Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Takalar

Pondok Pesantren di Kabupaten Takalar

Kabupaten Takalar adalah wilayah yang ada di Sulawesi Selatan dengan ibukotanya yang berada di Pattallassang. Selain itu wilayah di kabupaten Takalar ini juga memiliki batas-batas daerah seperti dibagian utara berbatasan dengan Kota Makasar, di sebelah selatan berbatasan dengan Laut Flores.

Sedangkan di sebelah timur batas wilayahnya yaitu dengan Kabupaten Gowa dan terakhir di bagian barat berbatasan dengan Selat Makasar.  

Pesantren di Takalar

Kabupaten Takalar juga memiliki 14 pondok pesantren yang lokasinya terletak di beberapa kecamatan. Nama kecamatan-kecamatan itu antara lain berada di kecamatan Pattallasang, Sanrobone, Galesong Utara dan lain sebagainya. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Takalar

Daftar nama pondok pesantren yang ada di kabupaten Takalar antara lain adalah sebagai berikut ini : 

1. Pest Al-Qamar

Pondok Pesantren Pest Al-Qamar berdiri pada tahun 1975. Pondok Pesantren Pest Al-Qamar beralamat di Jl. Abd. Baki Dg Nyau, Bajeng. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pondok pesantren ini yaitu ada sekitar 143 orang. Sedangkan jumlah tenaga pendidiknya ada 11 orang. 

2. Tarbiyah Takalar

Pondok Pesantren Tarbiyah Takalar berdiri pada tahun 1991. Pondok Pesantren Tarbiyah Takalar beralamat di Jl. Hj. Manila Dg. Pati Palleko, Kel. Malewang, Kec. Polut, Kab. Takalar. Santri yang menimba ilmu agama islam di ponpes ini jumlahnya ada sekitar 159 orang. Sedangkan jumlah guru yang mengajar ada 12 orang. 

3. Misanul Ulum Sanrobone 

Pondok Pesantren Misanul Ulum Sanrobone berdiri pada tahun 1994. Pondok Pesantren Misanul Ulum Sanrobone beralamat di Jl.Poros Kunjung,Bontowa. Ponpes yang satu ini juga termasuk contoh pondok pesantren yang ada di kabupaten Takalar dan memiliki banyak santri yaitu sekitar 264 orang. Sedangkan jumlah ustadz yang mendidik para santri ada sekitar 16 orang. 

4. Assalamiyah Galesong 

Pondok Pesantren Assalamiyah Galesong berdiri pada tahun 1997. Pondok Pesantren Assalamiyah Galesong beralamat di Jl.Karaeng Salamaka No. 18 Boddia. Pesantren di kabupaten Takalar ini memang diketahui memiliki kualitas yang baik.

Sehingga tidak heran apabila banyak para santri yang ingin belajar di pondok pesantren Assalamiyah Galesong ini. Jumlah santri di ponpes ini yaitu ada sekitar 804 orang dengan 36 ustadz yang membimbing. 

5. Babussalam Kalukuang

Daftar nama ponpes selanjutnya yang ada di kabupaten Takalar adalah Pondok Pesantren Babussalam Kalukuang yang berdiri pada tahun 1997.

Pondok Pesantren Babussalam Kalukuang beralamat di Jl.Salewatan Kalukuang. Selain itu jumlah santrinya ada sekitar 96 orang dengan 8 guru yang memberikan pengajaran agama islam maupun pengetahuan umum lainnya. 

6. Patani

Pondok Pesantren Patani berdiri pada tahun 2002. Pondok Pesantren Patani beralamat di Jl.H.Abdul Wahab Dg.Ngerang,Patani. Ponpes Patani juga termasuk pesantren yang ada di kabupaten Takalar dengan kualitasnya yang sangat baik.

Jumlah santri di pesantren ini ada 178 orang. Sedangkan tenaga pendidik yang memberikan pembelajaran pendidikan agama islam kepada para santri jumlahnya ada 12 orang. 

7. Assalam Timbuseng

Pondok Pesantren Assalam Timbuseng berdiri pada tahun 2004. Pondok Pesantren Assalam Timbuseng beralamat di Timbuseng Kec. Polut. Santri yang menempuh pendidikan di pesantren ini jumlahnya ada sekitar 319 orang. Sedangkan jumlah gurunya ada sekitar 18 orang. 

8. Mahyajatul Qurra

Pondok Pesantren Mahyajatul Qurra berdiri pada tahun 2006. Pondok Pesantren Mahyajatul Qurra beralamat di Jl. Mesjid Raya Syuhada Tammuloe Lassang. Santri di pondok pesantren Mahyajatul Qurra jumlahnya ada sekitar 71 orang, sedangkan banyaknya guru yaitu ada 7 orang.  

9. Nahdlatul Ummah Borongtaipaya

Urutan kesembilan pondok pesantren yang ada di kabupaten Takalar adalah Pondok Pesantren Nahdlatul Ummah Borongtaipaya.

Ponpes yang satu ini berdiri pada tahun 2010. Selain itu Pondok Pesantren Nahdlatul Ummah Borongtaipaya lokasinya berada di Borongtaipaya Campagaya. Sedangkan jumlah santrinya ada 94 orang dengan 8 ustadz yang membimbing. 

10. Darul Aman Lengkese 

Terakhir yaitu ada Pondok Pesantren Darul Aman Lengkese yang berdiri pada tahun 2011. Pondok Pesantren Darul Aman Lengkese beralamat di Jalan Pesantren Dusun Tamaona. Sedangkan banyaknya santri yang belajar di pondok pesantren ini ada sekitar 32 orang dengan 6 guru yang mengajar.

Nah, itulah saja daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan. Semoga bisa berguna bagi pembaca sekalian.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Takalar"