinya berjumlah 351 orang. 

4. Pp Al Muradiyah

Pondok Pesantren Pp Al Muradiyah didirikan pada tanggal 23 Juli 1984. Lokasi ponpes ini yaitu berada di Jln. Pandak Daun Rt 02. Pelopor yang berhasil mendirikan pesantren Pp Al Muradiyah yaitu bernama Rasyidi Ahmada dan KH Muhammad Yuseran. 

5. Darul Ulum

Pondok Pesantren Darul Ulum beralamat di Jl. Budi Bakti Amawang Kiri Muka. Santri yang menimba ilmu di pondok pesantren ini jumlahnya ada sekitar 836 santri dengan rincian sebanyak 378 santri laki – laki dan 558 santri perempuan. Selain itu nama tokoh pendiri pondok pesantren ini yaitu K.H Sutera Ali. 

6. Ibnu Mas`ud Putri

Pondok Pesantren Ibnu Mas`ud Putri beralamat di Jalan Jend. Sudirman Km. 9 Desa Hariti. Pesantren ini menggunakan sistem pendidikan terpadu yaitu kurikulum pesantren salaf dan kurikulum modern. Visi dari pesantren Ibnu Mas’ud Putri adalah sholehah, cerdas, dan terampil. 

7. Ahmad Sani

Pondok Pesantren Ahmad Sani beralamat di Jl. Tangkawang. Diketahui bahwa jumlah santri laki – laki yang ada di pondok pesantren ini yaitu ada sekitar 14 orang, sedangkan jumlah santriwatinya ada 18 orang. 

8. Babussalam

Pondok Pesantren Babussalam beralamat di Jl. Brigjen H.Hasan Basry. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pondok pesantren Babussalam yaitu ada sekitar 151 orang dengan 7 ustadz yang membimbing. 

9. Raudhatul Ulum

Pondok Pesantren Raudhatul Ulum beralamat di Desa Gumbil Rt 002 Rw 001. Pesantren ini diketahui telah memiliki 207 santri dan 9 ustadz yang mengajar. 

10. Ibnu Said 

Pondok Pesantren Ibnu Said beralamat di Taniran Kubah Rt 1 Km 6,5. Kemudian untuk jumlah santrinya sendiri yaitu pesantren Ibnu Said ini memiliki 205 santri dan 9 orang tenaga pendidik.

Nah, itulah saja daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi KalSel (Kalimantan Selatan). Semoga bisa memberikan wawasan untuk semua pembaca yang membutuhkannya.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Hulu Sungai Selatan Yang Terkenal"