Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Pesantren di Kota Tarakan Yang Terkenal

Pondok Pesantren di Kota Tarakan

Kota Tarakan merupakan salah satu kota terbesar yang ada di Kalimantan Utara. Bahkan kota ini juga memiliki semboyan daerah yaitu kota “BAIS” atau singkatan dari bersih, aman, indah, sehat, dan sejahtera.

Masyarakat yang ada di kota Tarakan pada umumnya berasal dari berbagai suku, mulai dari suku Banjar, Jawa, Bugis, Dayak, Toraja dan sebagainya. Selain itu, kota Tarakan juga terkenal dengan banyaknya objk wisata seperti Pantai Amal, Hutan Mangrove,  Penangkaran Buaya Juwata dan lain – lain. 

Pondok Pesantren di Tarakan

Pondok pesantren yang ada di kota Tarakan merupakan salah satu lembaga pendidikan agama islam yang selalu dikembangkan dan ditingkatkan kualitasnya.

Hal ini bertujuan agar generasi muda dapat memperoleh bekal ilmu agama islam yang lebih baik lagi dan dapat membangun negara Indonesia menjadi lebih makmur dengan adanya nilai-nilai keadilan. 

Daftar Pondok Pesantren di Kota Tarakan

Daftar nama pondok pesantren yang ada di Kalimantan Utara, terkhusus Kota Tarakan antara lain ialah sebagai berikut ini;

1. Kulliyatul Mu'allimin Al-Islamiyah (KMI)

Pondok Pesantren Kulliyatul Mu'allimin Al-Islamiyah (KMI) beralamat di Jl. Pulau Bangka Sekip Kelurahan Kampung I Skip Kecamatan Tarakan Tengah. Santri yang belajar di ponpes ini jumlahnya ada 57 orang dengan 6 ustadz yang membimbing. 

2. Al Mukminun

Pondok Pesantren Al Mukminun beralamat di Jl. Rambutan No. 36 Kel. Kampung Empat Tarakan Timur. Pesantren Al Mukminum diketahui telah memiliki 125 santri yang belajar di pondok tersebut. Selain itu tenaga pendidik yang mengajarkan tentang ilmu agama islam maupun pengetahuan umum lainnya jumlahnya ada sekitar 9 orang. 

3. Darud Da'wah Wal Irsyad

Pondok Pesantren Darud Da'wah Wal Irsyad didirikan pada tanggal 11 Januari 1938. Alamat ponpes Darud Da’wah Wal Irsyad yaitu berada di Yos Sudarso No. 09 Kel. Lingkas Ujung Kec. Tarakan Timur.

Misi pesantren ini ialah mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur yang diridhai Allah SWT dengan membina individu muslim yang memiliki kesalehan sosial yang mengutamakan kemaslahatan umat dan didasari oleh keikhlasan dalam mengabdi dan mengamalkan usahanya.

4. Daarul Ilmi Muhammadiyah

Nama ponpes selanjutnya yang ada di kota Tarakan adala Pondok Pesantren Daarul Ilmi Muhammadiyah. Lokasi ponpes ini yaitu berada di Jalan Jendral Sudirman No. 66 Pamusian Tarakan Tengah. Sedangkan untuk santrinya berjumlah 376 orang dengan 21 ustadz yang membimbing. 

5. Tahfizhul Qur'an Ibnu Abbas

Pondok Pesantren Tahfizhul Qur'an Ibnu Abbas beralamat di Jl. Pondok Hidatatullah No. 31 Karungan. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pondok pesantren Tahfizhul Qur’an Ibnu Abbas ada sekitar 142 orang. Sedangkan jumlah guru yang mengajar ada 12 orang. 

6. Raudhatul Qur'an

Pondok Pesantren Raudhatul Qur'an beralamat di Jl. Cahaya Baru No. 01 Karang Harapan Tarakan Barat. Ponpes yang satu ini diketahui telah memiliki 136 santri yang belajar ilmu agama islam di pesantren. Sedangkan untuk tenaga pendidiknya sendiri berjumlah 6 orang.

Itulah saja daftar informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Semoga bisa berguna ya. 

Posting Komentar untuk "6+ Pesantren di Kota Tarakan Yang Terkenal"