Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9+ Pesantren di Kota Singkawang yang Menjadi Pilihan

 

Pondok Pesantren di Singkawang

Kota Singkawang terdiri dari 5 kecamatan antara lain seperti kecamatan Singkawang Barat, Singkawang Timur, Singkawang Selatan, Singkawang Utara, dan Singkawang Tengah. Kota Singkawang juga dikenal memiliki banyak objek pariwisata yang kerap dikunjungi para wisatawan.

Beberapa nama objek pariwisata tersebut adalah Sinka Island Park, Pantai Pasir Panjang, Sinka Zoo, Taman Chidayu, dan lain-lain.  

Pesantren di Kota Singkawang

Kota Singkawang memiliki 9 pondok pesantren yang masing-masing selalu berusaha untuk meningkatkan kualitasnya.

Hal ini agar pesantren mampu menjadi jembatan bagi para orangtua kepada anaknya dalam hal mendidik, membimbing, dan mengajarkan pengetahuan agama islam pada khususnya, maupun pengetahuan umum.

Daftar Pondok Pesantren di Kota Singkawang

Beberapa daftar nama pondok pesantren yang ada di kota Singkawang adalah sebagai berikut ini;

1. Ash-Shomadiyah

Pondok pesantren pertama yang ada di kota Singakawang adalah Pondok Pesantren Ash-Shomadiyah. Alamat ponpes yang satu ini yaitu berada di Jl. Marhaban, pasir panjang.

2. Hidayatur Ruhama 

Daftar nama pondok pesantren kedua yaitu Pondok Pesantren Hidayatur Ruhama. Lokasi pondok pesantren Hidayatur Ruhama berada di Jl.Veteran No. 72.

3. Nurusshibyan

Berikutnya yaitu ada Pondok Pesantren Nurusshibyan yang beralamat di Jl. Santri Kel. Sekip Lama.

4. Ushuluddin

Urutan keempat yaitu ada Pondok Pesantren Ushuluddin yang berdiri pada tahun 1974. Pondok Pesantren Ushuluddin beralamat di Jl. Alianyang, No. 26. Tujuan dibangunnya ponpes ini ialah untuk menyiapkan generasi dengan asas-asas (pondasi) agama yang kuat.

5. Tarbiyah Islamiyah Yasti

Selanutnya ada Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Yasti. Ponpes ini beralamat di Jl.Ra Kartini No 92 Kel. Sekip Lama.

6. Pondok Pesantren Ibnu Taimiyah

Urutan keenam ada Pondok Pesantren Ibnu Taimiyah yang didirikan sejak taun 1994 dan beralamat di Jalan Pendidikan No.66 Teluk Karang. Selain itu ponpes ini juga memberikan pendidikan melalui program beasiswa tingkat MTs dan MA bagi anak-anak yatim. 

7. Makarim El Akhlaq 

Urutan ketujug ada Pondok Pesantren Makarim El Akhlaq. Pondok pesantren ini beralamat di Jl. Melati Kel. Jawa Kec. Singkawang Tengah.

8. Al-Fatah

Selanjutnya yaitu ada Pondok Pesantren Al-Fatah. Pesantren Al Fatah  beralamat di Jl. Pramuka.

9. Asy-Syafi`iyah

Terakhir yaitu Pondok Pesantren Asy-Syafi`iyah yang beralamat di Jl. Suhada Gg.Tanjung No.24 Rt 15/Rw 03.

Demikinalah tadi artikel yang bisa diberikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di wilayah Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat. Semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "9+ Pesantren di Kota Singkawang yang Menjadi Pilihan"