Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Kota Samarinda, Prov. Kalimantan Timur

 

Pondok Pesantren di Kota Samarinda

Kota Samarinda merupakan salah satu kota di Kalimantan Timur yang daerahnya terdiri dari perbukitan. Selain itu masyarakatnya juga berasal dari berbagai suku, seperti suku Jawa, Bugis, Banjar, Sunda, Makasar dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sedangkan untuk objek wisatanya, kota Samarinda ini memiliki banyak sekali tempat pariwisata mulai dari wisata alam, wisata religi, dan wisata budaya.  

Pesantren di Samarinda

Pondok pesantren yang ada di kota Samarinda jumlahnya cukup banyak yaitu ada sekitar 36 pesantren. Masing-masing ponpes tersebut memiliki visi dan misi yang baik untuk generasi masa depan, terutama agar memiliki bekal agama islam yang lebih mendalam.

Selain itu pesantren ini juga terebar di berbagai kecamatan yang ada di kota Samarinda, seperti di kecamatan Sambutan, Sungai Pinang, Palaran, Loa Janan Ilir dan sebagainya.

Daftar Pondok Pesantren di Kota Samarinda

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren di Kota Samarinda adalah : 

1. Syaichona Cholil

Pondok Pesantren Syaichona Cholil didirikan pada tahun 1990 dan beralamat di Batu Indah Rt 41. Santri yang belajar di pondok pesantren ini jumlahnya mencapai 418 orang. Sedangkan guru yang mengajar ada sekitar 48 orang.

Selain itu para santri yang ada di ponpes Syaichona Cholil ini tidak hanya diberi bekal ilmu agama islam, akan tetapi juga diajarkan dunia wirausaha seperti pada bidang perkebunan. 

2. Istiqamah

Pondok Pesantren Istiqamah beralamat di Jl. K.H. Wahid Hasyim Gg. Ahim 1 Rt. 07 Sempaja Timur. Jumlah santri yang belajar di pondok pesantren ini yaitu ada sekitar 136 orang. Sedangkan jumlah guru yang mengajar ada sebanyak 9 orang. 

3. Madinatul Qur'an 

Pondok Pesantren Madinatul Qur'an beralamat di Jl. Poros Blok B Kecamatan Palaran. Pesantren ini mempunyai jumlah santri sebanyak 138 orang. Sedangkan tenaga pendidik yang mengajarkan tentang ilmu agama islam dan pengetahuan umum lainnya berjumlah 9 orang. 

4. An-Nur

Pondok Pesantren An-Nur beralamat di Jl. Kebun Raya Rimbawan Rt. 08. Pesantren An-Nur diketahui telah memiliki 225 santri dan 14 ustadz yang membimbing.

5. Tahfidz Al Qur`an Kh. Harun Nafsi

Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur`an Kh. Harun Nafsi beralamat di Jl. H.A.M.M. Rifadin. Selain itu santri yang belajar di ponpes ini jumlahnya ada sekitar 72 orang dengan 6 ustadz yang membimbing. 

6. Darul Ihsan

Pondok Pesantren Darul Ihsan beralamat di Jl. Siti Aisyah. Santri yang menempuh pendidikan di pondok pesantren Darul Ihsan ini jumlahnya mencapai ribuan orang yaitu 1.620 santri. Sedangkan jumlah ustadz yang membimbing yaitu ada sekitar 69 orang. 

7. Rahmatullah

Pondok Pesantren Rahmatullah beralamat di Jl. Sukorejo No 27. Santri yang belajar di pondok pesantren ini jumlahnya ada sekitar 173 orang. Sedangkan ustadz yang membimbing para santri agar memiliki bekal pendidikan agama islam secara lebih mendalam jumlahnya ada sekitar 12 orang. 

8. Sabilarrasyad

Pondok Pesantren Sabilarrasyad berdiri pada tahun 1984. Pondok Pesantren Sabilarrasyad beralamat di Jl. Pusaka Rt 17 Bendang Lokbahu. Selain itu ponpes yang satu ini juga diketahui telah memiliki 290 santri dan 16 ustadz yang mengajarkan agama islam kepada para santri. 

9. Al Mujahidin

Pondok Pesantren Al Mujahidin berdiri pada tahun 1979. Pondok Pesantren Al Mujahidin beralamat di Jl. Kh. Harun Nafsi Gg. Darma. Santri di ponpes ini jumlahnya 298 orang, sedangkan tenaga pendidiknya ada sekitar 17 orang. 

10. Hidayatullah

Pondok Pesantren Hidayatullah beralamat di Jl. Perjuangan 09 No. 22 Rt. 01. Jumlah santri yang menimba ilmu agama islam di ponpes ini ada sekitar 673 orang. Sedangkan jumlah tenaga pendidiknya ada 92 orang.

Itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur (KalTim). Semoga saja bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Kota Samarinda, Prov. Kalimantan Timur"