Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Maros yang Bagus

 

Pesantren di Kabupaten Maros

Kabupaten Maros merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan ibukota Provinsi Sulawesi Selatan yaitu kota Makasar. Sehingga tidak heran apabila kabupaten Maros ini dianggap sebagai daerah yang memegang peran penting bagi kota Makasar.

Selain itu, di kabupaten ini juga memiliki segudang objek wisata yang sering dikunjungi wisatawan antara lain seperti wisata alam, religi, edukasi, kuliner, seni budaya, dan sejarah.

Pesantren di Maros

Kabupaten Maros merupakan salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang memiliki banyak pondok pesantren yaitu mencapai 29 pesantren. Secara keseluruhan jumlah santrinya mencapai ribuan orang yaitu ada sebanyak 11.015 santri.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Maros

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren di kabupaten Maros adalah : 

1. PPs Ilmul Yaqin

Pondok Pesantren PPs Ilmul Yaqin beralamat di Dusun Pangembang Desa Pucak Kec. Tompobulu. Pondok pesantren ini memiliki beberapa program yang ada di pesantren antara lain seperti program kelas khusus tahfidz, PPS Wustha, MTs, dan PPS Ulya.

Selain itu ponpes PPs Ilmu Yaqin juga memiliki fasilitas yang nyaman untuk para santri diantaranya yaitu ada aula utama, gedung, kantor, asrama, lapangan olahraga, masjid, dan lain-lain.

2. PPs Al-Mubarak

Daftar berikutnya pondok pesantren yang ada di kabupaten Maros adalah Pondok Pesantren PPs Al -Mubarak yang beralamat di Dusun Lekoala.

3. PP. YADI Bontocina

Pondok Pesantren PP. YADI Bontocina berdiri pada tahun 1982. Pondok Pesantren PP. YADI Bontocina beralamat di Jl. Makmur Dg. Sitakka No.47. Tujuan didirikannya ponpes ini yaitu untuk mencetak santri-santri yang berkualitas.

Oleh karena itu harapan pengurus ponpes ialah agar para santri lebih giat lagi, sungguh-sungguh, dan tekun dalam belajar baik didalam pesantren maupun di luar pesantren. Karena hal ini nantinya agar para santri memiliki banyak wawasan dan ilmu tentang agama dan ilmu umum dan semua ilmu maupun pengalaman yang diperoleh diharapkan dapat diaplikasikan dalam kehidupan setelah keluar dari pondok pesantren.

4. Hj. Haniah

Pondok Pesantren Hj. Haniah didirikan pada tahun 2006 dan beralamat di Jl. H. Bohari Dusun Banyo Desa Bontotallasa Kec.Simbang.

Pesantren ini dirintis oleh keluarga besar H. Bukhari.  Visi ponpes Hj. Haniah adalah mewujudkan generasi muda yang ahli agama, berakhlak, beriman, produktif, terampil, mandiri, dan berwawasan ilmu pengetahuan maupun teknologi.

5. Ddi Alliritengae

Daftar kelima pesantren yang ada di kabupaten Maros adalah Pondok Pesantren Ddi Alliritengae. Alamat ponpes Ddi Alliritengae yaitu berada di Jl. Taqwa No 2 Maros.

6. Manbaul Ulum Tompobalang 

Selanjuynya yaitu ada Pondok Pesantren Manbaul Ulum Tompobalang. Lokasi pondok pesantren yang satu ini berada di Jl. Poros Leang-Leang.

7. Nahdlatul Ulum

Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum beralamat di Jalan Samudra, No. 37, Kel. Soreang. Para santri yang belajar di pondok pesantren Nahdlatul Ulum tidak hanya diberikan materi pendidikan agama islam saja. Akan tetapi juga diberi kebebasan untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler diantaranya seperti tilawatil quran, kegiatan olahraga, menjahit atau bordir, majalah dinding dan lain sebagainya. 

8. Nurul Ikhwan Matana

Urutan kedelapan pondok pesantren yang ada di kabupaten Maros adalah Pondok Pesantren Nurul Ikhwan Matana. Ponpes ini beralamat di Dusun Matana.

9. Raudhaturrasyidin

Berikutnya yaitu ada Pondok Pesantren Raudhaturrasyidin yang beralamat di Cambalagi.

10. Darul Muttaqin 

Dafta nama pondok pesantren terakhir yang ada di kabupaten Moros adalah Pondok Pesantren Darul Muttaqin. Ponpes ini beralamat di Jl Garuda No 72 Maccopa.

Itulah saja daftar informasi yang bisa kami bagikan tentang adanya pondok pesantren di Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Semoga bisa berguna.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Maros yang Bagus"