Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Kota Kendari

pesantren di kendari

Kota Kendari merupakan daerah yang memiliki luas wilayah kurang lebih 295,89 km². Daerah ini terdiri dari 64 kelurahan dan 10 kecamatan. Nama-nama kecamatan yang ada di kota Kendari antara lain seperti kecamatan Abeli, Baruga, Kendari Barat, Poasia, dan lain-lain.  

Pesantren di Kendari

Kota Kendari memiliki beberapa pondok pesantren yang visi dan misinya jelas tertuju untuk kebaikan dan memperbaiki akhlak generasi muda di kota Kendari ini. Selain itu ponpes yang ada di kota Kendari ini jumlanya ada 13 pesantren dengan total santri mencapai 3.616 orang. 

Daftar Pondok Pesantren di Kota Kendari

Berikut dibawah ini yang termasuk beberapa nama pondok pesantren yang ada di kota Kediri adalah : 

1. Pondok Pesantren Wushulul Fawwaz

Pondok Pesantren Wushulul Fawwaz berdiri pada tahun 2016. Pondok Pesantren Pondok Pesantren Wushulul Fawwaz beralamat di Jl. Pekuburan Umum Punggolaka.

Visi ponpes ini yaitu untuk mewujudkan generasi rabbani yang memiliki akhlak karimah serta menjadikan islam ahlisunnah wal jama’ah sebagai sumber etika,moral,motivasi,dan inspirasi santri. Para pengajar yang ada di ponpes ini mengajarkan beberapa kitab kepada para santri diantaranya yaitu Tafsir Jalalain, Fatul Qarib, Safinatunnajah, Riadusholihin, dan Taqlimun Mutaalim. 

2. Ponpes Shohibul Qur`an

Pondok Pesantren Ponpes Shohibul Qur`an berdiri pada tahun 2016. Pondok Pesantren Ponpes Shohibul Qur`an beralamat di Jln. TPU Punggolaka.

Program pendidikan di ponpes ini yaitu ada pendidikan formal maupun non formal yang terdiri dari madrasah tsanawiyah, SMK, tahfidz quran, bahasa arab dan bahasa inggris, pendidikan da’i penceramah, dan kajian kitab kuning.

3. Baitul Qur`an Al-Mubarak

Nama pondok pesantren berikutnya yang ada di kota Kendari ialah Pondok Pesantren Baitul Qur`an Al- Mubarak. Ponpes ini berdiri pada tahun 2017. Sedangkan lokasi Pondok Pesantren Baitul Qur`an Al- Mubarak yaitu berada di Jl. Wua Eha, Poasia. 

4. Ummusshabri 

Pondok Pesantren Ummusshabri berdiri pada tahun 1979. Pondok Pesantren Ummusshabri beralamat di Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 3 Kendari 93117.

Fasilitas yang ada di pesantren ini sudah cukup lengkap dan memberikan kenyamanan bagi para santri. Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya yaitu masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, dan lain-lain. 

5. Hidayatullah Putra

Pondok Pesantren Hidayatullah Putra berdiri pada tahun 1993. Pondok Pesantren Hidayatullah Putra beralamat di Jl. Jenderal Nasution No. 8. Jumlah santri di ponpes ini ada sekitar 50 orang dengan 6 ustadz yang membimbing para santri. 

6. Hidayatullah Putri

Pondok Pesantren Hidayatullah Putri berdiri pada tahun 1995. Pondok Pesantren Hidayatullah Putri beralamat di Jl. Orinunggu No. 19, Kelurahan Padaleu. Santri yang belajar pendidikan agama islam di ponpes Hidayatullah Putri jumlahnya ada sekitar 106 orang. Sedangkan jumlah guru yang mengajar ada 8 orang.

7. Attarbiyatussakilah

Pondok Pesantren Attarbiyatussakilah berdiri pada tahun 2004. Pondok Pesantren Attarbiyatussakilah beralamat di Jl. Banteng Anduonohu Lama.

Selain itu santri yang menempuh pendidikan di ponpes Attarbiyatussakilah jumlahnya mencapai 259 orang. Sedangkan banyaknya tenaga pendidik yang mengajarkan ilmu pendidikan agama islam kepada para santri ada sekitar 16 orang.

8. Pondok Pesantren Al-Mukhlis 

Pondok Pesantren Pondok Pesantren Al-Mukhlis berdiri pada tahun 1999. Pondok Pesantren Pondok Pesantren Al-Mukhlis beralamat di Jl. DI Panjaitan. Jumlah santri yang belajar pendidikan agama islam di ponpes ini yaitu ada sekitar 81 orang dengan 7 guru yang membimbing para santri.  

9. Darul Mukhlisin

Pondok Pesantren Darul Mukhlisin berdiri pada tahun 2007. Pondok Pesantren Darul Mukhlisin beralamat di Jl. Budi Utomo No. 38. Jumlah santri di ponpes ini yaitu ada 445 orang dan banyaknya guru yang mengajar yaitu ada 24 orang. 

10. El-Lubaab

Pondok Pesantren El- Lubaab berdiri pada tahun 2012. Pondok Pesantren El- Lubaab beralamat di Jl. Balai Kota I Rt. 26 Rw.07. Sedangkan banyaknya santri yang belajar pendidikan agama islam di ponpes ini yaitu ada sekitar 79 orang dengan 7 ustadz yang membimbing.

Itulah saja daftar informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan nama-nama pondok pesantren yang berada di wilayah Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara. Semoga saja bisa berguna ya.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Kota Kendari"